Ida Dayak. (Sumber gambar : Tiktok Ida Dayak)

Viral Pengobatan Alternatif Ida Dayak, Begini Kata Kemenkes

05 April 2023   |   10:04 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Nama Ida Dayak tengah viral di media sosial. Dia dipercaya bisa mengobati ragam penyakit seperti patah tulang, stroke, hingga tunawicara hanya dengan ritual dan minyak buatannya dalam sekejap. Alhasil tempat-tempat yang disinggahi wanita asal Kalimantan Timur itu selalu disesaki warga yang meminta pengobatan alternatif darinya.

Salah satunya di GOR Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat, pada Senin (3/4/2023). Ratusan orang berbondong-bondong datang untuk menemui Ida Dayak. Mereka berharap mendapatkan pengobatan dari wanita yang memiliki nama asli Ida Andriyani itu. Namun sayang, karena massa yang membludak, Ida kewalahan dan tidak bisa melanjutkan kegiatan tersebut.

Baca juga: Berikut Deretan Produk Obat Tradisional dan Suplemen yang Aman dan Lulus Uji BPOM

Mengenai fenomena pengobatan alternatif Ida Dayak, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan pihaknya tentu melakukan pembinaan terhadap pengobatan tradisional ataupun tenaga penyehat tradisional (hatra). Dia menyebut keberadaan dan legalitas hatra diatur melalui peraturan pemerintah, peraturan menteri kesehatan, hingga undang-undang.

"Hatra memiliki surat terdaftar penyehat tradisional (STPT)," ujar Nadia dalam keterangannya, Rabu (5/4/2023).

Oleh karena itu, pengobatan alternatif di Indonesia merupakan sesuatu yang lumrah dan sudah ada sejak zaman nenek moyang. "Indonesia memiliki warisan budaya termasuk pengobatan tradisional yang memang sebagian masih perlu diteliti dan didukung secara empiris seperti pengobatan modern," tuturnya. 

Adapun tenaga penyehat tradisional bisa dibagi berdasarkan modalitas diantaranya ketrampilan, ramuan, dan campuran. Berdasarkan itu, Kemenkes pun biasanya melakukan pembinaan supaya masyarakat tidak dirugikan atau salah mengambil langkah pengobatan.

"Misalnya seseorang yang penyakit kanker jangan sampai terlambat karena berobat tradisional padahal sudah ada metode yang memang bisa menyembuhkan 100 persen kalau dilakukan pengobatan pada stadium dini," tutur Nadia.

Pengobatan yang Unik
Dalam video yang beredar di media sosial TikTok, Ida Dayak tidak banyak menggunakan alat dan hanya menjalani serangkaian ritual ketika melalukan pengobatan kepada warga. Mengenakan pakaian adat dan aksesoris khas suku Dayak, biasanya Ida mengawali langkah pengobatannya dengan menari. 

Sebelum menyentuh pasiennya, dia meminta pasiennya untuk berdoa menurut kepercayaan masing-masing. Namun, Ida yang beragama Islam biasanya melantunkan doa seperti basmallah dan kalimat tauhid

Dia juga meminta agar warga yang ditanganinya tidak marah jikalau pengobatan tersebut tidak berhasil. "Saya bukan malaikat saya hanya manusia. Kalau umpama tidak sembuh jangan marah," sebutnya. 

Kemudian dia akan mengurut pasiennya sesuai keluhan yang dialami. Sebagai contoh mengurut area tangan yang bengkok atau leher untuk mengatasi keluhan tidak bicara. Ida lalu mengoleskan minyak berwarna merah ke bagian tubuh pasiennya itu. 

Adapun minyak yang dilabeli Ida Dayak Minyak Bintang, dijual dengan harga Rp50.000. Dengan beberapa urutan, keluhan pasien dalam sekejab bisa diatasi. Tangan yang bengkok seketika lurus atau warga yang tadinya bisu bisa berbicara beberapa kata. 

Baca juga: Resep 5 Minuman Tradisional yang Cocok Disajikan Saat Musim Hujan

Sementara itu, dalam pengobatan alternatif ini, Ida Dayak memang tidak membuka tempat khusus. Dia biasanya mengunjungi pasar tradisional. Konon Ida sudah berkeliling ke beberapa daerah seperti Sumatra hingga Papua. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Fakta Menarik Lahirnya Hari Hati Nurani Internasional yang Diperingati Setiap 5 April

BERIKUTNYA

Sinopsis Film The Super Mario Bros. Movie, Kisah Petualangan Mario Selamatkan Luigi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: