Bisnis Laundry Sepatu (sumber gambar:Unsplash/sneakers)

Ide Bisnis Laundry Sepatu, Sumber Cuan yang Cocok untuk Mahasiswa

29 March 2023   |   19:40 WIB

Like

Belajar dan menghadiri kelas merupakan hal utama bagi  mahasiswa. Tapi siapa sih yang enggak mau mendapat uang jajan tambahan dari membuka bisnis? Apalagi dengan uang tersebut, Genhype bisa membeli kebutuhan secara sendiri. Salah satu bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah bisnis laundry sepatu. 

Umumnya laundry lebih dikenal sebagai jasa pencucian pakaian. Namun kali ini, laundry bukan lagi mencuci pakaian saja melainkan juga merambah ke sepatu. Hal ini dikarenakan, sepatu menjadi salah satu kebutuhan gaya hidup kebanyakan orang untuk beraktifitas seperti sekolah, kuliah, dan bekerja atau sekedar jalan-jalan.

Baca juga: Berawal dari Tempat Sederhana, Pengusaha Laundry Ini Sukses Punya Ratusan Cabang

Seperti yang diakui oleh Alvar Pratama sebagai pemilik jasa sepatu triple_c.idn sekaligus mahasiswa di Jakarta, selain langkah yang mudah untuk memulainya, bisnis laundry sepatu juga memiliki prospek yang cerah karena setiap orang akan membutuhkan jasa ini minimal satu orang dalam satu bulan.

Alvar juga menambahkan bisnis laundry sepatu sebenarnya hanya membutuhkan modal yang sedikit, yakni untuk membeli alat dan bahan asal bisa menemukan supplier yang tepat. Apalagi bahan baku untuk cuci sepatu merupakan bahan yang tidak akan habis atau basi (kadaluarsanya lama). Berikut ini cara memulai laundry bisnis sepatu bagi mahasiswa.
 

1. Melakukan Perencanaan

Agar usaha bisnis sepatu tidak mati di tengah jalan, Genhype harus membuat rencana yang tersusun secara matang. Mulai dari menghitung modal yang dikeluarkan, cara untuk menarik perhatian konsumen, cara bersaing dengan kompetitor hingga yang berkaitan dengan bahan serta alat cuci.


2. Terus Belajar

Mencuci sepatu tidak sembarangan bisa dilakukan. Ada teknik khusus yang digunakan agar sepatu bisa kembali bersih. Jika salah melakukan teknis pencucian atau salah menggunakan jenis detergen akan berdampak pada sepatu, bahkan menyebabkan sepatu menjadi rusak.

Maka dari itu, bagi kalian yang tertarik dengan bisnis ini harus terus belajar dari ahli atau orang-orang yang memiliki pengalaman lebih banyak. Kalian bisa mengikuti kursus untuk mencuci sepatu atau memanfaatkan perkembangan zaman seperti belajar dari YouTube. 
 

3. Tentukan Target Pasar

Langkah selanjutnya adalah menentukan siapa yang menjadi target pasar dari usaha bisnis laundry yang akan dijalankan. Kalian bisa menyesuaikan dengan lokasi membuka bisnis, umur konsumen atau ditentukan dari jenis sepatu itu sendiri.  Jika sejak awal target pasar sudah jelas, maka akan mempermudah Genhype untuk melakukan bisnis ini.

Sebagai tambahan, untuk memulai bisnis tentunya perlu dilakukan beberapa cara untuk mempertahankan pelanggan agar tidak pergi ke tempat laundry lain. Yakni melakukan komunikasi secara rutin dan memberikan pelayanan yang terbaik. Apalagi jasa cuci sepatu jaman sekarang sudah menjamur.

Pemberian promosi berupa diskon dan membership juga menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk menarik minat konsumen. Cara lain menurut Associate Professor of Marketing, BINUS University, Amalia E. Maulana, Ph.D. adalah memberikan services extra bagi para konsumen dengan menomorsatukan experience dan convenience  bagi konsumen. Dengan cara itu, pelanggan akan lebih merasa senang dengan pelayanan yang didapatkan.

Baca juga: Mau Berbisnis Laundry? Ini Peluang & Perhitungan Usahanya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Sambut Hari Film Nasional, Yuk Tonton 5 Film Indonesia Hasil Remake Ikonik Ini

BERIKUTNYA

Hasil Skripsi, Kezia Kembangkan Alat Bantu Komunikasi Khusus Autisme Berbahasa Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: