Suga, J-Hope, Jimin (Dok. BTS/Twitter)

Makna Pin yang Dipakai BTS di Sidang Umum PBB UNGA 76

21 September 2021   |   14:39 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

BTS sukses menyampaikan pidatonya dalam acara Sidang Umum PBB ke-76 (UNGA 76) pada Senin (20/9). Hadir untuk ketiga kalinya, BTS kali ini berpidato soal generasi muda yang disebutnya akan bangkit dari keterpurukan pandemi Covid-19 serta memiliki kepedulian terhadap permasalahan perubahan iklim.

Pidato itu pun disiarkan secara langsung di YouTube PBB dan berhasil ditonton lebih dari 1 juta pemirsa. Setelahnya, BTS juga menyanyikan single hit mereka Permission to Dance di markas besar PBB bersama para anggota lainnya yang ikut menari dan menikmati musik.

Sementara itu, bukan BTS jika tidak menarik perhatian karena penampilan mereka. Pada sidang PBB kali ini, RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook tampil menawan memakai suit lengkap dengan dasinya yang didominasi warna hitam dan putih, serta derby shoes berwarna hitam.

BTS (Dok. BTS/Twitter)

Menariknya, para personel BTS juga terlihat mengenakan sebuah pin berbentuk lingkaran di kiri kas mereka. Pin yang terdiri dari berbagai warna itu diketahui simbol dari SDGs atau Sustainable Development Goals.

Bukan sekadar pin biasa, ada makna mendalam yang dari simbol itu sebagai semangat untuk perubahan dunia yang lebih baik. Mengutip dari laman resmi PBB, simbol tersebut memiliki 17 warna yang mewakili 17 goals yang ingin diraih dan 169 target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030 dalam SDGs.

SDGs sendiri merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

Ketujuh belas program yang dimaksud yaitu menghapus kemiskinan, mengakhiri kelaparan, kesehatan yang baik dan kesejahteraan, pendidikan bermutu, kesetaraan gender, akses air bersih dan sanitasi, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, infrastruktur industri dan inovasi, mengurangi ketimpangan, kota dan komunitas yang berkelanjutan, konsumsi produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, menjaga ekosistem laut dan darat, perdamaian keadilan dan kelembagaan yang kuat serta kemitraan untuk mencapai tujuan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Lisa BLACKPINK Debut di 3 Tangga Lagu Billboard dengan LALISA

BERIKUTNYA

Waspadai 5 Toxic pada Anak Akibat Orang Tua Tak Simpatik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: