Tupac Shakur (sumber gambar: Twitter/ Tupac Shakur)

Gokil, Cincin Emas Tupac Shakur Terjual Rp15 Miliar di Balai Lelang Sotheby 's

26 July 2023   |   20:25 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tupac Shakur, rapper legendaris dengan bakat yang luar biasa, telah meninggalkan warisan yang tak terlupakan di dunia musik. Meskipun telah berlalu tiga dekade sejak kematiannya, pesona dan kenangan tentangnya tetap hidup dalam hati para penggemar setianya dan menjadi incaran para kolektor.

Belum lama ini, salah satu memorabilia miliknya berupa cincin yang dikenakan sesaat sebelum di meninggal terjual fantastis. Yaitu senilai 1,02 juta dollar AS atau sekitar Rp15,3 miliar di balai lelang Sotheby's pada Selasa, (25/7/23). 

Adapun, lelang itu termasuk bagian dari penjualan artefak hip hop dari sang musisi. Termasuk surat bertanda tangan dari Shakur, dan demo tape untuk lagunya, Trapped. Pelelangan ini juga untuk merayakan hari jadi 50 tahun musik hip hop dunia.

Baca juga: Gokil, Sepatu Kets NBA Michael Jordan Laku Rp32 Miliar di Sotheby's

Melansir laman People, cincin bermahkotakan rubi itu menjadi artefak hip hop paling berharga yang pernah dijual di pelelangan. Cincin tersebut juga dirancang dengan cermat oleh Tupac dan menjadi salah satu produk karyanya yang fenomenal. 

"Cincin ini merupakan salah satu produk akhir dari energi kreatif Tupac Shakur yang tak terbatas. Artefak unik ini dibuat pada periode waktu tertentu sekaligus bukti pengaruhnya yang bertahan lama pada Hip Hop,” kata Kepala Sains dan Budaya Populer Global Sotheby's Cassandra Hatton.

Sebelumnya, artis hip hop itu mengenakan cincin dengan berlian itu pada 1996, selama MTV Video Music Awards. Ditawarkan melalui Yaasmyn Fula, ibu baptis Shakur, cincin itu bertuliskan "Pac & Dada 1996" mengacu pada pertunangan artis dengan Kidada Jones yang diperkirakan terjual antara 200.000-300.000 dollar AS.
 

Sotheby's menambahkan, desain khusus Tupac juga terinspirasi oleh kedekatannya dengan manifesto politik Niccolo Machiavelli, The Prince. Cincin tersebut juga didesain oleh Tupac di toko perhiasan di New York setelah berbulan-bulan mendekam di terungku, dan kontraknya yang baru ditandatangani dengan Death Row Records.

Ini bukan pertama kalinya salah satu barang milik Tupac dilelang. Sebelumnya salah satu memeorabilianya yang juag telah dilelang adalah surat perpisahan Tupac ke mantan kekasihnya pada 15 Januari 1995 ketika Shakur berada di Clinton Correctional Facility.

Pada 2018, surat perpisahan Tupac dengan Madonna itu akhirnya masuk ke blok lelang. Hingga akhirnya penyanyi berusia 64 tahun itu gagal untuk menghentikan rumah lelang Gotta Have Rock and Roll ketika melelang surat tersebut dan sempat jadi kontroversi.

Tupac Shakur atau lebih dikenal dengan nama panggungnya 2Pac, merupakan seorang rapper yang sangat sukses dan aktor yang dikenal karena liriknya yang keras. Hal inilah yang kemudian membuatnya mendapatkan banyak penggemar dan juga kritikus dari penikmat musik.

Namun, di puncak popularitasnya tepatnya pada September 1996 dia ditembak oleh penyerang tak dikenal. Insiden tersebut, yang diyakini sebagai hasil dari persaingan berkelanjutan antara komunitas rap Pantai Timur dan Pantai Barat di Amerika Serikat. 

Terlepas dari karier rekamannya yang relatif singkat, Shakur meninggalkan warisan abadi dalam komunitas hip-hop. Popularitasnya tidak berkurang setelah kematiannya, dan serangkaian rilis anumerta yang berkualitas dari karya-karya terbaiknya. Tak hanya itu, Shakur secara anumerta juga dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2017.

Baca juga: Mengenal Balai Lelang Terbaik di Dunia, dari Christie's hingga Heritage Auctions

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Dihadapkan dengan Krisis, Promotor Beberkan Cerita Hadirkan Sheila On 7 di We The Fest 2023

BERIKUTNYA

Pameran Seni Rupa & NFT Re-Identify Hadirkan Karya Seni Multiplatform

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: