Game mobile jadi sarana hiburan utama bagi banyak orang di dunia (Sumber: Pexels/RDNE Stock Project)

Daftar Game Mobile dengan Pendapatan Tertinggi 2022, Nomor 1 Bukan Genshin Impact

06 May 2023   |   19:48 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Siapa di antara Genhype yang sangat keranjingan bermain gim seluler atau game mobile? Jika sudah demikian, biasanya tak terasa kita sudah merogoh kocek dalam untuk membeli item tertentu, yang dapat meningkatkan pengalaman bermain atau sekadar memuaskan keinginan. 

Ya, tak sedikit para pemain dan pencinta gim yang menyisihkan sejumlah uang atau bahkan memiliki anggaran tertentu untuk pembelian item di dalam gim (in app purchase). Hal ini yang membuat pengembang dan penerbit judul game bisa mendapatkan keuntungan atau penghasilan. 

Baca juga: 10 Game PC & Konsol Rilis Mei 2023 yang Harus Dicoba

Nyatanya, beberapa judul game mobile bisa mendulang pendapatan yang sangat tinggi. Barangkali kalian merasa jumlah yang dikeluarkan tidak besar, sekitar Rp5.000 sampai Rp100.000 per transaksi. Namun, bayangkan jika transaksi itu rutin dilakukan dan dengan jumlah pemain yang mencapai jutaan orang. Jumlahnya tentu tidak sedikit. 

Perusahaan layanan riset, App Magic, mencatat daftar gim seluler dengan pendapatan tertinggi di dunia sepanjang 2022. Hasilnya menunjukkan bahwa empat dari lima gim teratas berhasil meraih cuan lebih dari US$1 miliar. 

Buat kalian yang penasaran judul game mobile apa saja yang punya penghasilan tertinggi tahun lalu, berikut Hypeabis.id rangkum datanya. Yuk simak, dan lihat apakah ada judul-judul gim favorit kalian dalam daftar ini. 
 

1. Honor of Kings


Gim seluler dengan pendapatan terbesar di dunia pada 2022 jatuh pada Honor of Kings. Total penghasilan yang berhasil dikumpulkan oleh gim rilisan Tencent Games itu mencapai US$1,65 miliar atau sekitar Rp24,2 triliun (dengan asumsi US$1=Rp14.600). 

Honor of Kings pertama kali dirilis pada 2015, dan menjadi sangat populer di China daratan (mainland). Gim bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) ini selama bertahun-tahun hanya tersedia untuk wilayah China saja. 

Pada Oktober 2020, sebuah adaptasi internasional gim berjudul Arena of Valor (AoV) dirilis. Gim ini menggunakan mesin gim dan desain antarmuka yang mirip, tapi memiliki desain karakter atau pahlawan yang berbeda untuk mengakomodasi kebutuhan para pemain global. Adapun, secara global, Honor of Kings, baru dirilis pada Maret 2023. 
 

2. Genshin Impact


Runner-up gim seluler dengan pendapatan tertinggi pada tahun lalu ditempati oleh Genshin Impact, yang berhasil mendulang US$1,26 miliar atau sekitar Rp18,49 triliun. Gim besutan HoYoverse (sebelumnya miHoYo) ini memang merupakan salah satu judul permainan paling gandrung saat ini. 

Permainan aksi peran (role playing game/RPG) dari perusahaan asal China itu tidak hanya berhasil mendulang pundi-pundi selangit, tapi juga banyak penghargaan. Beberapa di antaranya adalah Game of The Year TapTap Game Awards 2020, Best Mobile Game The Game Awards 2021, dan Player’s Voice The Game Awards 2022. 

Genshin Impact mengikuti kisah Traveler di dunia Teyvat. Para pemain bisa menjelajahi dunia dengan tujuh negara, yang punya elemen berbeda-beda. Tak hanya sebagai karakter utama, ada banyak karakter yang bisa didapatkan dan dimainkan para pemain di dalam gimnya. Judul ini juga tersedia di multiplatform termasuk komputer, PS4/PS5, dan Nintendo Switch. 
 

3. PUBG Mobile


Urutan ketiga gim seluler paling cuan diisi oleh judul populer battle royale, tidak lain adalah PUBG Mobile dengan pendapatan US$1,12 miliar. Tak mengherankan memang gim tersebut masuk dalam daftar ini. Pasalnya battle royale menjadi salah satu genre gim yang paling naik daun dalam beberapa waktu terakhir. 

Adapun, di antara banyaknya judul dari jenis gim ini, PUBG Mobile masih jadi favorit gamer. Gim yang dikembangkan oleh Lightspeed & Quantum Studio ini pertama kali rilis pada Maret 2018, dan merupakan adaptasi gim PUBG: Battlegrounds. Per Desember 2022, tercatat gim ini memiliki sekitar 1,3 miliar unduhan dengan total pendapatan lebih dari US$9 miliar sejak pertama kali diluncurkan. 
 

4. Candy Crush Saga


Candy Crush Saga menempati posisi keempat daftar gim seluler dengan pendapatan terbesar pada 2022. Gim ini berhasil mengumpulkan penghasilan sekitar US$1 miliar pada tahun lalu. Apakah Genhype menyangka bahwa gim kasual ini bisa berada di lima besar gim paling cuan? 

Jangan salah, jenis gim hypercasual merupakan genre paling populer atau terfavorit sepanjang 2022, berdasarkan data SensorTower. Makanya, tak mengherankan gim yang digandrungi banyak orang di genre ini bisa mendatangkan banyak uang. 

Gim yang telah berusia lebih dari 1 dekade sejak pertama kali diluncurkan pada November 2012 itu masih terus eksis hingga sekarang. Pasalnya, gim tersebut secara bertahap dirilis di berbagai negara. Sudah lebih dari 2 miliar kali gim ini diunduh dan dilaporkan memiliki jutaan pemain aktif setiap harinya. 
 

5. Roblox 


Melengkapi lima besar daftar game mobile paling cuan pada 2022 adalah gim platformer Roblox. Permainan yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Roblox Corporation itu tercatat menghasilkan pendapatan sebesar US$829,77 juta sepanjang tahun lalu. 

Roblox memang sangat booming dalam beberapa waktu terakhir, didorong oleh pandemi Covid-19. Akan tetapi, sebenarnya gim ini sudah eksis lebih dari satu dekade yang lalu. Gim pertama kali dirilis pada 2006 untuk platform komputer Windows. Gim ini makin populer sejak dirilis di perangkat seluler, pada 2012 untuk iOS dan 2014 untuk Android. 

Data statistik dari Demand Sage, menunjukkan bahwa Roblox punya lebih dari 60 juta pengguna harian pada kuartal pertama 2023. Jumlah yang sangat tinggi. Gim ini juga makin populer sejak gandrungnya istilah metaverse. Gim ini disebut-sebut sebagai wujud awal darinya, yang memungkinkan pemain memiliki berbagai aktivitas di dalam gim. 

Baca juga: Rekomendasi Game Simulator untuk PC, Sensasi Jadi Supir Truk sampai Pilot

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Menengok Kari Termahal di Dunia untuk Penobatan Raja Charles III, Berlapis Daun Emas

BERIKUTNYA

7 Fakta Penobatan Ratu Victoria, Salah Satu Penabalan Termegah di Britania Raya 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: