Grup musik Slipnknot bakal tampil di panggung Hammersonic Festival 2023 (Sumber gambar: Slipknot)

Tampil di Hammersonic Festival 2023, Ini Daftar Lagu Terbaik Slipknot

19 March 2023   |   15:38 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Slipknot bakal mengguncang panggung Carnaval Ancol hari ini, Minggu (19/3/2023). Grup musik cadas asal Des Moines, Iowa, Amerika Serikat ini untuk pertama kalinya datang ke Indonesia dalam gelaran Hammersonic Festival 2023. Band itu bakal jadi penampil utama festival, yang dijadwalkan mulai manggung pada tengah malam nanti. 

Penggemar band ikonik yang selalu memakai topeng unik ini pastinya tidak mau melewatkan momen untuk bernyanyi bersama Corey Taylor. Namun sebelum konser dimulai, sebaiknya kamu hafal beberapa hit yang mungkin akan dibawakan Slipknot nanti. Jangan sampai ketika menonton kamu hanya terdiam bingung di tengah penonton yang ikut bernyanyi ya.

Berkarier hampir 30 tahun, Slipknot diketahui memiliki sejumlah hits yang menarik perhatian penggemar. Berikut beberapa hits terbaik Slipknot menurut penggemar hingga kritikus musik. 

Baca juga: 6 Fakta yang Wajib Kalian Ketahui Tentang Slipknot, dari Sejarah hingga Topeng & Genre
 

1. Duality


Duality menjadi salah satu lagu hard-rock paling menggetarkan pada abad 21 dan menjadi lagu Slipknot paling sukses sepanjang masa serta kerap masuk ke dalam setlist ketika mereka tampil. Mengutip pendapat para kritikus musik di Billboard, lagu ini sarat dengan gitar grindcore yang menggelegar, perkusi yang eksplosif, dan permainan keyboard yang apik. 

Lagu yang masuk dalam album Vol. 3: (The Subliminal Verses) ini merupakan curahan hati sang vokalis yang diliputi frustrasi di tengah kekacauan yang dihadapi Slipknot dalam beberapa tahun terakhir. Tekanan dari tur dan konflik antar pribadi yang menyakitkan pasca rilis Iowa menjadi nafas dari lagu ini. Namun semua mereda ketika mereka menemukan kecintaan kembali pada musik.
 

2. Wait and Bleed


Wait and Bleed merupakan single pertama dari album pertama. Ini juga menjadi lagu Slipknot pertama yang mendapatkan daya tarik di radio rock. Paduan suara Taylor menghipnotis, terjepit erat di antara syair teriakan yang diumumkan ke dunia rock. 

Lagu ini mengisahkan tentang seorang pria yang terus mengalami mimpi buruk berupa bunuh diri yang berulang. Mimpi berbaring di bak mandi yang penuh dengan darah dari pergelangan tangannya sendiri. Mimpi itu pun menjadi kenyataan tetapi pria itu tidak mau percaya dan mencoba tertidur kembali. Wait and Bleed menggambarkan sedikit relaksasi dengan cara yang suram. 
 

3. People=Shit


Masuk ke dalam album Iowa yang rilis pada 2001, lagu ini membawa pesan bahwa umat manusia hanya menghabiskan kesenangan dalam hidup dan berpura-pura menjdi orang lain. Liriknya cukup lugas. Slipknot mengungkapkan ketidakpuasan mereka dengan dunia modern yang penuh keegoisan dan orang hanya peduli diri sendiri. 

Slipknot menyampaikan banyak orang-orang yang berfokus pada hal-hal dangkal. Musik dan liriknya saling melengkapi, seolah-olah ditulis bersama dengan ide keseluruhan yang sama tentang betapa buruknya hal-hal buruk yang bisa terjadi pada kita, manusia.
 

4. Psychosocial


Dirilis pada 2008, lagu ini diciptakan sang basis Paul (Gray). Mirip dengan Duality, Psychosocial merupakan cerminan dari perasaan yang campur aduk. Psychosocial juga menggambarkan kebencian Slipknot akan korupnya pemerintahan dan pemberontakan demi kepentingan mereka sendiri. Liriknya juga mengungkapkan perilaku manusia yang kejam, sering membunuh, berkhianat, dan tidak bermoral. 
 

5. Before I Forget


Lagu yang mengantarkan Slipknot memenangkan Grammy itu berisi lantunan riff meatgrinder yang khas. Before I Forget direkam pada 2003 dan dirilis 2004 pada album Vol. 3: The Subliminal Verses. Mengambil riff dari demo 1997, band ini menciptakan paduan suara dan jembatan baru untuk lagu tersebut. Gaya diubah, tempo ditingkatkan, lebih banyak melodi ditambahkan, dan gaya vokal menjadi sangat berbeda.

Mengutip Ultimate, lirik Before I Forget sepenuhnya ditulis ulang Corey Taylor. Dia mengungkapkan lagu ini tentang mempertahankan posisi dan memutuskan untuk menjadi orang baik, tidak peduli apa kata orang. Bagian akhir dari lagu menampilkan kata "Slipknot" dalam kode Morse. 

Baca juga: Cek 5 Fakta Unik Hammersonic 2023, Konser Musik Metal Terbesar di Asia Tenggara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hypereport: Hidup Guyub dan Rukun di Perantauan

BERIKUTNYA

Hypereport: Kisah Perantau dari Dua Generasi yang Menginspirasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: