Ilustrasi zumba, olahraga aerobik yang digemari masyarakat dunia. (Sumber gambar : Freepik)

Denada & Asri Welas Ungkap Peluang Jadi Instruktur Zumba, Dapat Sehat & Cuan!

21 March 2023   |   12:42 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Zumba menjadi salah satu olahraga yang digemari masyarakat dunia. Tidak sekadar menjadi hobi atau aktivitas untuk mengisi waktu luang, zumba kini menjelma menjadi sebuah pilihan karier yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius.

Buat yang tertarik, kamu dapat belajar dan mendalami zumba secara profesional dengan menjadi seorang instruktur yang berlisensi. Tak terkecuali bagi para perempuan modern yang punya beragam peran dalam keluarga dan masyarakat, tetapi tetap ingin memiliki karier serta mencapai kemandirian finansial dengan cara yang sehat dan menyenangkan. 

Tidak dimungkiri, pada masa kini perempuan Indonesia sudah melek literasi keuangan dengan memanfaatkan setiap kesempatan. Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022 yang dilakukan OJK, indeks literasi keuangan perempuan di Indonesia meningkat menjadi 50,33 persen, sebelumnya pada 2019 hanya 39,94 persen. 

Baca juga: 4 Kiat Menjaga Kondisi Finansial Tetap Sehat di Tengah Ancaman Resesi

Tentu, bagi seorang perempuan, dapat mandiri secara finansial memberikan mereka kemampuan untuk menjalani kehidupan dengan caranya sendiri. Bagi perempuan yang belum maupun sudah berkeluarga, berada pada posisi mandiri secara finansial akan memberikan ruang untuk dapat bereksplorasi dengan bebas. 

Untuk dapat mewujudkan kemandirian finansial, perempuan perlu dibekali dengan pengetahuan yang mumpuni terkait finansial, salah satunya melalui perencanaan keuangan yang matang. Professional Financial Planner, Wulan Siahaan, mengatakan hal utama yang perlu disadari dalam membuat perencanaan keuangan adalah mampu mengelola uang dengan bijaksana dengan memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. 

“Selain itu, tetapkan tujuan finansial dan biasakan untuk membuat anggaran agar Anda dapat mengontrol pengeluaran serta pemasukan,” ujar Wulan dalam keterangan tertulis dikutip Hypeabis.id, Selasa (21/3/2023).

Tak hanya perencanaan keuangan yang matang, menurut Denada Tambunan, penyanyi dan duta merek Zumba untuk Indonesia, memiliki penghasilan tambahan pun berperan penting dalam mewujudkan kebebasan finansial bagi perempuan.

“Menjadi seorang ibu tunggal memberikan banyak pengalaman menakjubkan bagiku, aku harus bisa memenuhi kebutuhan diriku sendiri, anak, dan juga keluarga,” tuturnya.

Dia bercerita, pada masa pandemi, penghasilan utama dari dunia hiburan tidak dapat menutupi seluruh kebutuhannya dan sang buah hati. Hal ini membuat Denada menyadari betapa pentingnya memiliki lebih dari satu sumber penghasilan. 

Melihat peluang, anak penyanyi kondang Emilia Contessa ini memilih untuk memulai karir menjadi instruktur zumba berlisensi sebagai sumber penghasilan tambahan. “And, it works! Tidak hanya menjadi sumber penghasilan tambahan, berawal dari instruktur zumba ini juga aku bisa membuat usaha baru, yaitu studio olahraga,” ungkap Denada.

Tidak hanya menjadi sumber penghasilan, berkarier sebagai instruktur zumba juga membantu tubuh dan mental menjadi lebih sehat sekaligus menyehatkan banyak orang di waktu bersamaan. Seperti yang diasampaikan Asri Welas bahwa kariernya sebagai instruktur zumba berawal dari niat untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. 

“Berkat zumba aku berhasil menurunkan hingga 35 kilogram dan hal ini mengembalikan kepercayaan diriku,” sebutnya.

Tidak hanya itu, dalam setiap sesi kelas, Asri mengaku merasakan atmosfer bahagia yang dipancarkan oleh instruktur dan setiap anggota kelas, yang turut memberikan efek positif bagi dirinya. “Dua hal inilah yang awalnya membuatku tertarik untuk mempelajari zumba secara lebih dalam dengan menjadi seorang instruktur,” ujarnya. 

Sebagian orang mungkin menganggap menjadi instruktur zumba merupakan hal yang mudah dan tidak memerlukan usaha yang besar. Namun, seperti pekerjaan lainnya, menjadi instruktur zumba yang sukses membutuhkan dedikasi dan usaha. Kamu juga harus menginvestasikan waktu untuk terus belajar. 

“Kami harus terus berlatih gerakan dan lagu baru untuk dibawakan di dalam kelas. Kami juga perlu memiliki kemampuan untuk membangun atmosfer bahagia ketika mengajar,” tambah Denada. 

Baca juga: Zumba Makin Diminati, Bikin Badan Sehat & Bugar dengan Menari

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

SEBELUMNYA

Bisnis Indonesia Raih 5 Penghargaan Bergengsi di SPS Awards 2023

BERIKUTNYA

Grup Musik Reality Club Rilis Single Desire, Sekuel Lagu Dancing in The Breeze Alone

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: