Ilustras masjid (sumber gambar Unsplash/ katerina kerdi)

5 Masjid Unik Ini Bisa Jadi Spot Ngabuburit Seru

01 April 2023   |   19:31 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Wisata religi menjadi salah satu kegiatan menarik yang dilakukan saat Ramadan. Pasalnya, dengan berwisata kamu bisa ngabuburit sekaligus mendapatkan berbagai pengetahuan baru mengenai agama dan spiritual.

Nah, Indonesia yang dikenal sebagai negara muslim terbesar di dunia juga memiliki sederet destinasi wisata religi. Terutama masjid bersejarah atau konsep arsitekturnya yang banyak mengundang decak kagum.

Baca juga: 10 Aturan Baru Arab Saudi Sambut Ramadan, Tidak Ada Bukber di Masjid

Tersebar di berbagai daerah, masjid-masjid tersebut biasanya memiliki hiasan, ukiran, hingga interior yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, tempat ibadah ini juga sangat menarik untuk dijadikan salah satu tujuan wisata religi di bulan Ramadan.

Nah, bagi Genhype yang tertarik untuk menikmati keindahan wisata religi masjid di Indonesia, berikut beberapa rekomendasi masjid cantik dan estetik yang wajib dikunjungi pada Ramadan tahun ini.


1. Masjid Sheikh Zayed, Solo

 

Masjid Raya  Syech Zayed Surakarta (Sumber gambar: Kemenag)

Masjid Raya Syech Zayed Surakarta (Sumber gambar: Kemenag)

Masjid Sheikh Zayed merupakan destinasi wisata religi terbaru di Kota Solo, Jawa Tengah. Masjid ini merupakan simbol persahabatan antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA) yang diresmikan pada 2022 oleh Presiden Joko Widodo.

Keunikan dari masjid ini adalah desain arsitekturnya yang menyerupai Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi karya arsitek Yusef Abdelki. Namun, perbedaannya adalah hanya dari ukurannya yang lebih kecil.

Arsitektur masjid pun dipercantik dengan empat menara dan satu kubah utama dengan gaya arsitektur khas Timur Tengah. Berdiri di atas lahan seluas 8 ribu meter, masjid ini juga dilengkapi fasilitas lengkap, termasuk ruang VIP, hingga perpustakaan.


2. Masjid 99 Kubah, Makassar

 

Masjid 99 Kubah (sumber gambar flickr)

Masjid 99 Kubah (sumber gambar flickr)

Makassar juga memiliki masjid dengan gaya arsitektur unik, yakni Masjid 99 Kubah. Dikutip dari laman Kemenparekraf, arsitek dari masjid ini adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Sesuai jumlah kubahnya, 99 kubah masjid ini melambangka Asmaul Husna ataau nama-nama Alah SWT.

Terletak di dekat Pantai Losari, Masjid 99 Kubah juga terlihat sangat cantik saat mendekati waktu Magrib, atau jelang matahari terbenam. Dengan demikian, sambil menikmati desainnya yang unik, kamu juga bisa menikmati matahari terbenam sambil menunggu waktu berbuka puasa.


3. Masjid Permata Qolbu, Jakarta

?????Mengusung desain kontemporer, Masjid Permata Qolbu berdiri tegak di daerah Perumahan Permata Mediterania, Jakarta. Masjid ini didominasi warna putih dengan kolom-kolom besar yang menjulang ke atas dan bersekat-sekat. 

Menurut beberapa sumber, interior kolom tersebut terinspirasi dari jari-jari manusia yang sedang berdoa dan membentuk lafaz Allah pada bagian kubah. Saat malam hari, kalian juga bisa menikmati keindahan masjid ini dengan tata lampu yang cahayanya sangat indah.


4. Masjid Agung Tubaba, Lampung

Masjid terbesar di Kota Lampung ini juga sangat unik karena terapung di atas air. Tak hanya itu, masjid ini juga memiliki menara setinggi 30 meter, yang melambangkan 30 juz dalam Al-Qur'an. Adapun, dari kubah, kamu juga akan menemukan bentuk persegi lima yang melambangkan jumlah salat lima waktu.

Genhype juga bisa mengeksplorasi berbagai ornamen masjid yang ditopang 114 pilar dari beton ini dengan berbagai ornamen unik di dalamnya. Karena keunikannya inilah, Andra Matin, sang arsitek dianugerahi penghargaan tertinggi dari Venice Biennale Architecture di Venice Italia.


5. Masjid Al Jabar, Bandung

 

masjid al jabar (sumber gambar pemprov Bandung)

masjid al jabar (sumber gambar pemprov Bandung)

Masjid dengan arsitektur unik dan indah berikutnya adalah Masjid Al Jabar di Bandung. Menjadi ikon wisata religi di Bandung, keunikan masjid ini adalah tidak memiliki kubah dan tiang tengah sebagaimana umumnya masjid-masjid lain di Indonesia 

Sesuai namanya, masjid ini terinspirasi dari rumus Aljabar, sehingga memiliki ornamen yang simetris dan geometris di setiap sisinya. Mamu menampung 30.000 jamaah, masjid ini juga hanya memiliki 27 pintu yang menyimbolkan total wilayah kabupaten dan kota Bandung. 

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Film untuk Ngabuburit April 2023, Ada Super Mario  Bros & Beau is Afraid

BERIKUTNYA

Membaca Tantangan & Masa Depan Jurnalisme di Era Digital

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: