Ilustrasi zumba (Sumber gambar: Kate Trysh/Pexels)

Zumba Makin Diminati, Bikin Badan Sehat & Bugar dengan Menari

27 February 2023   |   11:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Menari adalah seni gerakan ekspresif yang bisa memberikan kebahagiaan. Pentingnya olahraga sambil bersenang-senang, zumba hadir dengan mengombinasikan gerakan kardio dengan tarian. Menari bukan hanya dilihat sebagai olahraga, tetapi juga bentuk dari mengekspresikan diri.

Menggerakkan badan mengikuti ritme dan alunan musik dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati. Telah lama zumba membantu banyak orang untuk hidup lebih sehat dengan menari. Dengan zumba, orang-orang merasakan manfaat bukan hanya kesehatan fisik tapi juga kestabilan emosi dan kepercayaan diri.

Seperti yang dialami Evelyn Liem, pencinta zumba yang telah menggeluti olahraga ini selama 8 tahun. Dia mengaku seperti menemukan rumah kedua saat dunia seakan runtuh, ketika dirinya didiagnosa terkena kanker.

Baca juga: Menari Sembari Olahraga, Ini Manfaat & Asyiknya Zumba

Baginya, zumba memberikan harapan dan kekuatan untuk terus menjalani hidup karena dia mengaku menemukan kebahagiaan dari kegiatan menari. "Saya sangat bersyukur bertemu dengan teman-teman yang memberi energi positif untuk kesembuhan saya,” katanya.

Zumba merupakan latihan fisik yang memadukan kombinasi tari Latin dan gerakan aerobik yang menyenangkan. Trainer Zumba, Nadya Putriani menjelaskan dalam satu sesi zumba, terdapat beberapa koreografi dan formasi yang harus dimasukkan dalam setiap lagu. Hal inilah yang membuat zumba dapat dikategorikan sebagai workout.

"Zumba itu 70% menari dan 30% fitness, jadi kita harus memasukkan sisi fitness-nya seperti jump squat, jump landed, atau olahraga HIIT [high intensity interval training]," jelasnya.

 

Ilustrasi zumba (Sumber gambar: Danielle Cerullo/Unsplash)

Ilustrasi zumba (Sumber gambar: Danielle Cerullo/Unsplash)


Olahraga yang Menyenangkan

Dia mengatakan minat masyarakat terhadap zumba saat ini cukup besar terlebih bagi mereka yang baru mulai berolahraga. Bagi pemula, olahraga ini kerap dipilih karena terasa menyenangkan lantaran dilakukan secara berkelompok dengan gerakan-gerakan tarian mengikuti irama lagu.

Terlebih, dalam tiap sesi latihan zumba, biasanya lagu yang diputar begitupun gerakannya akan berbeda-beda. Hal ini membuat banyak orang cenderung tidak merasa bosan untuk berolahraga zumba. "Jadi lebih terasa menyenangkannya ketimbang olahraganya. Tau-tau badan kebentuk, berat badan turun atau lingkar pinggang kecil," katanya.

Sebagai jenis olahraga, zumba terbilang fleksibel untuk diikuti oleh siapapun. Sebab, ada beragam jenis zumba yang bisa dilakukan sesuai dengan kondisi fisik dan usia seseorang mulai dari zumba kids untuk anak-anak, zumba toning dan step untuk pembentukan tubuh, hingga zumba gold untuk kalangan lansia.

Begitupun dengan waktu zumba. Nadya mengatakan sebenarnya tidak ada waktu khusus dalam melakukan zumba karena yang terpenting adalah berolahraga dengan senang dan dalam kondisi energi yang baik, serta konsisten untuk menjalaninya. Sebaliknya, jika berolahraga saat kondisi tubuh sedang kurang fit atau lelah, tidak akan mendapatkan hasil maksimal bahkan bisa cedera.

"Tapi kalau saya pribadi biasanya olahraga pagi, karena bikin mood dalam keseharian itu lebih bagus dan badan juga terasa lebih segar," imbuh perempuan yang juga menggeluti olahraga lari ini.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan olahraga zumba, utamanya adalah untuk kesehatan jantung. Semakin cepat seseorang menari, semakin cepat pula jantungnya berdetak sehingga menjadikannya lebih kuat dan sehat. Selain itu, zumba juga dinilai bisa melancarkan aliran darah, kesehatan mental, termasuk peningkatan keseimbangan dan koordinasi.

"Karena zumba itu koreografi dan ada formasinya, jadi lebih menuntut koordinasi antara otak kiri dan otak kanan. Kita harus fokus melihat instruktur tetapi indera seperti tangan dan kaki juga mesti sinkron," ujarnya.

Nadya menambahkan kini zumba juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah berbekal dengan video-video latihan dari sejumlah instruktur yang ada di YouTube. Meski demikian, katanya, latihan zumba akan tetap terasa maksimal jika dilakukan secara berkelompok sehingga bisa mendapatkan atmosfer yang lebih menyenangkan.

Adapun, sebelum mulai olahraga zumba, pastikan bahwa pakaian dan sepatu yang digunakan telah sesuai untuk menghindari cedera. Dia merekomendasikan pakailah baju dryfit yang menyerap keringat dengan sepatu training agar olahraga lebih nyaman dan aman.

Baca juga: Inilah 5 Tips Buat Pemula yang Ingin Zumba

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Kesadaran Pentingnya Kekayaan Intelektual Masih Rendah, Tak Capai 30 Persen

BERIKUTNYA

Netflix Luncurkan Trailer Serial Dokumenter MH370: The Plane That Disappeared

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: