Google lens (Sumber foto: Youtube)

Optimalkan Fitur Google Lens Yuk

23 March 2023   |   12:19 WIB

Genhype pernah memanfaatkan fitur Google Lens? Fiturnya lumayan canggih loh dan merupakan salah satu fitur ampuh yang saat ini terintegrasi dengan sistem operasi Android.  Google Lens tersedia sebagai aplikasi terpisah, tetapi kita juga bisa menggunakannya sebagai fitur tambahan dari aplikasi lain seperti Google Photos, Google Search, dan Google Camera.

Selain tersedia untuk Android, kita juga dapat menggunakan Google Lens pada perangkat Apple (iPhone dan iPad).

Google Lens dapat dipandang sebagai fitur pencarian visual. Dengan Google Lens, kita bisa memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk mengenali benda-benda, menerjemahkan teks, dan sebagainya.


Aplikasi Terpisah

Cara mengakses Google Lens, Kalian bisa mengunduh dan memasang Google Lens dari Google Play Store atau Apple App Store. Namun, ini bukanlah keharusan. Fitur Google Lens juga bisa diakses dari aplikasi lain. Namun Anda mungkin akan merasa lebih mudah memaksimalkan fiturnya dari aplikasi sendiri.

Ketika instalasi, Google Lens akan meminta izin untuk mengakses kamera dan tempat penyimpanan data (storage). Berikan izin tersebut agar Google Lens bisa berfungsi dengan baik.

Bila Genhype enggan memasang aplikasi terpisah, alternatif terbaik adalah menggunakan integrasi dari Google Search.
Buka aplikasi Google, dan klik ikon kamera di bilah pencari. Ini akan membuka fitur Google Lens. Menu default adalah Search with your Camera (cari dengan kamera), namun kita juga bisa mengakses fitur lainnya.

 
Google Lens sebagai aplikasi yang berdiri sendiri. (Sumber foto: Tangkapan layar)

Saat ini, ketika kita membuka foto atau gambar di Google Photos, tersedia opsi untuk memprosesnya di Google Lens. Secara default, ini akan mencari gambar yang serupa di Google Search. Google bisa mengenali objek, bila foto yang diproses berisi benda seperti tanaman, hewan, atau produk. Google juga akan menampilkan objek serupa dari mesin pencari.

Kemungkinan besar ponsel Kalian menggunakan aplikasi kamera bawaan vendor, dan karena itu Google Camera tidak terpasang di sana. Dalam hal ini akan lebih baik menggunakan fitur tersebut dari aplikasi lain seperti Google Search atau Google Photos. Namun bila kebetulan Google Camera sudah terpasang, Anda dapat mengakses Google Lens dari sana.


Fitur-fitur Google Lens

  Apa pun cara yang dipilih untuk mengakses Google Lens, kita bisa menggunakannya untuk penerjemahan, pencarian, belanja, bahkan mengerjakan pekerjaan rumah.

Seperti sudah dibahas sebelumnya, Google Lens bisa digunakan mempermudah pencarian visual benda-benda yang ditemukan di dunia nyata. Kita bisa memotret gedung atau makanan, dan kemudian menemukan informasi terkait dari mesin pencari Google. Kita juga bisa memotret produk dan Google akan menampilkan harganya.

Google Lens mengambil alih fitur yang sebelumnya dijumpai di Google Translate, yaitu menerjemahkan teks dengan menggunakan kamera ponsel. Kita bisa mengarahkan kamera, misalnya ke papan nama dalam bahasa asing, dan Google Lens akan menampilkan terjemahannya langsung di foto di layar ponsel.

Fitur pengenalan teks (OCR) terintegrasi memungkinkan kita menggunakan Google Lens untuk memotret dokumen dan mengekstrak teks untuk disalin ke aplikasi lain.

Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Usaha Berbasis Riset Pasar Google

Para pelajar dapat memanfaatkan Google Lens untuk keperluan studi. Foto soal pekerjaan rumah dari dalam Google Lens, dan Google akan mencarikan penjelasan tentang topik terkait dari internet.  Mata pelajaran yang didukung antara lain adalah matematika, fisika, kimia, biologi, sejarah, dan lain-lainnya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Tampil di Teater Musikal Internasional, Dira Sugandi Terlibat dalam Pertunjukan The Jungle Book di Belgia

BERIKUTNYA

Valve Siap Rilis Counter-Strike 2, Limited Test Segera Dibuka!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: