Salah satu adegan film Air. (Sumber gambar: Prime Video/Ana Carballosa via IMDb)

4 Fakta Unik Air: Courting a Legend, Film Tentang Lahirnya Sepatu Legendaris Air Jordan

05 April 2023   |   17:23 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setelah lama ditunggu-tunggu penggemar Film Air: Courting a Legend akhirnya tayang. Disutradarai oleh Ben Affleck, film yang menceritakan tentang kelahiran merek sepatu Air Jordan ini sudah mulai tayang di beberapa bioskop Indonesia pada Rabu, (5/4/23).

Film Air adalah debut dari Artists Equity, perusahaan produksi milik aktor Ben Affleck dan Matt Damon. Mereka bekerja sama dengan Amazon Studios, Skydance Sports, dan Mandalay Pictures untuk memproduksi film tersebut.

Baca juga: Sinopsis Film The Super Mario Bros. Movie, Kisah Petualangan Mario Selamatkan Luigi

Diadaptasi dari kisah nyata, film Air mengisahkan seorang Scout atau perekrut bintang di perusahan Nike bernama Sonny (diperankan Matt Damon). Sonny bersikukuh untuk merekrut Michael Jordan  untuk menjadi ikon sepatu bola basket perusahaannya bekerja.
Mengambil latar 1980an pada saat itu divisi sepatu bola basket Nike memang sudah di ambang kehancuran. Saat itu, dunia bola basket memang dikuasai jenama besar seperti Adidas dan Converse yang mendominasi NBA.

Namun, usulan Sonny sempat diragukan oleh Phil Knight (diperankan Ben Affleck) CEO dari Nike. Tak hanya itu para petinggi di Nike juga menganggap langkah Sonny untuk merekrut Michael Jordan merupakan keputusan absurd bagi perusahaan mereka.

Upaya Sonny dalam meyakinkan para bosnya dan melobi Michael Jordan inilah yang menjadi premis film Air. Nah, bagi yang penasaran mengenai keseruan film ini sebelum menontonnya ke bioskop yuk simak fakta-fakta uniknya terlebih dulu dalam ulasan berikut Genhype.


1. Mengisahkan Awal Mula Sepatu Air Jordan

Sama seperti judulnya, film Air: Courting a Legend bakal mengisahkan awal munculnya sepatu ikonik di dunia itu. Sneakers yaang saat ini masih diburu kolektor itu memang dibuat untuk mengangkat kembali pamor Nike yang waktu itu anjlok.

Mengambil desain logo Nike yang melintang di kedua sisi dengan dominasi warna merah, hitam, putih awalnya sepatu ini juga disebut melanggar warna aturan di NBA. Namun, dari Air Jordan inilah yang kelak menjadi awalan sepatu pebasket yang lebih berwarna dan beragam.


2. Sosok Michaele Jordan yang Tidak Ditampilkan

Film Air mengisahkan tentang usaha Sonny untuk melobi Michael Jordan agar mau memakai sepatu buatan mereka. Namun keunikan dari fillm ini adalah sosok pebasket legendaris itu sendiri tidak ditampilkan. Menurut beberapa sumber Jordan hanya berfungsi sebagai 'sosok mitos' sebagai simpul film.

Sementara itu, kehadiran sosok Jordan akan diwakili keluarga dan teman dekatnya yang menasehati mengenai kesepakatan tersebut. Sosok ibu Michael Jordan, Deloris Jordan sendiri akan diperankan oleh Viola Davis yang nantinya men-support mengenai kerja sama natara Nike dengan anaknya.


3. Film Kesembilan Matt Damon & Ben Affleck dalam Satu Proyek

Air: Courting a Legend menjadi film kesembilan yang  menampilkan keduanya di dalam satu proyek. Diketahui  keduanya bermain dalam satu proyek pertama kali lewat film Field of Dreams (1989) dan terakhir kali bertemu di proyek The Last Duel (2021).

Matt Damon sendiri akan memainkan karakter utama sebagai Sonny Vaccaro, orang yang bertanggung jawab untuk mengontrak Michael Jordan. Sementara itu Ben Affleck akan memerankan sosok Phil Knight pendiri sekaligus CEO dari brand sepatu Nike.

Dalam film  berdurasi 112 menit selain menjadi aktor dan sutradara, Ben Affleck juga merangkap sebagai produser eksekutif. Affleck sebelumnya dikenal sebagai pemeran karakter Batman. Selain itu, tiga bulan jelang film Air tayang dia juga akan tampil lagi di film DC Comics yang berjudul The Flash


4. Dimeriahkan Aktor & Aktris Senior

Film Air: Courting a Legend juga dimeriahkan oleh aktor dan aktris senior papan atas Hollywood. Beberapa di antaranya adalah Matt Damon, Ben Affleck, dan Jason Bateman. Selain itu, Chris Tucker, Chris Messina, dan Viola Davis juga bergabung sebagai pemeran pendukung.

Pada awalnya, Air hanya akan ditayangkan di layanan streaming Prime Video. Namun, Amazon Studios selaku distributor memutuskan untuk merilisnya di bioskop setelah mendapat respons positif saat uji coba penayangan di South by Southwest pada 18 Maret 2023.

Baca juga: Rekomendasi Film Netflix April 2023, Cocok untuk Ngabuburit Bareng Keluarga

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cara Baru Anak Muda Berbisnis Kedai Kopi

BERIKUTNYA

Riset: 72 Persen Masyarakat Indonesia Gunakan Internet untuk Belanja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: