Cuplikan film Buya Hamka (Sumber gambar: Falcon Pictures)

4 Film Indonesia yang Tayang pada Momen Lebaran, Buya Hamka hingga Sewu Dino

17 April 2023   |   06:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri segera tiba. Hari Lebaran menjadi momentum bagi seluruh umat Muslim untuk merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, sekaligus berkumpul bersama keluarga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu libur Lebaran bersama keluarga, salah satunya menonton film di bioskop.

Sejumlah rumah produksi pun telah bersiap untuk merilis film-film tepat saat momentum Lebaran. Biasanya, banyak orang bersama keluarganya akan berbondong-bondong untuk menonton film di bioskop. Tak heran, jika beberapa film Indonesia pun memang dipersiapkan untuk tayang saat momentum Lebaran.

Berikut adalah 4 film Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi tontonan kalian bersama keluarga di bioskop saat libur Lebaran. 

Baca juga: Obati Kerinduan Tokoh teladan, Film Biopik Buya Hamka Tayang Lebih Cepat Jadi 19 April
 

1. Buya Hamka

(Sumber gambar: Falcon Pictures)

(Sumber gambar: Falcon Pictures)

Buya Hamka merupakan film biografi yang diangkat dari kisah nyata seorang tokoh ulama sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia bernama Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Buya Hamka).

Film Buya Hamka bagian pertama ini bercerita tentang fase kehidupan Buya Hamka setelah menikah. Film ini secara tajam menyoroti bagaimana Buya Hamka, sebagai ulama Muhammadiyah, menyampaikan dakwah secara santun tapi dengan karakter yang tegas dan kuat.

Dikisahkan pula bahwa selain menjadi seorang ulama dan tokoh pemikir terkemuka, Buya Hamka juga aktif sebagai sastrawan yang produktif. Adapun karya sastranya yang terkenal diantaranya novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk dan Di Bawah Naungan Ka’bah, sedangkan beberapa buku dakwah yang ditulisnya seperti tafsir Al Azhar, Tasawuf Modern, dan Falsafah Hidup.

Selain itu, film ini juga menyampaikan bahwa Buya Hamka juga merupakan seorang pejuang yang gigih dalam melawan penjajah Belanda dan Jepang menjelang dan setelah kemerdekaan Indonesia, khususnya melalui pidato dan tulisan-tulisannya yang mengobarkan api semangat perjuangan.

Film Buya Hamka dibintangi oleh sederet aktor dan aktris kenamaan Tanah Air yakni Vino G Bastian, Laudya Chintya Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Reybong, dan Mawar De Jongh.
 

2. Jin & Jun

 (Sumber gambar: MVP Pictures)

(Sumber gambar: MVP Pictures)

Film adaptasi dari sinetron legendaris era 1990-an Jin & Jun ini bercerita tentang kehidupan Jun yang seketika berubah sejak bertemu dengan Jin di sebuah bangunan tua. Hidupnya tak lagi dekat dengan rundungan beberapa orang di sekolahnya hingga Jun menjadi murid yang populer di sekolah.

Semua yang Jun inginkan adalah kewajiban Jin untuk mengabulkannya. Akan tetapi, menjadi populer dan dipandang di sekolahnya membuat Jun merasakan ada yang aneh beberapa waktu belakang. 

Bagaimana petualangan Jun dan Om Jin yang selalu bersama menghadapi setiap masalah yang mereka dihadapi? Akankah kehadiran Om Jin di hidup Jun membuatnya semakin baik, atau justru kehadiran Om Jin membuat kehidupan Jun semakin terpuruk?

Disutradarai oleh Anggy Umbara, film ini dibintangi oleh Rey Bong, Dwi Sasono, Alif Rivelino, Clay Gribble, Davina Karamoy, Sarah Felicia, Fahad Haydra, Astri Nurdin, Indra Aksa, Vonny Anggraini, dan Cornelio Sunny. 
 

3. Sewu Dino

 (Sumber gambar: MD Pictures)

(Sumber gambar: MD Pictures)

Setelah sukses dengan film KKN di Desa Penari, rumah produksi MD Pictures kembali memproduksi film horor berjudul Sewu Dino. Disutradarai Kimo Stamboel, film Sewu Dino bercerita tentang seorang gadis desa bernama Sri yang sedang mencari pekerjaan di kota.

Kemudian dia bertemu dengan keluarga Atmojo yang mau membayar Sri sebesar Rp5 juta untuk menjadi perawat. Namun, syarat untuk diterima bekerja dengan keluarga Atmojo adalah lahir pada hari Jumat Kliwon. Kebetulan Sri lahir pada hari tersebut. Singkat cerita, Sri berhasil mendapatkan pekerjaan itu dan tinggal di kediaman keluarga Atmojo. 

Di sana, Sri harus merawat Della Atmojo, seorang gadis yang menderita sakit parah dan badannya berbau busuk. Ternyata, Della merupakan korban santet Sewu Dino yang menghabiskan nyawa satu trah keluarga. Tidak hanya keluarga, orang yang merawat korban santet ini juga bakal terkena kutukan tersebut. Lantas, bagaimanakah nasib Sri selanjutnya?

Film Sewu Dino dibintangi oleh Givina Lukita, Agla Artalidia, Marthino Lio, Rio Dewanto, Maryam Supraba, dan Karina Suwandi. 
 

4. Khanzab

 (Sumber gambar: Dee Company)

(Sumber gambar: Dee Company)

Khanzab merupakan spin-off dari film Makmum 1 dan 2 yang masing-masing dirilis pada 2019 dan 2021 lalu. Film bercerita tentang seorang gadis bernama Rahayu yang memiliki trauma dengan masa lalunya.

Trauma tersebut disebabkan oleh kematian ayahnya yang dipenggal karena dianggap sebagai ninja dukun santet di Banyuwangi tahun 1988. Trauma itu membuat Rahayu sulit khusyuk saat salat, karena adanya gangguan dari setan Khanzab.

Dikisahkan Khanzab adalah setan yang mengganggu manusia dalam melaksanakan salat. Gangguan sering kali datang mengganggu kekhusyukan salatnya. Rahayu sering lupa rakaat dan bacaan salat, bersamaan dengan gangguan sosok astral yang muncul yaitu Khanzab. Bisakah Rahayu tetap mempertahankan keimanannya?

Disutradarai Anggy Umbara, film Khanzab dibintangi oleh Yasamin Jasem, Tika Bravani, Arswendy Beningswara, Munggaran Meldart, dan lain-lain.

Baca juga: Siap Menghantui Momen Lebaran, Intip 5 Fakta Unik Film Horor Sewu Dino

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Perupa Rahayu Retnaningrum Gelar Pameran Tunggal Perdana Tension Attention di Artsphere Gallery

BERIKUTNYA

Marak Konser Bodong, Waspada Cek Kredibilitas Promotor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: