Penting untuk menjaga asupan makanan selama berpuasa (Sumber gambar: Anastasia Shuraeva/Pexels)

4 Tip Menyiapkan Menu Sahur dan Berbuka Puasa yang Praktis Bernutrisi

11 April 2023   |   17:49 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

3. Penuhi Asupan Protein dan Serat

Seringkali sulit mengontrol porsi makan saat berbuka, apalagi setelah menahan lapar sepanjang hari. Terkadang untuk menyiasati agar tidak merasa lapar selama berpuasa kurang lebih 13 jam, porsi makan saat sahur juga menjadi banyak. Namun, yang terpenting bukan kuantitas porsi yang dimakan melainkan kualitas dari asupan lah yang harus diperhatikan. 

Pastikan menu makanan saat sahur dan berbuka kalian mengandung protein, lemak dan karbohidrat kompleks, serta asupan serat yang cukup. Mengonsumsi makanan yang tinggi protein seperti daging atau kacang-kacangan dapat memberikan cadangan energi agar saat puasa tidak cepat merasa lapar dan lesu.

Memenuhi asupan lemak, karbohidrat, dan serat juga membantu untuk memberi efek kenyang yang lebih lama. Siasati juga dengan makan cemilan di malam hari setelah berbuka maupun sebelum sahur usai sebagai bekal persiapan berpuasa sepanjang hari.


4. Minum yang Cukup

Anjuran minum sebanyak 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari tentu lebih sulit untuk dijaga saat sedang berpuasa. Padahal, dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membantu untuk tidak merasa cepat haus dan memperlambat datangnya rasa lapar.

Nah, kalian bisa coba mengatur waktu untuk memenuhi asupan air agar tubuh tetap sehat dan bugar sepanjang bulan puasa. Dimulai dengan dua gelas air putih saat sahur dan berbuka, serta 4 gelas saat malam hari menjelang waktu tidur. Dengan menjalankan pola ini dapat memudahkan proses mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Anak Pertama Tutup Usia, Abdel Achrian Menerima dengan Lapang Dada

BERIKUTNYA

7 Kiat Mudik Aman untuk Penderita Penyakit Jantung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: