Ilustrasi rapat bisnis. (Sumber gambar : Unsplash/Smartworking Coworking)

GrabForBusiness Tingkatkan Daya Saing lewat Akselerasi Digital Bisnis

28 March 2023   |   14:56 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Teknologi digital telah mengonfigurasi ulang seluruh lanskap bisnis. Digitalisasi dalam bisnis membantu meningkatkan efisiensi serta otomatisasi sehingga bisnis tumbuh menjadi lebih kompetitif dan meningkatkan efisiensi dari sisi operasional di tengah tantangan yang semakin ketat.

Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan di tengah tantangan ekonomi global, kita harus membangun ketangkasan bisnis (business agility), juga kepercayaan dan optimisme terhadap resiliensi ekonomi tanah air. Indonesia masih memiliki potensi besar dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi 5 persen pada 2023. 

Baca juga: 3 Kiat Sukses Kembangkan Toko Grosir, Pentingnya Digitalisasi hingga Support System

Fakta ini menurutnya tentu membuat banyak perusahaan mulai meninjau kembali strategi bisnis mereka. Khususnya, dalam melakukan transformasi digital untuk mendukung kebutuhan bisnis yang terus berubah di tengah disrupsi pasar dan ketidakpastian global.

“Pandemi Covid-19 membuktikan bahwa adopsi teknologi dapat mendorong perusahaan untuk memiliki keunggulan kompetitif dalam memenuhi kebutuhan pasar dan pada saat bersamaan, meningkatkan efisiensi operasional guna membangun bisnis yang berkelanjutan,” tuturnya dikut Hypeabis.id dari siaran pers, Selasa (28/3/2023).

Sebagai upaya mendukung pertumbuhan kalangan bisnis dan perusahaan, Grab lantas menghadirkan GrabForBusiness. Platform layanan terintegrasi untuk digitalisasi dan solusi bisnis ini guna mendorong efisiensi biaya, kenyamanan, transparansi, dan mendapatkan laporan komprehensif secara real-time. 
 

Ilustrasi. (Sumber foto:  Pexels/fauxels)

Ilustrasi. (Sumber foto: Pexels/fauxels)


GrabForBusiness kini semakin komprehensif dengan beragam layanan untuk perusahaan, mulai dari transportasi (GrabBike dan GrabCar), pengiriman (GrabExpress), pengantaran makanan (GrabFood), voucher hadiah digital (GrabGifts), belanja (GrabMart) dan layanan Grab lainnya (GrabMaps dan GrabAds). 

Director of GrabForBusiness, Grab Indonesia Roy Nugroho menyampaikan, misi GrabForBusiness adalah membantu perusahaan-perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan akselerasi digital (digital forward). Caranya dengan menerapkan teknologi kecerdasan buatan, IOT (Internet of Things), digitalisasi seperti Bluetooth Beacon, serta membangun teknologi GrabMaps. 

Roy menyebut saat ini, GrabForBusiness telah melayani lebih dari 8.000 pelanggan perusahaan di seluruh Indonesia.

“Melalui ajang Grab Business Forum tahun ini, perusahaan-perusahaan Indonesia diharapkan dapat memperoleh wawasan baru tentang peran digitalisasi sebagai kunci dalam meningkatkan kemampuan beradaptasi dan membangun ketangguhan bisnis di tengah ketidakpastian ekonomi global,” ujarnya.

Grab Business Forum 2023 merupakan perhelatan akbar yang menjadi ajang diskusi dan berbagi para pemimpin terkemuka dan perusahaan mengenai peran digitalisasi. Mengusung tema Digital Forward: Bracing for Market Uncertainties, forum bisnis tahunan yang telah digelar sejak 2019 ini, mengajak pembuat kebijakan, pemangku kepentingan, dan perusahaan di Indonesia untuk menentukan strategi dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global 2023. 

Tahun ini, acara yang berlangsung pada Kamis (16/3/2023), dibuka oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Kebijakan Fiskal dan Makroekonomi, Kementerian Keuangan Republik Indonesia Masyita Crystallin dan Mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia Chatib Basri.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Grab Business Forum terbagi dalam dua sesi acara yakni Executive Forum dan Business Talk bersama pemimpin industri dan bisnis, serta pelanggan perusahaan GrabForBusiness. Melalui perhelatan ini, puluhan pembicara terkemuka dari sektor pemerintahan, transportasi, teknologi, perbankan, kesehatan, hingga energi membagikan pandangan mereka tentang cara membangun ketangguhan bisnis lewat transformasi digital guna beradaptasi dengan dinamika pasar. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Gaet 2 Seniman, Synchronize Fest 2023 Luncurkan Visual Tema Bhinneka Tunggal Musik

BERIKUTNYA

Dijual 3 April, Cek Harga Tiket Konser BABYMETAL

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: