Selain Idulfitri, kue putri salju juga sering disajikan saat momen Natal dan tahun baru Imlek. (sumber gambar Unsplash/ Marc Markstein)

Asal-usul & Resep Kue Putri Salju 1 Kg, Cocok untuk Sajian Lebaran

18 April 2023   |   08:21 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kue putri salju merupakan salah satu kue kering yang identik dengan momen Lebaran. Ya, kue berbentuk bulan sabit dengan taburan gula halus ini kerap disajikan saat Hari Raya Idulfitri tiba dan biasanya dikemas dalam stoples yang tersusun rapi.

Selain pada momen Idulfitri, kue putri salju juga sering disajikan saat momen Natal dan tahun baru Imlek. Ketika berkunjung ke rumah handai taulan,  sudah pasti kamu pun bisa menemukan keberadaan kue kering ini di atas meja di ruang tamu.

Tak hanya sebagai jamuan untuk sanak saudara yang bertandang ke rumah, penganan ini pun sering diberikan ke kerabat sebagai hadiah Lebaran. Selain itu, karena rasanya yang unik, putri salju pun kerap habis lebih  dibanding kue kering lain di atas meja di ruang tamu.

Baca juga: Intip Resep Semprit Keju, Kue Favorit Khas Lebaran

Adapun, dalam sejarahnya, konon kue satu ini berasal dari Austria. Sebab, di negara itu ada kue yang penampakannya sama persis, bernama vanillekipferl. Hanya saja, yang membedakan putri salju dengan vanillekipferl adalah cita rasa vanila dalam adonannya.

Nama putri salju sendiri diambil dari taburan gula halus putih di seluruh permukaan kue yang menyerupai salju. Sensasi dinginnya gula halus  saat kue tersebut digigit dan menyentuh lidah itulah akhirnya yang membuat kue satu ini dinamakan putri salju.

Nah, buat kamu yang ingin membuat penganan istimewa ini pada saat Lebaran, berikut resep kue putri salju 1 Kg yang bisa kamu coba di rumah:


Bahan-bahan:

  • 1 Kg tepung terigu protein sedang
  • 250 gram  butter
  • 750 gram margarine
  • 5 butir kuning telur
  • 100 gram keju edam parut
  • 150 gram susu bubuk
  • 100 gram tepung maizena
  • Gula halus untuk taburan di akhir


Cara Membuat Kue Putri Salju:

  1. Sangrai tepung terigu selama 10 menit, lalu dinginkan hingga suhu ruangan.
  2. Campur kuning telur, gula halus, butter, dan margarin. Aduk menggunakan mixer atau secara manual hingga tercampur rata. Kocok terus adonan hingga lembut.
  3. Masukkan susu bubuk dan keju edam parut. Kocok lagi adonan hingga tercampur rata. Masukkan terigu dan maizena sambil diayak ke dalam adonan. Ratakan dengan spatula hingga adonan kalis.
  4. Bentuk dan pipihkan adonan sama rata. Cetak menggunakan cookie cutter sesuai selera lalu susun di dalam loyang. Jangan sampai berhimpitan satu sama lain agar tidak menempel saat dipanggang.
  5. Panggang selama 40 menit dengan suhu 150 derajat celcius selama 25-30 menit. Angkat dan taburi putri salju dengan gula halus selagi kue masih hangat agar gula lebih menempel. 
  6. Dinginkan sebentar lalu tata kue putri salju di dalam wadah dan taburi kembali dengan gula halus yang masih tersisa. 
  7. Tutup stoples dengan rapat, lalu sajikan kue putri salju pada tamu saat momen Lebaran tiba.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

THR Udah Cair? Jangan Lupa 4 Hal Penting Ini Ya!

BERIKUTNYA

Rekomendasi & Tip Memilih Baju Koko untuk Merayakan Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: