Buah nanas yang matang. (Sumber gambar : Freepik/Dashu83)

6 Tip Memilih Buah Nanas yang Matang & Manis

11 April 2023   |   08:55 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like

3. Bentuk, Berat, dan Ukuran

Pilih nanas dengan tubuh bulat montok, daripada yang terlalu meruncing atau lonjong di bagian atas. Nanas yang meruncing di bagian atas tidak memiliki banyak daging. 

Perhatikan juga beratnya. Semakin berat buah nanas, semakin manis dagingnya. Buah yang berat menandakan kandungan air lebih banyak. Ingat, buah nanas yang berat tidak melulu besar ya, Genhype.

Selain itu, pertimbangkan pula ukurannya. Jika memungkinkan, pilih nanas yang berukuran besar dan berat. Perlu dikeahui, sebagian besar daging buah nanas akan terbuang saat proses pengupasan.


4. Pantau Permukaan 

Selalu pilih nanas dengan mata (pola berbentuk berlian di kulit) yang lebih besar. Semakin besar matanya, semakin lama nanas dibiarkan matang secara alami sebelum dipetik, sehingga cenderung lebih manis daripada nanas dengan mata lebih kecil.

Hindarilah juga permukaan kulit nanas yang berkerut atau keriput. Keadaan itu menandakan buah telah melewati batas kematangan alias terlalu tua. Nanas yang sudah matang biasanya memiliki permukaan kulit lebih licin dan mengkilat saat terkena cahaya.


5. Tekstur

Tekan sedikit buah nanas untuk memeriksa kekencangannya. Apabila teksturnya masih kencang dan hanya sedikit lunak, nanas memiliki tingkat kematangan yang pas. Hindari nanas yang lunak ketika disentuh, jangan dibeli karena biasanya sudah terlalu matang.


6. Cium Aroma

Untuk memastikan tingkat kematangannya, cium saja aroma buah nanas. Rata-rata nanas yang matang mengeluarkan bau harum yang segar dan manis.

Cium di bagian ujung bawah nanas karena nanas matang dari bawah ke atas, di mana nutrisi disalurkan melalui batang bawah. Hindari nanas yang tidak berbau yang menandakan buah tidak matang, juga memiliki bau asam  atau terfermentasi yang menunjukkan terlalu matang.

Baca juga: Kenali 7 Ciri-ciri Alpukat yang Matang & Legit

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Kenalan dengan Hambatan Gulir Ban & Cara Mengoptimalkannya

BERIKUTNYA

Resep Lapis India Khas Banjarmasin yang Menggoyang Lidah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: