Salah satu tempat wisata di Barcelona. (Sumber gambar : Freepik/Barcelona)

7 Kota Ramah Muslim di Berbagai Negara, Pas Buat Libur Lebaran

07 April 2023   |   19:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri semakin dekat. Hawa liburan pun semakin kental terasa. Mungkin tempat wisata di daerah akan ramai pengunjung saat periode Lebaran nanti. Jika ingin sesuatu yang berbeda, melakukan wisata atau perjalanan ke luar negeri bisa menjadi pilihan buat kalian. 

Saat ini banyak kota di berbagai negara yang menyajikan wisata ramah muslim untuk Genhype kunjungi. Di tempat-tempat itu, kalian tidak perlu pusing lagi mencari tempat salat atau makanan halal. Selain itu, satu lagi hal penting yang bisa jadi pertimbangan, mayoritas warga di kota-kota ini juga ramah terhadap umat Islam. 

Nah, buat kamu yang tertarik, berikut ini kota ramah muslim yang bisa menjadi pilihan untuk liburan Lebaran kamu tahun ini. Simak yuk! 

Baca juga: Negara Ramah Muslim Ini Cocok untuk Jadi Destinasi Libur Lebaran di Eropa
 

1. Beirut, Lebanon 

Masjid yang ada di Beirut (Sumber:Visit Lebanon)

Masjid yang ada di Beirut (Sumber:Visit Lebanon)

Beirut di Lebanon menjadi salah kota di dunia yang ramah muslim di Timur Tengah. Kota ini kaya akan budaya maupun sejarah. Cobalah berjalan-jalan di jalur Warisan Beirut atau Museum Nasional Beirut yang menghantarkan kamu wisata ke masa lalu. Atau, kunjungi Museum Nicolas Sursock dan Beit Beirut untuk menyaksikan seni kontemporer yang menyatu dengan sejarah kelam dan politik seputar Timur Tengah.

Selain itu, di tempat ini juga ada banyak restoran yang menyajikan makanan halal. Kalian juga bisa mencicipi jibneh, kopi Lebanon yang unik rasanya. Saat matahari terbenam di Beirut, Corniche menjadi pemandangan tepi laut yang sempurna untuk menangkap panorama emas yang menakjubkan. 
 

2. Barcelona, Spanyol 

The Great Mosque Of Cordoba (Sumber: Mezquitades Cordoba)

The Great Mosque Of Cordoba (Sumber: Mezquitades Cordoba)

Kota terbesar kedua di Spanyol ini memiliki sekitar 300.000 orang populasi muslim. Tidak mengherankan di sana terdapat banyak restoran halal dan masjid. Tak hanya itu, ada banyak hotel di Barcelona yang dekat dengan gerai-gerai makanan halal. 

Saat berada di Barcelona jangan lupa untuk mengunjungi arsitektur Gaudi yang luas di kota tersebut, seperti Sagrada Familia, Park Guell, Casa Mila, dan juga beberapa promenade kota untuk berjalan-jalan. Bepergian dengan metro merupakan cara yang murah dan mudah untuk menjelajahi kota. Kamu juga bisa menyewa mobil jika ingin menjelajahi beberapa kota pesisir Spanyol dari Barcelona. 
 

3. Berlin, Jerman 

Brandenburg (Sumber: Unsplash/Fredian Wedhe)

Brandenburg (Sumber: Unsplash/Fredian Wedhe)

Berlin menjadi salah satu kota terbesar di Jerman dan rumah bagi jutaan muslim yang ada di negara tersebut. Dengan populasi muslim yang begitu besar, terdapat banyak restoran makanan halal di kota populer wisata dunia ini. Berlin menawarkan perpaduan menarik antara kehidupan hippy muda dan juga bagian dari sejarah.

Ada banyak kafe eklektik dan area modern yang semuanya dekat dengan sejarah dan museum. Pastikan kamu mengunjungi Gerbang Brandenburg yang menjadi simbol status kota, Gedung Reichstag yang dibangun untuk menampung Imperial Diet Kekaisaran Jerman, tugu peringatan Tembok Berlin, dan Istana Charlottenburg yang menjadi istana terbesar di Berlin. 
 

4. Wina, Austria

Wina/Vienna (Sumber: Unsplash/Leonhard Niederwimmer

Wina/Vienna (Sumber: Unsplash/Leonhard Niederwimmer

Kota terbesar di Austria ini menyajikan permata arsitektur yang indah dengan tokoh terkenal seperti Mozart, Beethoven, dan Sigmund Freud. Menjelajahi Wina sebagai seorang musafir muslim sangatlah mudah dan dipastikan kamu tidak akan mendapat diskriminasi. 

Seperti kota lainnya, ada banyak restoran halal di Wina. Kamu bisa menikmati kota dengan mengikuti tur jalan kaki gratis untuk mengetahui lebih banyak tentang kehidupan dan sejarah setempat. Semua tur harus dilakukan oleh pemandu wisata yang berkualitas sehingga kamu mendapatkan pengalaman gratis. Jangan lewatkan Pusat Sejarah Wina, Gedung Opera, Istana Schoenbrunn, dan Museum Kunsthistorisches. 
 

5. Jaipur, India 

Jaipur, Rajasthan, India (Sumber: Unsplash/Dexter Fernandes)

Jaipur, Rajasthan, India (Sumber: Unsplash/Dexter Fernandes)

Ibu kota negara bagian Rajasthan di India itu dikenal sebagai Kota Merah Muda. Di Jaipur, jangan lupa untuk mengunjungi Hawa Mahal atau Istana Angin yang memiliki ratusan jendela. 

Pemandangan arsitektur menawan lainnya seperti City Palace atau Panna Meena Stepwells akan menarik perhatian kamu dengan nuansa warna pink pastel dan desain simetrisnya. Saat berada di Jaipur, kamu juga harus menikmati naan yang empuk dan ayam tandoori yang gurih di banyak kedai halal. 
 

6. Antalya, Turkiye 

Alanya Kalesi (Sumber: Go Turkiye)

Alanya Kalesi (Sumber: Go Turkiye)

Turki atau Turkiye lebih dari sekadar cerobong peri, bazaar, dan Masjid Biru. Antalya menawarkan jenis pelarian yang berbeda saat kamu berada di negara dua benua ini. 

Kota resor ini memiliki pelabuhan yang dipenuhi kapal pesiar dan pantai yang dikelilingi oleh resor ramah wanita, menjadikannya destinasi ramah muslim yang sempurna bagi pelancong wanita. Berjemur di bawah sinar matahari, bermain pasir, dan menikmati ketenangan pikiran di pantai pribadi tanpa khawatir diawasi. 

Manjakan diri kamu dengan hari spa di hammam tradisional Turki. Banyak sejarah dan budaya yang bisa kamu temukan, terutama ketika kamu mengunjungi Yivli Minare atau Masjid Alaaddin. 
 

7. Taipei, Taiwan

Taipei Art Village (Sumber: Travel Taipei)

Taipei Art Village (Sumber: Travel Taipei)

Siapa sangka bahwa di Taipei menjadi salah satu kota yang menjadi sasaran para pelancong muslim. Alhasil banyak restoran-restoran bersertifikat halal dan fasilitas salat yang menarik bagi para pelancong.

Taipei penuh dengan budaya dan pasar malam yang tidak pernah gagal memikat pengunjung. Bahasa tubuh menjadi cara terbaik ketika kamu terkendala bahasa ketika membeli makanan. Jangan lupa menyeruput beberapa kelezatan makanan lokal Taiwan seperti mie daging sapi yang terkenal. 

Baca juga: 5 Destinasi Ramah Muslim di Jepang, dari Hokkaido sampai Tohoku

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Review The Super Mario Bros. Movie, Petualangan yang Membangkitkan Kenangan (Spoiler Alert)

BERIKUTNYA

Garena Ajak Survivors Bersedekah di In Game Free Fire untuk Lansia 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: