Selain dipakai untuk beribadah, baju koko biasanya juga untuk aktivitas sehari-hari (sumber gambar Unsplash/Said Alamri))

Rekomendasi & Tip Memilih Baju Koko untuk Merayakan Lebaran

18 April 2023   |   09:33 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Setelah berpuasa sebulan penuh, umat muslim pun bersiap menyambut Hari Raya Idulfitri atau Lebaran. Ada banyak persiapan untuk menyambut hari istimewa ini, beberapa di antaranya termasuk membeli baju baru untuk merayakan hari kemenangan.

Membeli baju baru saat Lebaran memang sudah menjadi tradisi. Pasalnya, busana baru juga merepresentasikan persona yang baru dari seseorang. Adapun, baju yang sering diburu untuk merayakan momen tersebut salah satunya adalah baju koko.

Nah, agar Genhype tidak bingung saat memilih baju koko, berikut ini 5 rekomendasi dan model baju koko pria yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipakai saat menyambut Lebaran tiba:


1. Baju Koko Panjang

 

(sumber gambar Unsplash/fadkhera official)

(sumber gambar Unsplash/fadkhera official)

Baju koko dengan model satu ini bisa kamu jadikan pilihan jika ingin tampil berbeda di momen Lebaran tahun ini. Tampilannya yang menyerupai baju gamis juga akan membuat kamu terlihat lebih casual dengan aksen kancing di bagian depan dada.

Selain itu, baju koko ini juga dilengkapi dengan lengan panjang. Namun, saat membelinya pilihlah bahan model baju yang terbuat dari katun agar tidak merasa gerah saat salat Idulfitri di masjid. Selain itu, bahan ini pun terasa lembut ketika dipakai.


2. Baju Koko Bordir

Baju koko model bordir juga bisa menjadi pilihan yang pas bagi kalian yang ingin tampil dengan gaya klasik. Pasalnya, model inilah yang pertama kali menjadi pionir dalam berbagai desain baju koko di Tanah Air yang kini kian beragam. 

Tak hanya itu, baju koko dengan model ini juga akan membuat kamu lebih simpel dan minimalis. Dengan aksen bordir di bagian lengan atau dada, baju koko model satu ini juga dapat kamu pakai di momen lain setelah Lebaran berlalu.


3. Baju Koko Casual

 

(sumber gambar Unsplash/fadkhera official)

(sumber gambar Unsplash/fadkhera official)


Model baju koko satu ini pun bisa dijadikan pilihan karena dapat dipakai  tidak hanya untuk beribadah di hari-hari besar saja. Ya, setelah Hari Raya Idulfitri kamu pun tetap bisa mengenakannya untuk bekerja atau sekedar silaturahmi ke handai taulan.

Saat hari Jumat tiba kamu pun bisa menggunakannya untuk salat Jumat lalu melanjutkannya kembali untuk dipakai bekerja. Inilah salah satu keunggulan baju koko kasual jika dibanding yang lain, sebab kamu bisa memakainya untuk kegiatan sehari-hari.


4. Baju Koko Kurta

Model baju koko ini juga kerap menjadi salah satu andalan busana muslim pria untuk menyambut Lebaran. Adapun, nama kurta berasal dari bahasa Persia yang berarti pakaian berpotongan kemeja dengan panjang selutut yang identik dengan model baju koko Pakistan.

Keunikan dan ciri khas dari baju koko jenis ini adalah potongan bajunya yang lurus dan longgar dari bagian bahu hingga pinggul. Selain itu, bagian pergelangan tangannya dibuat loose tanpa cuff. bagi yang suka gaya minimalis, kamu dapat mencoba baju koko kurta tanpa bordiran karena akan memberi tampilan rapi.


5. Baju Koko Dua Warna

 

(sumber gambar Unsplash/fadkhera official)

(sumber gambar Unsplash/fadkhera official)


Seiring perkembangan waktu baju koko dua warna juga kerap menjadi pilihan untuk dikenakan untuk menyambut Idulfitri. Biasanya model kemeja koko ini didesain dengan potongan minimalis berlengan panjang. Sesuai namanya, ciri khas baju ini adalah penggunaan warna yang kontras.

Karena tidak memiliki motif yang mencolok, kemeja koko pria model ini akan lebih memberi tampilan maskulin saat dikenakan. Namun, karena baju ini umumnya berlengan panjang, pilihlah bahannya yang terbuat dari katun premium agar lebih dingin saat dipakai beraktivitas.

 
1
2


SEBELUMNYA

Asal-usul & Resep Kue Putri Salju 1 Kg, Cocok untuk Sajian Lebaran

BERIKUTNYA

Simak 7 Kiat Mudik Untuk Ibu Hamil, Waspada Dehidrasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: