Alya Zurayya (Sumber gambar: Alya Zurayya Music)

Penyanyi Alya Zurayya Mencari Kebahagiaan dalam Single Apa Kamu Pernah Sepertiku?

28 March 2023   |   11:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Solois muda Alya Zurayya kembali merilis single anyar berjudul Apa Kamu Pernah Sepertiku?. Seperti judulnya, karya yang terbilang personal ini tercipta dari begitu banyak pertanyaan sang penyanyi untuk mencari jalan keluar atas apa yang terjadi di dalam kehidupannya.

Alya mengatakan bahwa lirik dalam lagu ini berkisah tentang awal dari fase seorang manusia di saat berhadapan dengan banyak hal yang tidak sesuai dengan apa yang direncanakannya. Hal itu pun berbuah pada sekelumit pertanyaan tentang pertanyaan akan makna kehidupan yang dijalaninya.

"Ini adalah cerita perjalananku mencari jawaban dan menyadari pentingnya mencari kebahagiaan di dalam diri sendiri,” kata penyanyi berusia 24 tahun itu.

Baca juga: Solois Idgitaf Lebih Eksplorasi Bermusik dalam Single Baru Berjudul Dermaga

Dalam menggarap lagu barunya ini, Alya turut dibantu oleh Hilmi Gantara, Yaqi dan Bayu Baidlowi untuk proses penulisan lagunya,  sementara Khalishah Isyana bersama Alya bertindak sebagai produser single ini.

Selain itu, untuk instrumen gitar diisi  oleh  Immanuel Novedo, drum oleh Filipus Cahyadi,  serta proses mixing dan mastering yang digarap  oleh Fachry Nugroho. Masih bersama orang-orang terdekat dalam menggarap karyanya,  Alya ingin single yang terasa sangat personal baginya ini menjadi salah satu karya spesialnya.
 

Diakui oleh Alya dari lima lagu yang telah ditulisnya, single Apa Kamu Pernah Sepertiku? menjadi lagu pertama yang sangat personal, dimana materinya berisikan tentang perjalanannya mengenal dirinya sendiri.

“Lagu ini terasa sangat dekat karena di fase terbenturku pada saat itu, aku seperti menemukan tombol ‘restart’ untuk pada akhirnya aku memulai kembali mencari kebahagiaan di dalam diriku sendiri,” ungkap perempuan yang juga aktif sebagai kreator konten itu.

Single ini sendiri memang sengaja diciptakan oleh Alya layaknya sedang bercerita ke sahabat-sahabatnya karena dirinya merasa apa yang dia lalui juga pernah dirasakan oleh para pendengarnya.

Itulah sebabnya, Alya berharap lagu ini bisa menjadi teman di saat para pendengar lagunya sedang berasa di fase yang sama seperti dirinya di kehidupan mereka. “Aku ingin lagu ini menjadi pengingat bahwa mereka tidak sendiri,” katanya. 

Menjadi karya personal berdasarkan kisah perjalanan kehidupannya, single ini merupakan fase awal dari cerita-cerita yang akan Alya tulis dalam karya-karya musiknya mendatang. Bahkan, selain merilis lagu, dia juga mengatakan bahwa tengah menyiapkan sejumlah proyek musik lain sepanjang tahun ini.
 

G

Alya Zurayya (Sumber gambar: Alya Zurayya Music)

Profil Alya Zurayya
Alya Nur Zurayya atau yang lebih dikenal Alya Zurayya adalah penyanyi sekaligus penulis lagu kelahiran 8 Mei 1998. Sebelum berkarier secara profesional, Alya lebih dulu dikenal sebagai kreator konten yang kerap mengunggah video cover lagu di kanal YouTube miliknya.

Dia mengawali kariernya dengan memenangkan beberapa kontes menyanyi diantaranya; HAIday 2015, iClub48 NET TV, Izzi Video Music Star dan Hijabers Singing Contest 2015. Sejak saat itu, Alya pun rutin mengunggah video cover-nya di kanal YouTube  ataupun di akun media sosial miliknya seperti Instagram.

Beberapa tahun kemudian tepatnya pada 2018, Alya mengeluarkan debut single berjudul Dengarlah Rasa yang dia ciptakan bersama Ade Avery dan Jessi Mates. Dia kembali mengeluarkan single keduanya berjudul Ruang Tanpa Rencana yang diproduksi dan diproduseri sendiri olehnya pada tahun 2019.

Pada tahun yang sama, dia juga berkesempatan berkolaborasi dengan coach menyanyinya saat mengikuti ajang bernyanyi di iClub48 NET TV yaitu Revo Marty dan merilis lagu berjudul Never Let U Go.

Tahun berikutnya tepatnya pada Juli 2020, Alya kembali merilis single ketiga sekaligus single kolaborasi bersama Immanuel Novedo dalam lagu berjudul Dua Senandika yang diadaptasi dari buku Ruang Tunggu karya Seruni Puti.

Tidak hanya di dunia musik, dia memperluas karier dan bakatnya ke dunia seni peran dengan bergabung dalam web series musikal Cerita Pulang Sekolah yang diproduseri dan diproduksi oleh Luthfi Aulia pada tahun 2019.

Baca juga: Rambah Dunia Musik, Kreator Lendra Cikicow Rilis Debut Single Jujurly

Karyanya bersama Cerita Pulang Sekolah sukses dihasilkan dalam bentuk film pendek dan mini album yang berhasil dibawa melalui roadshow ke 7 kota di Indonesia bersama RANS Entertainment dan LangitMusik bertajuk PagelaRANS. Adapun, Cerita Pulang Sekolah dapat disaksikan di kanal YouTube milik Luthfi Aulia Chandra.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Spesifikasi Lengkap Infinix Inbook X2 Gen 11, Laptop Tipis & Stylish

BERIKUTNYA

Tak Hanya Balapan, Rifat Sungkar Juga Hobi Koleksi Lego

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: