Ilustrasi sepatu Michael Jordan. (Sumber gambar: Sotheby's)

Gokil, Sepatu Kets NBA Michael Jordan Laku Rp32 Miliar di Sotheby's

12 April 2023   |   18:33 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Nama Michael Jordan sepertinya memang bertuah. Pasalnya, baru-baru ini sepasang sepatu kets yang pernah dikenakan bintang NBA itu berhasil terjual seharga US$2, 2 juta atau sekitar Rp32,7 miliar di balai lelang Sotheby's pada Selasa,(11/4/23).

Kabar pelelangan ini diwartakan oleh Sotheby's di laman media sosial Twitter mereka. Penjualan tersebut  juga tercatat menjadi rekor harga tertinggi dalam sejarah di perusahaan lelang yang berbasis di New York itu untuk sepatu olahraga yang digunakan saat pertandingan.

Baca juga: 4 Fakta Unik Air: Courting a Legend, Film Tentang Lahirnya Sepatu Legendaris Air Jordan

"Hari bersejarah lainnya di #SothebysNewYork ! Game 2 Final NBA Michael Jordan 1998 Air Jordan 13 dari musim 'The Last Dance' yang terkenal terjual seharga $2,2 juta, mencetak rekor dunia baru untuk sepatu kets paling berharga yang pernah dijual," cuit akun Twitter Sotheby's Rabu, (12/4/23).
 


Kepala streetwear dan koleksi modern Sotheby's Brahm Wachter mengatakan, hasil penjualan ini juga turut menabalkan sosok Jordan sebagai pebasket legendaris. Sebab, hingga saat ini makin banyak yang memburu memorabilia barang-barang miliknya.

"Hasil pemecahan rekor hari ini semakin membuktikan bahwa permintaan memorabilia olahraga Michael Jordan terus mengungguli dan melampaui semua catatan," kata Brahm Wachter dikutip dari BBC.

Catatan penjualan tersebut juga memecahkan rekornya sendiri sebesar US$ 1,5 juta untuk sepatu kets memorabilia lain pada September 2021. Satu tahun setelahnya, bahkan kaos Jordan terjual seharga US$10,1 juta, dan menjadi barang paling mahal untuk kaos yang dikenakan dalam sebuah pertandingan.

Diketahui, Jordan mengenakan sepatu kets itu untuk paruh kedua kemenangan 93-88 Chicago Bulls atas Utah Jazz pada 5 Juni 1998. Waktu itu dia berhasil mencetak 37 poin tertinggi dalam pertandingan saat timnya mencatatkan seri 1-1. 

Karena saking populernya, laga final itu pun ditampilkan dalam film dokumenter ESPN/Netflix 2020 dengan judul The Last Dance. Adapun, film ini mengisahkan tentang musim terakhir Jordan bersama tim Chicago sebelum akhirnya dia pensiun sebagai pebasket.

Sotheby's mengatakan Jordan telah menandatangani sepatu itu dan memberikannya kepada seorang pemungut bola setelah pertandingan. Hal itu dilakukan Jordan sebagai bentuk ungkapan terimakasih karena pemungut bola itu telah menemukan jaketnya yang hilang.

Kendati begitu, balai lelang tidak menjelaskan dari mana mendapatkan barang tersebut meski mengatakan bahwa sepatu itu didapat bukan dari penerima aslinya. Sotheby's juga tidak menyebutkan sosok pembeli sepatu yang namanya ingin dirahasiakan. 

Sepatu kets itu dikenal sebagai Bred, yakni kependekan dari black and red yang mengindikasikan warna hitam dan merah, sebuah gaya khas ala Jordan yang dikenakan sepanjang kariernya. Jordan mengenakan sepatu itu sejak 1984 selama musim rookie bersama Chicago Bulls. 

Lelang tersebut juga bertepatan dengan perilisan film Air bulan ini, yang menceritakan negosiasi alot di balik kerja sama Nike dan Jordan melahirkan sepatu Air Jordan. Hingga saat ini, lebih dari 30 model Air Jordan yang berbeda telah dibuat setelah kerja sama tersebut.

Jordan menghabiskan sebagian besar karier bermainnya dengan Bulls. Dia memenangkan total enam kejuaraan Final NBA, dua Medali Emas Olimpiade dan banyak penghargaan lainnya. Hingga saat ini Jordan pun secara luas dianggap sebagai salah satu atlet basket terhebat sepanjang masa.

Baca juga: Mengenal Balai Lelang Terbaik di Dunia, dari Christie's hingga Heritage Auctions

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Batavia Madrigal Singers Jadi Wakil Indonesia pada Ajang World Symposium on Choral Music di Turki

BERIKUTNYA

Rekor Pertemuan Chelsea vs Real Madrid, The Blues Dominan Menang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: