Rekomendasi film sedih Indonesia (Sumber gambar: Visinema, MD Pictures, Imajinari, Falcon)

5 Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Siap Menyayat Hati Penonton

19 August 2022   |   15:15 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Belakangan ini, industri film Indonesia sedang menggeliat dengan judul-judul yang berhasil menembus jutaan penonton. Dari segi genre, film Tanah Air juga diisi oleh banyak variasi, kendati tak dapat dimungkiri bahwa drama dengan unsur sedih menjadi salah satu genre paling menonjol di antara deretan film yang eksis dan diminati di dalam negeri. 

Genre drama agaknya laris manis dengan menjual romansa kesedihan kisah dari setiap karakter yang bermain dalam filmnya. Bukan tanpa alasan, penonton film yang tertarik dengan genre drama akan dibawa dalam suasana yang tampak relate dengan kehidupan berlatar belakang ekonomi bawah, menengah, hingga atas.

Tentu saja, kisah kehidupan penonton yang tampak mirip dengan kejadian dalam film membuat karya besutan beberapa sutradara kondang jadi laris manis.
Berikut Hypeabis.id rangkum beberapa film sedih Indonesia tahun 2022. Genhype, bersiaplah menangis dan tonton filmnya bersama sahabatmu! 

Baca Juga : Ini 5 Film & Serial Indonesia Pilihan di Disney+ Hotstar 


1. Keluarga Cemara 2


Film yang dibintangi oleh Ringgo Agus Rahma dan Nirina Zubir sebagai pasangan suami istri ini cukup menguras air mata. Dengan latar belakang keluarga yang jauh dari kecukupan, keluarga Abah bertahan sangat keras untuk menjalani kehidupan sehari-hari di sebuah desa. Dua pasang sejoli itu sibuk mencari pundi-pundi uang bagi keluarga, hingga melupakan kebahagiaan anak-anaknya.

Film yang rilis pada 23 Juni 2022 tersebut turut mengambil peliknya kehidupan keluarga ekonomi bawah menghadapi masa pandemi Covid-19. Hasilnya, film Ismail Basbeth selaku sutradara dan M Irfan Ramli selaku penulis itu mampu menghasilkan karya yang menyayat hati. 
 

2. Ngeri-Ngeri Sedap


Kental dengan unsur kebudayaan daerah Medan, Ngeri-Ngeri Sedap mengambil latar belakang sebuah cerita kerinduan orang tua terhadap anak-anaknya yang tengah merantau di berbagai wilayah.  Dibintangi Arswendi Nasution, Tika Panggabean, Indra Jegel, Boris Bokir, Lolox, Gita Bhebhita dan lainnya, film besutan Bene Dion ini menjadi salah satu film yang laris pada tahun  2022.

Dilansir dari situs IMDb, film Ngeri-Ngeri Sedap mendapatkan skor 8,5/10 yang dirangkum dari 724 suara. Menampilkan situasi ketidakharmonisan dalam keluarga, ujung cerita film ini menghadirkan hal yang tak disangka-sangka dengan drama naik turun yang akan membawa emosi penonton ke berbagai arah. 
 

3. Ku Kira Kau Rumah


Dibalut kisah perjuangan oleh remaja yang memiliki gangguan kesehatan mental, film Ku Kira Kau Rumah berhasil menghipnotis penontonnya hingga menjatuhkan air mata. Tokoh Niskala - diperankan oleh Prilly Latuconsina - yang menjadi aktris utama dari film ini diceritakan sebagai seseorang yang mengalami depresi dan membutuhkan perhatian sekitarnya. 

Memiliki alur cerita yang cukup kompleks, penonton akan diajak tarik ulur dengan emosi pemain dalam menghadapi drastisnya perubahan situasi hati yang terjadi.
Film karya Umay Shahab ini tayang di bioskop Indonesia pada 3 Februari 2022 lalu dengan durasi 90 menit. Film saat ini juga telah tersedia di platform streaming Disney Hotstar. 


4. Pelangi Tanpa Warna


Mengangkat cerita bergenre drama keluarga, film Pelangi Tanpa Warna sukses membuat hati penontonnya tersayat. Dikisahkan sang tokoh utamanya, Fedi (diperankan oleh Rano Karno) harus menerima kenyataan pahit bahwa istirnya Kirana (Maudy Koesnaedi) mengidap Alzheimer.

Hal ini membuat sang istri tidak mampu menyimpan beragam memori sederhana hingga yang paling penting dalam hidupnya. Penonton akan dibawa dalam alur cerita yang menyedihkan di mana pasangan suami istri itu harus menghadapi masalah bersama-sama, tidak terkecuali terkait dengan penyakitnya tersebut. 
 

5. Jakarta vs Everybody


Meskipun menitikberatkan pada kerasnya hidup di Ibukota Jakarta, film yang disutradarai Ertanto Robby Soediskam ini menyimpan cerita yang kelam. Menguak sisi lain gemerlapnya kehidupan kota Jakarta, Dom (Jefri Nichol) justru dihadapkan dengan tatangan berat untuk bertahan hidup di ibukota.

Film yang rilis di bioskop secara online ini menjabarkan mimpi besar seorang remaja yang terseok-seok dalam mengapai keinginannya untuk menjadi aktor terkenal di Jakarta. Karya sinematik ini menyuguhkan betapa keras dan penuh emosinya perjalanan yang ditempuh oleh tokoh utama. 

Genhype, itulah beberapa rekomendasi film sedih yang bisa disaksikan. Selamat menonton! 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jerawat di Punggung Meresahkan? Ini 5 Cara Efektif Mengatasinya

BERIKUTNYA

Mulai Tayang di Disney+, Cek 5 Fakta Menarik Serial She-Hulk: Attorney at Law

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: