Sapardi Djoko Damono. (Sumber: Instagram resmi Sapardi Djoko Damono)

4 Buku Puisi Terbaik Karya Sapardi Djoko Damono yang Harus Dibaca Anak Muda

20 March 2023   |   21:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Berbicara tentang puisi, para pencinta sastra di dalam negeri akan langsung tertuju kepada penyair Sapardi Djoko Damono. Seniman kelahiran Solo pada 1940 silam itu telah menghasilkan beragam karya yang luar biasa. Karya-karyanya tercatat telah dialihbahasakan ke sejumlah bahasa asing lainnya.

Tidak hanya itu, beberapa seniman di dalam negeri juga menjadikan karya-karya puisinya sebagai lirik lagu yang sangat indah. Salah satu puisi yang dialihwahanakan menjadi lagu adalah Hujan Bulan Juni. Karya puisi yang sangat fenomenal dari sang seniman dijadikan lirik lagu oleh grup musik Dua Ibu.

Baca juga: Siapa Sapardi Djoko Damono? Sosok yang Jadi Google Doodle

Selain sebagai seorang penyair, dia juga seorang dosen, pengamat sastra, kritikus sastra, dan sebagainya. Dia pernah memperdalam pengetahuan tentang humanities di University of Hawaii, Amerika Serikat, pada 1970—1971.

Dia juga memperoleh gelar doktor dalam ilmu sastra dengan disertasi yang berjudul "Novel Jawa Tahun 1950-an: Telaah Fungsi, Isi, dan Struktur" pada 1989. Sapardi juga mengikuti sejumlah pertemuan internasional guna mendukung perkembangan karirnya sebagai seorang sastrawan.

Contoh pertemuan itu adalah Translation Workshop dan Poetry International, Rotterdam, Belanda pada 1971, Bienale International de Poesie di Knokke-Heusit, Belgia, pada 1978, dan Seminar on Literature and Social Change in Asia di Australia National University, Camberra, pada 1978.

Tutup usia pada 2020 silam di RS Eka Hospital, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, sang sastrawan juga tercatat telah menghasilkan sejumlah buku. Berikut buku terbaik dari sang maestro versi Hypeabis.id yang dirangkum dari berbagai sumber:


1. Hujan Bulan Juni

Buku berjudul Hujan Bulan Juni merupakan karya yang paling fenomenal dari sang seniman. Karya dengan judul ini terdapat dua versi, yakni kumpulan puisi dan novel.

Buku Hujan Bulan Juni berupa kumpulan puisi diterbitkan oleh Grasindo pada 1994 silam dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, yakni Arab, Jepang, Inggris, dan Mandarin. Sementara karya berupa novel rilis pada 2015 melalui penerbit Gramedia Pustaka. Novel yang memiliki 135 halaman itu bercerita tentang kisah cinta antara seorang lelaki bernama Sarwono dengan gadis yang memiliki nama Pingkan.


2. Pingkan Melipat Jarak

Buku kedua dari sang seniman yang tidak boleh dilewatkan adalah Pingkan Melipat Jarak yang merupakan edisi kedua dari trilogi Hujan Bulan Juni. Rilis pada 2017 atau dua tahun setelah yang pertama, karya ini memiliki 131 halaman.

Buku ini masih bercerita tentang kisah cinta antara Pingkan dengan Sarwono. Dia menyajikan bagaimana rasa cinta yang begitu rumit, ingin menyembuhkan, memiliki, dan identitas diri.


3. Yang Fana Adalah Waktu

Buku selanjutnya adalah berjudul Yang Fana Adalah Waktu. Karya ini merupakan edisi terakhir dalam trilogi Hujan Bulan Juni. Karya sang maestro ini bercerita tentang akhir kisah cinta Sarwono dan Pingkan yang penuh dengan tantangan.

Melalui buku ini dan Hujan Bulan Juni, sang penyair memperoleh penghargaan Anugerah Buku ASEAN 2018. Sapardi mendapatkan penghargaan tersebut di Kuala Lumpur International Book Fair, Kuala Lumpur, Malaysia.


4. Duka-Mu Abadi

Buku ini menjadi salah satu buku yang harus dimiliki oleh para pencinta puisi lantaran berupa kumpulan karya dari sang seniman dari 1967 sampai 1968. Total terdapat 43 puisi yang dapat dinikmati oleh para pembaca di dalamnya.

Baca juga: Melihat Perjalanan Penyair Sapardi Djoko Damono di Pameran Urban Masters

Penerbit buku ini adalah pustaka Jaya pada 1975 dengan jumlah halaman sebanyak 52. Pelukis Jeihan disebut sebagai orang yang mengumpulkan puisi sang sastrawan yang berada di media.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Keren, Kain Ulos Dipamerkan pada Ajang Global Indigenous Runway 2023 di Australia

BERIKUTNYA

WNI Curhat Kirim Piala Hasil Kompetisi Dipajaki Rp4 Juta, Cek Aturan Barang dari Luar Negeri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: