Ilustrasi mudik Lebaran. (Sumber gambar : Freepik)

7 Kiat Mudik Aman untuk Penderita Penyakit Jantung

11 April 2023   |   22:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

4. Siapkan Menu Sahur & Berbuka

Penderita penyakit jantung sebaiknya menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa sendiri dari rumah yang cukup selama perjalanan. Menyediakan menu makanan sendiri lebih baik daripada membeli makanan dan minuman yang dijual di pinggir jalan.

Selain dapat memilih makanan yang lebih aman bagi kesehatan jantung, menu makanan yang disiapkan dari rumah juga akan lebih praktis untuk dikonsumsi. Jika tidak memungkinkan, pilihlah makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan rendah lemak selama perjalanan. 
 

5. Jangan Terlalu Lelah

Pastikan kamu mendapatkan istirahat cukup selama perjalanan. Mudik bisa menjadi aktivitas yang cukup menguras energi sehingga menggunakan waktu dengan bijak selama di perjalanan sangat penting.

Dapatkan pula tidur berkualitas, serta asupan makanan yang cukup untuk menjaga stamina serta mengelola stres selama perjalanan. Jika kamu bepergian dengan mobil atau motor pribadi, luangkan waktu untuk istirahat di malam hari untuk menghindari kelelahan yang berlebihan. 
 

6. Jangan Stres

Yansen menyebut stres serta pola makan juga akan sangat berpengaruh pada kesejahteraan kamu selama dalam perjalanan. Oleh karena itu, usahakan untuk menjadikan mudik sebagai pengalaman menyenangkan yang bisa dinikmati bersama keluarga dan orang terdekat. 
 

7. Konsultasi ke Dokter Sebelum Mudik

Sebelum melakukan mudik, ada baiknya jika kamu berkonsultasi ke dokter jantung terlebih dahulu. Setiap orang memiliki kondisi serta gejala yang berbeda-beda, oleh karena itu untuk mendapatkan informasi menyeluruh tentang hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum dan pada saat mudik, kamu membutuhkan konsultasi dengan dokter.

Penting juga untuk melihat rumah sakit terdekat dalam rute mudik. Dengan demikian, apabila terjadi sesuatu pada saat di perjalanan, kamu bisa langsung pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan pertolongan langsung dari dokter. 

Baca juga: 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah
1
2


SEBELUMNYA

4 Tip Menyiapkan Menu Sahur dan Berbuka Puasa yang Praktis Bernutrisi

BERIKUTNYA

Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Tes Untuk Deteksi Dini Kanker Serviks

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: