Ilustrasi divisi penjualan (Sumber gambar: Freepik)

Masa-masa Bakar Uang Sudah Lewat, Simak Tren Terbaru Pekerjaan di Dunia Startup

14 April 2023   |   14:01 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Era bakar-bakar uang sudah selesai, sekarang waktunya startup berpikir realistis. Termasuk dalam merekrut para pekerja. Mereka sekarang dilaporkan fokus mencari jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan cuan. Sudah pasti pekerjaan-pekerjaan ini memiliki gaji yang menjanjikan.  

Glints, platform rekrutmen pekerjaan online bersama Monk’s Hill Ventures merilis laporan Southeats Asia Startup Talent Report 2023. Dalam laporan tersebut, muncul tren startup mulai banyak mencari jenis-jenis pekerjaan yang berkaitan dengan divisi penjualan.

Baca juga: Benarkah Startup Hadapi ‘Kiamat Kecil’ Tahun Ini? Cek Hasil Surveinya

Laporan ini juga memaparkan analisis mendalam tentang tren perekrutan, gaji, serta data ekuitas untuk pendiri, eksekutif C-suite, dan talenta startup saat ini. Hasilnya cukup menarik dan banyak hal yang berbeda dibanding tahun sebelumnya.

Co-Founder dan Country Manager Glints Indonesia Steve Sutanto mengatakan pihaknya menemukan perusahaan rintisan di Indonesia saat ini, lebih memilih berinvestasi pada peran yang menghasilkan pendapatan, seperti divisi penjualan, pengembangan bisnis, pemasaran, hingga public relations.

Steve memperkirakan bahwa perusahaan startup kini tidak lagi mengejar nilai valuasi. Namun, mereka lebih mengedepankan profit. Perubahan arah tujuan ini membuat mereka pada 2023 akan lebih banyak mencari pekerja andal yang berkaitan dengan divisi penjualan.

“Fokus utama pada 2023 adalah pencapaian profitabilitas,” Ungkap Steve dalam konferensi pers perlisan Laporan Tech Talent 2023 di Jakarta, Kamis (14/4/2023).

Baca juga: Startup Merapat, Begini Cara Dapat Suntikan Modal dari Maudy Ayunda & East Ventures

Steve mengatakan jenis pekerjaan seperti business development dan sales menjadi primadona pada tahun ini, seiring dengan kecenderungan startup yang ingin fokus menjamin arus kas positif dan unit ekonomi yang baik.

Hasil surveinya juga menunjukkan perusahaan menempatkan posisi business development dan sales sebagai bagian dari tiga besar prioritas rekrutmen pada tahun ini. Kepopuleran jenis pekerjaan ini terjadi karena perusahaan dituntut untuk memeroleh keuntungan agar bisnisnya bisa tetap dalam kondisi baik.


Besaran Gaji 

Meskipun gaji di jenis pekerjaan ini bukan yang tertinggi dibanding pekerja teknologi, tetapi posisinya tidak kalah penting. Patut digarisbawahi juga bahwa adanya skema komisi juga menjadi salah satu yang berperan baik pada tambahan pendapatan bulanan.

Saat ini gaji business development dan sales di Singapura masih menjadi yang paling menjanjikan di Asia Tenggara. Peran VP of Sales atau head of sales di Singapura dibayar sampai dua kali lebih tinggi daripada Indonesia dan Vietnam.

Di sisi lain, posisi marketing dan public relations juga makin menjanjikan. Perannya kian dibutuhkan oleh banyak perusahaan seiring dengan bergesernya fokus mereka ke arah pertumbuhan yang lebih berkelanjutan.

Steve mengatakan pandemi Covid-19 punya peran penting dalam hal ini. Pagebluk tersebut menjadi
momentum untuk menegaskan pentingnya komunikasi yang baik dari perusahaan kepada karyawan maupun publik.

Secara rata-rata, gaji untuk peran di bidang product marketing dan growth marketing tumbuh 11 persen lebih tinggai dibanding peran public relations. Hal ini mungkin karena peran di bidang product marketing dan growt marketing menuntut keahlian teknis dan memahami data yang berdampak besar pada pemasukan perusahaan.

Di Vietnam, jabatan eksekutif junior di bidang brand marketing dengan pengalaman 1 tahun sampai 3 tahun digaji rata-rata 2 kali lipat lebih tinggi dibandingkan di Indonesia.

Meski bidang penjualan mengalami peningkatan permintaan yang baik, tetap saja saat ini kebutuhan untuk posisi engineering masih paling tinggi. Engineering masih menjadi talenta teknologi yang permintaannya tertinggi di Singapura, Indonesia, dan Vietnam.

Dalam hal besaran gaji, engineering juga masih mendominasi. Peran VP dan Head of Engineering di sebuah perusahaan bisa menerima gaji lebih tinggi dibandingkan VP dan Head di bidang lain. Gaji tahunannya bisa mencapai US$235.200.

Baca juga: Startup Penyedia Tenaga Kerja Makin Dibutuhkan, Ini Alasannya!

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Memasak, Membangun Kebiasaan Hidup Sehat

BERIKUTNYA

Jangan Bersihkan Luka Pakai Alkohol, Begini Tips Penanganan Pertamanya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: