Hari Hati Nurani Internasional diperingati setap 5 April (sumber gambar PBB)

Fakta Menarik Lahirnya Hari Hati Nurani Internasional yang Diperingati Setiap 5 April

05 April 2023   |   09:54 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, tahu enggak sih jika setiap 5 April diperingati sebagai Hari Hati Nurani Internasional. Pasalnya, para pemimpin global percaya lewat perayaan ini akan menghentikan orang-orang melakukan kejahatan terhadap orang lain. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya refleksi diri agar dapat melakukan hal-hal yang benar.

Atas sponsor Kerajaan Bahrain, PBB akhirnya mendeklarasikan 5 April sebagai Hari Hati Nurani Internasional dengan Resolusi A/73/L.102.  Perdana Menteri Kerajaan Bahrain, Pangeran Khalifa bin Salman Al Khalifa memang berinisiatif menetapkan 5 April sebagai Hari Hati Nurani Internasional.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film tentang Pianis Keren yang Pas Ditonton pada Hari Piano Sedunia

Mengutip National Today, kesepakatan itu terjadi pada sidang Majelis Umum PBB ke-73 pada 2019.
 
 

Saat itu, para pemimpin mengakui bahwa semua kejahatan terhadap kemanusiaan dimotivasi oleh upaya untuk mengontrol komunitas lain. Hal ini pun dilakukan tanpa mempertimbangkan martabat budaya, nilai, dan hak untuk hidup sesuai keinginan mereka.

Hal inilah yang kemudian mengakibatkan berbagai penjajahan di dunia. Beberapa di antaranya termasuk holocaust di Eropa, pembantaian di Myanmar, dan kejahatan lain terhadap kemanusiaan yang memilukan di seluruh dunia.

Menurut Resolusi A/73/L.102, Hari Hati Nurani lalu ditetapkan sebagai bentuk perjuangan untuk mempromosikan budaya damai dengan cinta dan hati nurani di seluruh dunia. Perayaan ini pun selalu diperingati tiap tahunnya oleh para pemimpin global di platform PBB.

Adapun, nilai-nilai inti yang mendasari peringatan hari tersebut termasuk toleransi, solidaritas, dan inklusi pada semua pihak. Tak hanya itu, resolusi ini juga mendesak komunitas global untuk membangun budaya damai dengan cinta dan hati nurani sesuai situasi dan budaya masing-masing.

Tema & Tujuan  Hari Hati  Nurani Internasional 2023
Majelis Umum PBB mendeklarasikan 5 April sebagai Hari Hati Nurani Internasional, dengan tajuk Mempromosikan Budaya Damai dengan Cinta dan Hati Nurani.

Tugas PBB untuk menyelamatkan generasi mendatang dari perang memerlukan transformasi menuju budaya damai, yang terdiri dari nilai, sikap dan perilaku yang mencerminkan dan menginspirasi interaksi sosial.

PBB juga menekankan pentingnya prinsip kebebasan, keadilan dan demokrasi, hak asasi manusia, toleransi dan solidaritas, yang menolak kekerasan dan berusaha untuk mencegah konflik. 

Hari Hati Nurani Internasional sendiri bertujuan untuk memecahkan masalah melalui dialog dan negosiasi dan yang menjamin pelaksanaan penuh semua hak dan sarana untuk berpartisipasi penuh dalam proses pembangunan masyarakat.

Adapun, resolusi tersebut perlu diimplementasikan agar segera tercipta kondisi yang stabil dan kesejahteraan serta hubungan damai berdasarkan penghormatan terhadap hak asasi manusia dan kebebasan bagi orang tanpa memandang suku, ras, dan agama.

Majelis Umum mengundang semua pihak untuk membangun Budaya Damai dengan Cinta dan Hati Nurani di sesuai dengan budaya dan keadaan atau kebiasaan lain yang sesuai dari komunitas lokal.

Baca juga: Dirayakan Tiap 1 April, Begini Asal-Usul April Mop atau Hari Prank Sedunia

Adapun upaya tersebut bisa diimplementasikan melalui pendidikan berkualitas dan kegiatan peningkatan kesadaran masyarakat, sehingga dapat segera mendorong pembangunan berkelanjutan yang ada di seluruh dunia.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Teaser Terbaru Barbie Tampilkan Margot Robbie dan Ryan Gosling Siap Masuki Dunia Nyata

BERIKUTNYA

Viral Pengobatan Alternatif Ida Dayak, Begini Kata Kemenkes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: