Ilustrasi konten kreator (Sumber gambar: Mart Production/Pexels)

Raup Cuan Jutaan Rupiah dari Rumah, Simak Kisah Sukses Ibu Rumah Tangga Ini Jadi Kreator Konten

20 March 2023   |   08:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ibu rumah tangga memiliki peran penting di kehidupan keluarga dalam mengurus anak, suami dan pekerjaan rumah. Namun, peran ini kerap kali membuat mereka harus memutuskan untuk berhenti bekerja. Padahal, tak sedikit dari mereka yang berkeinginan untuk tetap bisa berdaya dan tetap membantu kebutuhan keluarga.

Melalui kemajuan teknologi digital, kesempatan untuk berkarya dan mewujudkan mimpi besarnya dari rumah jadi terbuka luas. Hal ini pun dirasakan oleh Bunga Deviani (30), seorang ibu rumah yang tergabung dalam affiliates program dari salah satu ecommerce di Indonesia.

Baca juga: Pengusaha Kuliner Ini Sukses Raup Cuan dan Berdayakan Perempuan dalam Berbisnis

Bergabung sejak September 2021 lalu, Bunga kerap membagikan rekomendasi untuk produk-produk ibu dan anak yang sering dia beli di ecommerce dan dikemas dengan konsep yang menarik hingga disukai oleh banyak orang. 

Menjadi seorang ibu rumah tangga membawa sukacita sekaligus kekhawatiran bagi Bunga. Di satu sisi, dia memang memiliki waktu lebih bersama keluarga. Namun di sisi lain, ada keinginan untuk memiliki penghasilan sendiri. Dia tidak ingin hanya bergantung dari pemasukan suami yang saat ini memiliki usaha sendiri.

Sadar bahwa dia butuh kegiatan sampingan yang lebih fleksibel, Bunga akhirnya mendaftarkan diri ke affiliates program. Tanpa disangka, ternyata penghasilan yang Bunga dapatkan bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan untuk dirinya, namun bisa membantu keuangan keluarga.

Melihat peluang untuk terus meningkatkan pendapatan dari program ini membuat Bunga semakin semangat dan fokus untuk berkembang serta menciptakan konten-konten yang semakin menarik.

"Awalnya teman cerita soal program afiliasi yang katanya pendapatannya lumayan. Namun karena aku orangnya gaptek jadi sempat ragu untuk mencari informasi lebih jauh," kata Bunga.

Seiring berjalannya waktu, teman-teman Bunga yang kebanyakan juga ibu-ibu muda banyak membuat konten dan diunggah ke media sosial mereka. Hal inilah yang mendorongnya tertarik untuk mulai membuat konten, mulai dari membagikan foto barang yang ada di rumah, hingga membuat konten review produk yang dibelinya sendiri dan sering dipakai sehari-hari.

Dengan rajin membuat konten inspiratif seputar rekomendasi produk, Bunga mengaku bisa mendapatkan komisi hingga jutaan rupiah yang bisa membantunya memenuhi kebutuhan, baik keperluan harian hingga tabungan pendidikan di masa mendatang.
 

Bunga Deviani (Sumber gambar: Shopee)

Bunga Deviani (Sumber gambar: Shopee)

Inovasi Konten

Saat ini, banyak konten di media sosial mengenai tips dan informasi parenting yang dibahas oleh para ibu dan sangat membantu Bunga untuk belajar sebagai ibu baru. Hal inilah yang menginspirasi Bunga untuk membuat konten serupa. Setelah satu tahun berkecimpung dalam program affiliates, Bunga terus mencari ide untuk membuat konten yang kreatif dan menarik, mulai dari konsep dan tema yang disukai penonton.

Berbagi tips dan review produk anak seperti mainan lucu dan unik, pakaian anak, rekomendasi tempat-tempat menarik yang kids friendly, hingga berbagi barang esensial yang dia pakai di rumah. Antusiasme dan respon penonton akan konten #RacunMamaNicky yang besar membuatnya bersemangat untuk membuat konten lebih sering lagi.

Bunga terus mencatat jumlah komisi yang didapat setiap bulannya sebagai affiliate dan menyadari bahwa penghasilan bulanannya bisa mencukupi kebutuhan keluarga dari mulai cicilan hingga membantu orang tua melunasi hutang.

Pendapatan yang terus meningkat membuat Bunga memilih fokus menjadi kreator kontern sambil tetap menemani anaknya dari rumah. Selain itu, untuk menambah pengalaman, Bunga juga berpartisipasi dalam Shopee Affiliates Journey Competition dan berhasil terpilih menjadi salah satu pemenang. Hal ini membuktikan konten yang dia buat diterima dan menginspirasi banyak orang. 

"Tentu mencapai di posisi ini bukan perjalanan singkat dan instan, karena masih banyak yang harus aku kembangkan dan pelajari dari sisi konten," ujarnya.

Menurut Bunga, semakin fokus membuat strategi konten yang menarik, akan membuat komisi yang didapatkan juga meningkat. Dia pun berharap program ini dapat dimanfaatkan khususnya bagi para ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan dan tetap berkreasi dari rumah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Mantap Berkarier secara Independen, Sheryl Sheinafia Merilis Single Situationship

BERIKUTNYA

Deretan Kostum Cantik Taylor Swift di Eras Tour, Kamu Suka yang Mana?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: