GenHype sebaiknya memilih kemasan angpao Lebaran yang sesuai dengan tema Lebaran, misalnya dengan gambar hiasan bunga atau ketupat. (Sumber gambar: Dokumen Pribadi dibuat Dengan Canva)

9 Kiat Berbagi Angpau Lebaran Agar Momen Hari Raya Makin Gembira

10 April 2023   |   13:33 WIB
Image
Sry Lestari Samosir Ibu rumah tangga yang gemar menulis

Hari Raya Idulitri atau Lebaran adalah momen yang pas untuk berbagi kebahagiaan dengan keluarga dan sesama. Salah satu tradisi yang umum dilakukan saat Lebaran adalah memberikan angpau, yakni amplop berisi uang baru, yang dibagikan kepada saudara atau kerabat sebagai simbol kebaikan dan keberkahan.

Budaya salam tempel pada saat Lebaran ini biasanya dilakukan oleh setiap keluarga muslim, di mana bagi anggota keluarga yang sudah memiliki penghasilan akan berbagi kepada saudaranya yang lebih muda dan anak-anak.  Bahkan, beberapa keuarga yang memiliki kesadaran sosial yang tinggi, mereka pun membagikan angpau itu kepada anak-anak di sekitar tempat tinggalnya. Hal itu, sebagai ekspresi untuk berbagi kebahagiaan saat Lebaran sekaligus untuk bersedekah.

Baca juga: 5 Ide Bikin Ruang Tamu Estetik & Nyaman untuk Silaturahmi Lebaran

Meskipun telah menjadi semacam tradisi, membagi angpau saat Lebaran tentu harus dilakukan dengan cara yang bijaksana, termasuk memerhatikan kemampuan keuangan secara proporsional, serta etika berbagi yang baik agar momen Hari Raya ini membawa kebahagiaan bagi semua.

Nah supaya berbagi angpaunya lancar, berikut ini beberapa kiat agar momen berbagi tetap berjalan lancar, sekaligus dapat memperkuat hubungan kekeluargaan dan memperkaya nilai-nilai kebaikan.


1. Sesuaikan jumlah angpau dengan kemampuan keuangan

Saat membagikan angpau Lebaran kepada saudara atau kerabat, pastikan untuk mengikuti kemampuan keuangan. Jangan sampai memberikan angpau dengan jumlah yang terlalu besar sehingga menimbulkan beban finansial yang berlebihan. Sebaliknya, memberikan angpau dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan finansial akan menunjukkan kebaikan hati tanpa menimbulkan masalah keuangan setelah Hari Raya.


2. Pilihlah amplop yang menarik

Genhype sebaiknya memilih kemasan atau bungkusan yang menarik untuk angpau Lebaran. Hal ini akan menambah kesan yang indah dan menunjukkan bahwa Genhype benar-benar memperhatikan penerima angpau. Selain itu, pilihlah amplop yang sesuai dengan tema Lebaran, misalnya dengan gambar hiasan bunga atau ketupat.


3. Berikan pesan Lebaran yang positif

Selain memberikan angpau, Genhype juga dapat memberikan pesan Lebaran yang positif kepada saudara atau kerabat. Pesan Lebaran ini dapat berupa ucapan selamat Lebaran, doa untuk kebaikan, atau pesan kebersamaan. Pesan yang disampaikan dapat ditulis dalam kartu ucapan yang disertakan bersama angpau.


4. Berikan angpau dengan tulus dan ikhlas

Dalam memberikan angpau Lebaran kepada saudara atau kerabat, yang terpenting adalah memberikan dengan tulus dan ikhlas. Dengan demikian, momen Lebaran akan menjadi lebih bermakna dan penuh dengan kebaikan dan kebahagiaan.


5. Berikan pada waktu yang tepat

Genhype harus memberikan angpau Lebaran kepada saudara atau kerabat pada waktu yang tepat. Usahakan untuk memberikan angpau sebelum atau pada hari Lebaran, agar mereka dapat memanfaatkan angpau tersebut untuk persiapan Hari Raya. Jangan sampai memberikan angpau terlambat, karena hal ini dapat menimbulkan kesan yang kurang sopan.


6. Jangan memberikan angpau dengan syarat

Memberikan angpau seharusnya tidak memiliki syarat atau kondisi tertentu. Genhype jangan menempatkan syarat atau tuntutan tertentu pada penerima angpau, seperti harus berbuat sesuatu sebagai gantinya. Hal ini dapat menimbulkan kesan yang tidak sopan dan merusak hubungan antara saudara atau kerabat.


7. Perhatikan kesesuaian angpau dengan usia dan hubungan

Genhype haruslah memerhatikan kesesuaian angpau dengan usia dan hubungan dengan penerimanya. Jangan memberikan angpau dengan jumlah yang terlalu besar atau terlalu kecil terhadap saudara atau kerabat yang lebih tua atau lebih muda. Selain itu, perhatikan juga hubungan antara penerima angpau dengan kita. Sebaiknya tidak memberikan angpau dengan jumlah yang terlalu besar kepada saudara atau kerabat yang memiliki hubungan yang jauh atau kurang akrab.


8. Berikan angpau secara langsung

Lebih baik memberikan angpau secara langsung ke tangan penerima. Hal ini akan menambah kesan yang lebih personal dan menunjukkan rasa hormat Genhype terhadap mereka. Selain itu, memberikan angpau secara langsung juga dapat membangun hubungan yang lebih baik antara Genhype dengan saudara dan kerabat.


9. Berikan dengan senyum dan ucapan yang sopan

Terakhir, jangan lupa memberikan angpau dengan senyum dan ucapan yang sopan. Hal ini akan menambah kesan yang hangat dan akrab. Selain itu, jangan lupa untuk meminta maaf jika ada kesalahan yang pernah dilakukan dan berharap untuk memperbaiki hubungan yang baik dengan saudara atau kerabat.

Baca juga: Kiat Memilih Warna Dinding yang Tepat Sambut Lebaran

Demikianlah beberapa kiat yang dapat diterapkan pada saat momen memberikan angpau Lebaran kepada saudara atau kerabat saat Idulfitri. Dengan memberikan angpau secara tulus, ikhlas dan bijak, diharapkan dapat membuat momen Lebaran akan menjadi lebih bermakna dan penuh dengan kebaikan hati.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Zayyan Resmi Gabung untuk Boygroup XODIAC, Konsep Fotonya Curi Perhatian

BERIKUTNYA

Boleh Enggak Ibu Hamil Berpuasa? Begini Penjelasan Dokter Kandungan & Ahli Gizi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: