Ilustrasi bermain gim mobile (Sumber gambar: Freepik)

Daftar Aksesoris Gim, Bikin Gamer Makin Jago Bermain

24 March 2023   |   16:41 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kemudahan dan kepraktisan membuat mobile game makin populer dalam satu dekade ini. Pencinta game tak perlu repot-repot merakit personal computer (PC) dengan spesifikasi tinggi agar bisa bermain gim-gim yang seru. Cukup dengan gawai yang bisa digenggam jari, kini bermain gim terasa lebih mudah dan bisa dilakukan di mana saja.

Namun, bermain gim di gawai juga memiliki kekurangannya sendiri. Pengamat Games dari Zilbest Yabes Elia mengatakan salah satu masalah terbesar saat bermain gim di gawai ialah soal kendali permainan.

Kendali permainan di gawai terbilang kurang maksimal. Sebab, pergerakan dan manuver-manuver pemain dikendalikan langsung dari layar. Hal itu berbeda dengan game PC yang menggunakan keyboard serta mouse dan game konsol yang memakai bantuan joystick untuk menggerakkan permainan.

Baca juga: Tak Mau Kalah Saing, Ini Deretan Game Esport Lokal yang Populer

“Layar jadi punya dua fungsi di game mobile. Satu buat melihat permainan. Dua buat menggerakan permainan. Banyak masalah kemudian timbul dari sini,” ujar Yabes kepada Hypeabis, beberapa waktu lalu.

Faktor tersebut membuat pemain tidak bisa melihat permainan secara utuh karena di beberapa titik terhalang oleh jari si pemain tersebut. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan permainan, beberapa gamer biasanya memakai aksesoris tambahan.

Salah satu akseseoris gim yang populer ialah trigger L1+R1.Tombol tambahan ini biasanya digunakan untuk membantu pemain membidik dan menembak. Cara penggunaan aksesoris tambahan ini pun terbilang gampang. Aturlah terlebih dahulu posisi tombol di pengaturan dan tempatkan aksesoris L1+R1 di layar gawai sesuai dengan lokasi yang diinginkan.

Untuk versi yang lebih lengkap, pemain bisa membeli joystick tambahan. Fungsi joystick bisa dibilang lebih mumpuni. Sebab, perangkat permainan dan layar jadi terpisah. Dengan joystick, layar tidak tertutup oleh jari tangan dan pemain bisa lebih leluasa dalam bermanuver di dalam permainan gim.
 

Joystick (Sumber gambar: Freepik)

Joystick (Sumber gambar: Freepik)


Namun, bagi yang ingin lebih sederhana dan murah, biasanya banyak gamer lebih memilih menggunakan finger cots. Aksesoris ini mirip semacam sarung tangan jempol khusus game. Fungsinya adalah untuk membuat jempol jari tidak berkeringat sehingga sensitivitas layar tidak terganggu.

“Penggunaan alat pendukung tambahan juga tidak hanya dilakukan oleh gamer kasual. Pro player juga menggunakan alat pendukung tambahan, tetapi lebih simpel, seperti menabur tangan dengan bedak agar tidak berkeringat,” imbuhnya.

Tidak hanya aksesoris untuk mendukung mobilitas permainan, beberapa gamer juga biasanya memiliki alat tambahan lain untuk membuat suasana gim jadi lebih seru. Gamer biasanya memiliki tambahan audio di luar dari gawai, bisa berupa speaker tambahan atau headset. Audio tambahan tersebut berfungsi agar pemain lebih merasakan atmosfer permainan.

Selain itu, dengan kualitas audio yang lebih mumpuni, pemain akan lebih mudah berkomunikasi dengan temannya, terutama saat memainkan jenis gim beregu.

Tech Reviewer Wisnu Kumoro mengatakan aksesoris lain yang tak kalah penting bagi gamer adalah cooling fan. Kipas pendingin ini berguna untuk menurunkan suhu saat gawai dimainkan secara terus menerus.

Saat bermain gim, menjaga gawai tetap dalam keadaan dingin memang sebuah keharusan. Sebab, suhu yang normal membuat gawai bisa mempertahankan performanya dengan baik.

Selain itu, cooling fan juga bisa menghindari gawai cepat rusak. Sebab, suhu yang terlalu panas bisa mempercepat kerusakan pada bagian dalamnya.

Kemudian, aksesoris tambahan lain yang wajib dimiliki ialah power bank. Aksesoris ini bisa membantu pemain bermain gim lebih lama karena baterai tetap terisi saat sedang digunakan.

Baca juga: 10 Game Paling Dinantikan yang Rilis Maret 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Bawa Nuansa Energik, Glorious Jadi Lagu Resmi Piala Dunia U-20 Indonesia

BERIKUTNYA

Asyik, Penyanyi Rossa akan Tampil di Pertunjukan Musik Spesial Ramadan TikTok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: