Sismi Rahayu, pemilik Home Decor Yogya (Sumber gambar: Shopee)

Berawal dari Hobi, Ibu Rumah Tangga Ini Sukses Bangun Bisnis Produk Dekorasi

04 June 2022   |   08:38 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tren dekorasi rumah terus berkembang. Tidak hanya menjadi kegiatan untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman, kreativitas dalam mendekorasi rumah juga bisa menjadi hobi untuk mengisi waktu luang bahkan sebagai sumber penghasilan.

Berawal dari mengisi waktu dengan kegiatan mendekorasi rumah hingga mencoba membuat hiasan dinding, Pemilik dari Home Decor Yogya, Sismi Rahayu, mencoba untuk menjual produk-produk buatannya tersebut.

Bersama sang suami, Sismi akhirnya memutuskan untuk mendirikan bisnis Home Decor Yogya pada 2020. Dia mengajak pengrajin lokal untuk menciptakan produk dekorasi yang diinginkannya. Kreativitasnya dalam menciptakan ragam produk berangkat dari situasi di tengah pandemi dimana banyak dihabiskan di rumah.

(Baca juga: Lagi Cari Ide Bisnis? 3 Hobi Ini Bisa Jadi Potensi Usaha)

Sismi berusaha menciptakan produk yang dapat menjadikan rumah sebagai tempat yang lebih nyaman, rapi dan terlihat estetik dengan bahan dasar kayu pinus natural dan jati Belanda.

Dimulai dengan mempekerjakan dua orang, saat ini Home Decor Yogya telah memiliki empat karyawan serta memberdayakan sepuluh pengrajin lokal. “Saya senang dan bangga sekali dapat mengangkat produk buatan lokal melalui Home Decor Yogya dan memberikan kesempatan bagi karya para pengrajin lokal untuk dapat didistribusikan dan bermanfaat untuk konsumen yang berasal dari segala penjuru Indonesia,” kata Sismi.
 

f

Beberapa produk Home Decor Yogya (Sumber gambar: Home Decor Yogya)

Proses mendirikan serta mengembangkan bisnis di tengah pandemi bukanlah hal yang mudah. Meskipun begitu, Sismi terus berinovasi dan menawarkan berbagai pilihan kreasi produk dari bahan dasar kayu seperti stand laptop, rak bambu, figura, rak baju gantung dan masih banyak lagi.

Bisnisnya ini juga memberikan kesempatan bagi para pengrajin lokal untuk kembali bangkit dan terus berkembang setelah terkena dampak signifikan dari situasi pandemi. Mengetahui bahwa perilaku belanja masyarakat yang mulai bergerak ke ranah digital, Sismi pun mempelajari bagaimana mengawali bisnis dan strategi mengembangkan bisnis secara online.

Untuk memperluas jangkauan pasar, Sismi mulai mempelajari kiat-kiat strategi pemasaran melalui berbagai sumber di internet secara otodidak, salah satunya memanfaatkan sosial media untuk promosi bisnis yang baru dirintis. 

Dengan jangkauan luas yang ditawarkan oleh media sosial, usahanya perlahan semakin mudah dikenal dan diminati oleh konsumen. Hal ini berpengaruh dengan meningkatnya omset penjualan. Meski begitu, Sismi mengaku tetap terus berusaha untuk meningkatkan performa bisnisnya, salah satunya dengan tetap belajar mengenai kiat mengelola bisnis.

Selain itu, dia juga kerap memanfaatkan berbagai fitur yang dihadirkan oleh e-commerce seperti promo dan kampanye. Menurut Sismi, kampanye berbeda yang dihadirkan setiap bulannya tidak hanya memberikan keuntungan bagi pembeli, tetapi juga untuk pelaku usaha. Hal itu telah membantu memperkuat online presence di ranah digital serta membantu meningkatkan pesanan hingga 2 kali lipat terhadap produk-produknya.

Terbukti, berkat strategi serta semangat yang dilakukan untuk terus berkembang dan memperluas jangkauan, homedecoryogya kini telah dikenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia sebagai produk lokal dengan kualitas bersaing.

Selain terus memperhatikan strategi pemasaran, Sismi juga selalu memperhatikan perkembangan tren sehingga bisnis yang dimilikinya dapat terus beradaptasi dengan kemajuan industri, serta dapat memiliki daya tarik serta saing yang tinggi.

Salah satunya dengan terus berinovasi menghadirkan ragam produk yang dapat memenuhi segala preferensi konsumen yang berbeda-beda. Saat ini, melihat tren dekorasi serta desain rumah yang mengusung konsep minimalis, mendorong Sismi untuk menyediakan berbagai produk dengan model yang simpel namun cantik yang berbahan dasar kayu. Tentunya pilihan produk ini juga terus memperhatikan kualitas dan pelayanan terbaik.

Dengan semakin meningkatnya jumlah konsumen, Sismi pun berharap bahwa dia bisa segera mewujudkan proses pembuatan gudang yang lebih luas lagi, agar bisa menambah jumlah karyawan dan meningkatkan produksi.

Selain itu, Sismi juga berharap Home Decor Yogya dapat menjadi brand paten yang dapat memenuhi segala macam preferensi pengguna, serta menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM lainnya agar terus bersemangat membangun dan mengembangkan usaha mereka.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Serba-serbi Formula E Jakarta 2022 yang Digelar Hari Ini

BERIKUTNYA

Latihan Bebas 1 Formula E Jakarta Rampung Digelar, Oliver Rowland Jadi yang Tercepat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: