Cip AI khusus untuk mendukung Lenovo engine+ (Sumber gambar: Lenovo Indonesia)

Lenovo Hadirkan Laptop Gaming dengan Chip AI, Wajib Dilirik Gamers

13 April 2023   |   09:09 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Lenovo menghadirkan rangkaian laptop gaming terbaru, yakni Legion pro 7i dan Legion pro 5i yang dilengkapi dengan cip artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan khusus. Keberadaan dua laptop pabrikan Beijing ini mendukung para gamer mengoptimalkan pengalaman bermain.

Consumer Lead Lenovo Indonesia, Santi Nainggolan mengatakan kehadiran cip AI itu dapat menganalisa kebiasaan pengguna dan mengoptimalkan seluruh kinerja sistem, “Memberikan keunggulan tertinggi kepada pengguna,” katanya.

Cip yang tersemat tersebut mendukung Lenovo AI engine+ yang menerapkan algoritma software machine learning untuk memantau framerate dalam permainan dan menyesuaikan kinerja sistem. Dengan begitu, maka sistem yang dihasilkan diklaim lebih cerdas dan optimal untuk semua permainan.

Baca juga: Jajaran Laptop Gaming Canggih yang Sudah Dibekali Kartu Grafis NVIDIA RTX 40, Intip Harganya

Dalam prosesnya, Lenovo AI engine+ menjalankan algoritma scenario-detection di perangkat keras (Hardware) yang mengalokasikan daya pada CPU dan GPU. Tujuannya, untuk mengoptimalkan kinerja dan membantu meminimalkan kebisingan kipas saat bermain game. Kondisi ini membuat performa laptop menjadi lebih adaptif untuk meningkatkan frame per second (FPS) dalam gim.

Pengaturan cip AI yang tersemat dapat disesuaikan melalui Lenovo Vantage, memberikan kontrol penuh bagi pengguna atas kustomisasi dan penyesuaian, termasuk kontrol overclocking, pengaturan performa AI, dan dasbor performa real-time.

Dari sisi desain, Legion pro 7i dengan ukuran 16 inci dikemas dengan cover atas dan bawah berbahan logam. Sementara Legion pro 5i menggunakan bahan polimer di cover bagian bawah. Adapun, cover atas berbahan logam.

Kemudian, keyboard pada kedua laptop ini juga dapat diubah sesuai keinginan para pemain gim dangan keycaps WASD yang bisa dikustomisasi. Tidak hanya itu, perangkat lunak (Software) spectrum RGB memungkinkan lampu latar keyboard diselaraskan dengan konten layar.

Seri Legion pro juga dilengkapi dengan Coldfront 5.0 yang menggunakan sistem pembuangan dan saluran masuk masif, sistem kipas ganda bermuatan turbo, phase changing thermal compound, dan heat pipe hibrida.

Kelengkapan itu guna membuat laptop tetap dingin. Tidak hanya itu, cip yang terpasang juga akan memantau beban CPU dan GPU. Kemudian, mendistribusikan udara dingin dan mengeluarkan panas hingga total thermal design power (TDP) sistem 240W. Kedua laptop ini juga hadir dengan windows 11.

Dia mengeklaim cip AI yang bernama Lenovo Artificial Intelligence tersebut merupakan cip AI khusus yang pertama di dunia dalam laptop gaming. Keberadaannya ditujukan untuk menjawab tantangan para pemain gim untuk mempertahankan performa sistem yang konsisten dan optimal saat bermain.

Para pemain dapat fokus pada pengalaman bermain gim tanpa harus menyesuaikan pengaturan secara manual dengan keberadaan cip yang mendukung Lenovo engine+ itu.

Perusahaan membanderol Lenovo Legion pro 7i mulai dari Rp57, 9 juta. Sementara itu, Legion Pro 5i  mulai dari Rp30,9 juta. Menurutnya, harga itu sudah termasuk garansi accidental damage protectio, legion ultimate support selama 3 tahun, dan Windows Office Home and Student yang berlaku seumur hidup.

Baca juga: Mengintip Jajaran Laptop Gaming ASUS yang Bakal Rilis Sepanjang 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Siap Menghantui Momen Lebaran, Intip 5 Fakta Unik Film Horor Sewu Dino

BERIKUTNYA

Peminat Lukisan Kaca Sepi Lantaran Kolektor Masih Menahan Diri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: