Ilustrasi timbangan berat badan. (Sumber Gambar: Pexels / Shvets Production)

6 Cara Menjaga Berat Badan Saat Lebaran, Dijamin Enggak Bikin Badan Lebar-an

19 April 2023   |   07:33 WIB

Menghitung beberapa hari lagi, umat muslim di seluruh dunia merayakan hari kemenangan. Setelah sebulan lamanya berpuasa, umat muslim akan merayakan hari raya dengan suka cita. Banyak orang yang menyiapkan makanan lezat serta kue-kue yang membuat kalap untuk dimakan.

Berbagai macam makanan khas lebaran terhidang sehingga kita tidak sadar makan secara berlebihan yang membuat timbangan bergerak ke kanan.

Baca juga: Mau Capai Berat Badan Ideal saat Bulan Puasa? Yuk Coba Program Satu Ini!

Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan berat badan setelah Lebaran. Beberapa tips menurunkan dan menjaga berat badan saat Lebaran di bawah ini bisa Anda coba:


1. Puasa Sunah

Bagi umat Islam, setelah hari kemenangan dianjurkan untuk puasa 6 hari di bulan Syawal. Dengan mencoba puasa setelah lebaran, kamu akan bisa kembali mengatur pola makan dan berat badan sebelum Hari Raya Lebran.

Selain puasa Syawal, kamu bisa juga puasa Senin-Kamis ataupun puasa Daud. Ini juga menjadi momen yang baik bagi mereka yang sempat meninggalkan puasa Ramadan karena berbagai alasan. Selain menjaga berat badan, puasa juga terbukti bisa membuat tekanan darah dan gula darahmu stabil.


2. Jangan Lupa Sarapan

Melewatkan waktu sarapan tidak membuat badanmu kehilangan berat badan. Tidak sarapan justru membuat berat badanmu lebih sulit turun. Kamu justru bisa kehilangan nutrisi penting. Rasa lapar juga mungkin saja bertambah, sehingga membuat kamu terus ingin ngemil.


3. Jangan Lupa Konsumsi Serat

Mengonsumsi serat sangatlah penting. Serat membuat tubuhmu lebih lama dalam merasakan rasa kenyang yang secara otomatis bisa menyetop nafsu makanmu. Dengan begitu, keinginan untuk makan pun menjadi lebih terkendali. Kamu bisa mendapatkan asupan serat dari sayur, buah, roti gandum, serta kacang-kacangan.


4. Ganti Makanan Manis dengan Buah

Jika kamu termasuk pecinta makanan manis, kamu bisa mengganti makanan tersebut dengan mengonsumsi buah-buahan. Seperti yang kita ketahui, makanan manis cenderung memiliki kalori yang tinggi dan kerap kali membuat kita ketagihan.

Untuk itu, alternatifnya kamu bisa mengonsumsi buah-buahan. Selain mendapatkan sumber serat, buah-buahan juga bisa membatasi keinginanmu untuk mengemil.


5. Minum Cukup Air Putih

Jika kamu terus merasakan lapar, kamu harus memastikan berapa banyak air putih yang kamu konsumsi. Biasanya otak salah mengirimkan sinyal haus menjadi lapar. Untuk itu, pastikan kamu mendapatkan asupan air yang cukup agar terhindar dari salah paham ini.

Tak hanya berguna sebagai tips menjaga berat badan saat Lebaran, mencukupi kebutuhan cairan bermanfaat pula bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.


6. Olahraga Secara Teratur

Selain mengatur pola makan, salah satu cara untuk menjaga berat badan adalah dengan olahraga secara teratur. Kamu bisa mencoba olahraga dengan intensitas rendah, seperti yoga, pilates, atau jogging. Selain sehat dan bisa menjaga berat badan, olahraga juga bisa mempengaruhi mood dan kesehatan mentalmu.

Dengan menerapkan tips menjaga berat badan saat Lebaran di atas, kamu niscaya akan terhindar dari kenaikan bobot yang kerap menghantui selama hari raya dan liburan. Selamat mencoba.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan hasil karya artikel yang bersangkutan sebagai penulis independen. Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.

SEBELUMNYA

Sinopsis Tale of the Nine Tailed 1938, Drama Terbaru Lee Dong-wook & Kim Bum

BERIKUTNYA

Sang Mentari, Dokumenter Ringan Ajak Kita untuk Peduli ODHA

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: