Ragam sajian buka puasa khas Timur Tengah di Ramadhan Iftar Under the Stars 2023. (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Desyinta Nuraini)

Kaya Rempah, Intip 5 Sajian Buka Puasa Khas Timur Tengah

29 March 2023   |   11:12 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Menu berbuka puasa tentu berbeda di setiap negara. Jika di Indonesia biasanya umat muslim mencari kolak atau gorengan untuk membatalkan puasanya dengan segera, di Timur Tengah mungkin kalian akan menemukan Umm Ali atau kunafa sebagai pembukanya. 

Sementara untuk menu utama, orang-orang di Timur Tengah lebih suka makanan yang kaya akan rempah dan olahan kacang seperti nasi mandi atau hummus. Tentunya akan membuat sensasi berbeda di lidah Genhype ketika memakannya. 

Buat kalian yang penasaran ingin mencicipi menu berbuka puasa ala Timur Tengah, datang saja ke event Ramadhan Iftar Under the Stars 2023 di Hallf Patiunus, Jakarta. Berlangsung mulai 24 Maret sampai 24 April, pengunjung bisa mencicipi menu buka puasa khas Timur Tengah dengan suasana yang mendukung seperti berada di kota padang pasir. 

Baca juga: 3 Resep Kreasi Camilan Kue dari Sagu & Edamame untuk Menu Takjil Buka Puasa

Executive Chef Hallf Patiunus Maisa Putra mengatakan akan ada menu yang berbeda setiap pekannya. Nah untuk pekan ini, berikut menu ala Timur Tengah yang bisa kamu cicipi di Ramadhan Iftar Under the Stars 2023. 
 

1. Umm Ali

Buat kalian yang mencari kudapan manis untuk berbuka, bisa mencici Umm Ali. Dessert favorit asal Mesir ini sudah ada sejak abad ke-12 atau tepatnya era dinasti Ayyubbiyah lho, Genhype. 

Makanan ini terbuat dari puff pastry, susu, krim kental, dan kacang-kacangan. Di atasnya terkadang diberi taburan kismis, gula bubuk, dan kelapa. Chef Maisa mengatakan, kali ini dia menggunakan croissant pangang sebagai pengganti puff pastry agar ada sensasi renyah. Dia juga menambahkan rempah seperti bubuk kayu manis untuk memberikan cita rasa eksotis. 


2. Nasi Biryani 

Sebagai menu utama, kalian bisa menyendok nasi biryani yang berasal dari Persia. Nasi ini memiliki tekstur berupa butiran nasi yang lebih panjang dan memiliki warna kekuningan. 

Dalam pengolahannya, nasi biryani diberikan begitu banyak rempah khas Timur Tengah. Namun yang lebih spesial, ada penggunaan yogurt saat memasaknya.


3. Nasi Mandhi

Sebagai pilihan lain, ada Nasi Mandhi yang berasal dari selatan Jazirah Arab. Teksturnya tidak jauh berbeda dengan nasi biryani yakni ukuran berasnya yang lebih panjang dibandingkan nasi di Indonesia.

Cita rasa Nasi Mandhi lebih gurih dan penggunaan rempahnya lebih ringan. Nasi Mandhi kerap ditaburi kismis atau kurma yang membuat cita rasanya lebih menarik.


4. Chicken Korma 

Untuk lauk, ada chicken korma atau ayam kurma, sajian khas dari India Selatan. Seperti namanya, menu ini berbahan dasar ayam yang dipotong sebesar biji kurma. 

Hidangan berupa ayam yang diberi kuah kari kental ini juga memakai ragam rempah seperti kapulaga, cengkeh, kayu manis dan jintan. Tidak lupa garam masala dari India dan diberi yogurt. Cita rasanya sangat unik, walaupun tampilannya mirip gulai ayam dari Indonesia.


5. Hummus

Sajian khas Mesir ini biasanya dimakan dengan Roti Naan atau Roti Pita yang terbuat dari tepung gandum. Tekstur Hummus seperti bubur tetapi teksturnya lebih kasar dan berminyak.

Hummus dibuat dari kacang Arab yang digiling bersama wijen, air lemon, minyak zaitun, bawang putih, dan garam. Ya, hidangan ini bisa dikatakan sebagai saus cocolan yang menarik untuk lidah kamu.

Baca juga: Rekomendasi Ide & Resep 5 Kuliner Khas Ramadan, Cocok untuk Berbuka Puasa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Taeyang BIGBANG Siap Comeback April 2023, Bawakan Album Terbaru!

BERIKUTNYA

Mulai dari Chopin hingga Liberace, Yuk Kenalan dengan Pianis Terkenal di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: