Ilustrasi Sebuah Hobi Seni (Sumber gambar: Unsplash.com/ Sarah Brown)

3 Kisah Inspiratif Mengubah Hobi Menjadi Rezeki

05 April 2023   |   13:45 WIB

Apakah Genhype memiliki keterampilan yang saat ini hanya kallian gunakan di waktu luang? Meskipun kalian mungkin menganggap itu hanya cocok sebagai hobi, ada kemungkinan kegiatan ini dapat menghasilkan uang dan mengubah bakat menjadi bisnis yang menguntungkan.

Sering munculnya stigma, bahwa hobi tetaplah sebuah hobi dan tidak akan bisa menjadi sumber pendapatan, telah membuat banyak orang khususnya anak muda menjadi tidak berani bermimpi.

Baca juga: Tips Merintis Bisnis Tanaman Hias, Ubah Hobi Menjadi Cuan

Padahal setiap kita pasti tak jarang menemukan banyak orang yang bekerja berdasarkan hobi mereka. Seperti hobi olahraga yang bisa mengantarkan kita menjadi atlet, instruktur olahraga, personal trainer, dan masih banyak lagi. 

Masalahnya adalah banyak dari kita takut untuk mengambil langkaha pertama, bahkan ketika kita tahu bahwa kita memiliki keahlian yang dapat dipasarkan, karena takut gagal. Berikut ini adalah 3 kisah inspirasi generasi muda yang mampu mengembangkan hobi dan menjadikannya bisnis yang menguntungkan:
 

1. Hobi Merajut

 

Topi Benang Rajut (Sumber gambar: Instagram @knotbylouise

Topi Benang Rajut (Sumber gambar: Instagram @knotbylouise

Merajut telah menjadi salah satu jenis karya seni kriya yang membutuhkan keterampilan khusus. Louise Gonardo adalah anak muda yang memiliki hobi membuat kerajinan tangan dengan merajut. Sejak 2017 atau saat dia masih duduk di bangku SMA, Louise sudah memiliki kesukaan terhadap hobi kerajinan ini.

Di usianya yang baru menginjak 20 tahun, Louise telah membuka usaha kerajinan tangan sendiri secara online melalui e-commerce, Shopee. Dia juga memanfaatkan sosial media sebagai wadah pemasarannya mealui akun Instagram @knotbylouise sejak Agustus 2022.

Hingga saat ini, berbagai karya telah dia buat hanya dengan menggunakan benang rajut. Di antaranya topi, tas, gantungan kunci, baju, bahkan sebuah sampul buku. 


2. Hobi Berbicara di Depan Umum

 

Seorang Master Of Ceremony (Sumber gambar: Instagram @ikhemutiara.mc

Seorang Master Of Ceremony (Sumber gambar: Instagram @ikhemutiara.mc

Biasanya hobi memang akan identik karya seni, seperti kerajinan tnagan, menari, bernyanyi, menggambar, dan menulis. Tak hanya itu saja ternyata berbicara juga menjadi seni tersendiri.

Sejak duduk di bangku SMA, Ikhe Mutiara sudah gemar menjadi pembawa acara. Pada 2015, Ikhe sering mengajukan diri untuk menjadi pembawa acara dalam suatu pentas seni di kampusnya sehingga membuat Ikhe memiliki banyak pengalaman, tetapi memang belum mendapatkan bayaran secara profesional. Pada 2016, Ikhe resmi memulai karir sebagai seorang Master of Ceremony di Malang. 

Walaupun Ikhe sudah sangat berpengalaman, dia selalu terus melatih diri untuk tetap percaya diri, juga sering melihat tutorial menjadi seorang Master of Ceremony melalui Youtube. Setelah melewati banyaknya proses yang panjang, saat ini Ikhe bisa mendapatkan pemasukan uang sekitar Rp50 juta.

Awalnya pekerjaan menjadi pembawa acara ini hanya dijadikan pekerjaan sampingan, tetapi sekarang Ikhe yang sudah berusia 25 tahun telah berhasil menjadikan pekerjaan master of ceremony ini sebagai pekerjaan utamanya.

Tak hanya menjadi pembawa acara, dengan hobi berbicara di depan umum Genhype juga dapat menjadi seorang motivator, pelawak, maupun pembawa berita di televisi.

Baca juga: Berawal dari Hobi, Ibu Rumah Tangga Ini Sukses Bangun Bisnis Produk Dekorasi


3. Hobi Merias Wajah 

 

Ilustrasi Proses Makeup (Sumber gambar: Dok. Della Sabrina Arum)

Ilustrasi Proses Makeup (Sumber gambar: Dok. Della Sabrina Arum)


Memiliki hobi merias wajah ternyata dapat menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. Della Sabrina Arum (21 tahun) merupakan seorang perias profesional (makeup artist). Semua berawal dari hobi Della yang dimiliki sejak kecil yaitu, memoleskan riasan sambil menonton video para beauty vlogger melalui YouTube.

Diawali dengan keampuan otodidaknya saat merias wajah, Della mencoba merias wajah teman-temannya saat masih duduk di bangku SMP. Pada 2017 lalu, Della memberanikan diri untuk memulai kariernya sebagai MUA, tetapi dia menyadari masih banyaknya kendala yang dihadapi.

Berkat semua konsistensi yang dilakukannya, Setiap minggunya Della selalu mendapatkan klien. Tak hanya itu, selama 6 tahun berjalan Della telah berhasil bekerja sama dengan berapa kebutuhan televisi komersial, photoshoot, video clip, dan wedding. Tak heran Della bisa mendapatkan penghasilnya sampai puluhan juta.

Nah, jadi Genhype punya hobi apa nih? Ada peluang tak terhingga untuk mengubah hobi menjadi profesi dan sumber pendapatan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda


 

SEBELUMNYA

Kenali Manfaat dan Bahaya Olahraga saat Malam Hari

BERIKUTNYA

Jelang Arus Mudik 2023, One Way Hanya Berlaku di Tol Cipali & Contraflow di Tol Cikampek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: