Ilustrasi festival musik (sumber gambar Unsplash/ Abigail Lynn)

Cek 5 Fakta Unik Hammersonic 2023, Konser Musik Metal Terbesar di Asia Tenggara

14 March 2023   |   15:10 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kabar gembira kembali menyapa pencinta musik di Indonesia tahun ini. Pasalnya festival Hammersonic akan digelar di Pantai Carnaval Ancol pada 18-19 Maret 2023. Tidak tanggung-tanggung, total ada puluhan grup musik yang tampil untuk memeriahkan acara tersebut. 

Hammersonic merupakan festival musik tahunan yang menjadi bagian dari musik Indonesia. Festival ini populer karena menghadirkan sederet artis lokal dan internasional dengan basis penggemarnya yang kuat dan atmosfer konser yang penuh energi. 

Dihelat di Jakarta sejak 2012, Hammersonic menampilkan berbagai genre musik seperti metal, punk, rok, hingga elektronik. Para penggemar musik dari segala usia dan latar belakang datang untuk menyaksikan band-band ternama seperti Asking Alexandria, Megadeth, hingga Lamb of God.  

Namun, Hammersonic tak hanya menyuguhkan deretan artis internasional, festival ini juga memberi panggung bagi musisi lokal untuk menunjukkan bakat mereka di depan penonton. Beberapa di antaranya yang pernah tampil termasuk seringai, Straight Out, Burgerkill, hingga Deadsquad.

Baca juga: Daftar Konser Maret 2023, Dari BLACKPINK Hingga Kings of Convenience
 
 

Menjadi salah satu festival musik terbesar di Asia Tenggara, Hammersonic memang selalu dinanti-nanti di kalender musik Tanah Air. Pasalnya, selain menjadi ajang bertemunya musik dari berbagai genre, festival ini juga memainkan peran penting dalam menggenjot industri musik di dalam negeri.

Dilansir dari media sosial Hammersonic, tajuk yang diangkat  pada 2023 ini adalah Rise of the Empire. Adapun, beberapa grup musik yang akan memeriahkan festival itu juga populer di lingkup nasional dan internasional, mulai dari genre rok, metal, hingga punk.

Beberapa di antaranya adalah Slipknot, Amon Amarth, Trivium, Story of the Year, Black Flag, Saosin, Born of Osiris, dan masih banyak lagi. Sedangkan dari kancah nasional Hammersonic turut menampilkan Jeruji, Muntah Kawat, Revenge The Fate, Deadsquad, dan masih banyak lagi. 

Nah, sebelum Hammerhead - sebutan fan Hammersonic- menyaksikan aksi panggung artis pujaan, yuk simak deretan fakta unik festival Hammersonic 2023 yang tinggal menghitung hari dalam ulasan berikut. 
 

1. Sempat Ditunda Akibat Pandemi

Festival Hammersonic 2023 merupakan kemunculan kembali festival ini setelah mengalami penundaan selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Sejatinya, acara ini dijadwalkan dihelat pada 27 Maret 2020 dengan menampilkan line-up band yang serupa pada 2023.
 

2. Slipknot Jadi Penampil Utama 

Para Maggots, sebutan fans Slipknot patut berbangga diri, pasalnya band heavy metal asal Amerika Serikat itu bakal menjadi penampil utama Hammersonic tahun ini. Selain itu, gelaran ini juga menjadi satu-satunya penampilan Slipknot di Asia Tenggara dalam waktu dekat ini. 

Diketahui, band yang digawangi Des Mones itu memiliki beberapa jadwal tur di Asia Tenggara, termasuk Singapura dan Filipina. Namun, mereka telah membatalkan panggungnya di dua negara tersebut, tapi tetap mempertahankan jadwal tampilnya di Indonesia. 
 

3. Pengamanan Level Marinir AS

Sebagai band cadas yang sering tampil dengan aksi bernuansa keras, Slipknot ternyata tetap memperhatikan segi keamanan penampilan mereka di atas panggung. Tak tanggung-tanggung mereka disebut membawa ratusan kru selevel marinir Amerika Serikat untuk keamanan acara.

Dede Rianta selaku representatif Hammersonic Festival 2023, dikutip dari siaran tertulis, menyebutkan untuk kebutuhan rider, pihak Slipknot bakal membawa 140 orang, yang sebagian di antaranya merupakan US Marine untuk kru dan keamanan panggung mereka. 
 

4. Ada Penghargaan Metal Awards

Selain menjadi festival musik, Hammersonic juga menjadi ajang penghargaan bagi musisi-musisi cadas di Tanah Air lewat rangkaian acara Hammersonic Metal Awards. Tak hanya itu, rangkaian acara tersebut juga dirangkum menjadi satu dalam tajuk acara Hammersonic Convention. 
 
 

Adapun, pengumuman dari penghargaan ini akan dibacakan pada 18 Maret 2023, atau hari pertama gelaran Hammersonic. Acara tersebut juga bakal dimeriahkan dengan penampilan band metal internasional serta nasional, seperti Violence, Burgerkill, Rocket Rockers, dan Saint Loco. 
 

5. Tampilkan 53 Band Terkenal

Hammersonic 2023 akan menghadirkan total 53 penampil dalam 2 hari festival. Di antaranya yaitu Slipknot, Watain, Trivium, Saosin, Amon Amarth hingga Tiny Moving Parts. Sedangkan dari dalam negeri, termasuk Rocket Rockers, Burgerkill, Deadsquad, St. Loco, dan masih banyak lagi.

Uniknya, Hammersonic tahun juga menghadirkan panggung stand up comedy, meski belum ada informasi komika siapa saja yang akan tampil di sana. Selain itu, festival ini juga diramaikan dengan agenda lain seperti Hammersonic Meet & Greet, Hammersonic Awards serta Hammersonic Talks. 

Baca juga: Post Concert Depression, Ketika Sedih Melanda setelah Nonton Konser

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Tinkerlust, Platform Jual Beli Produk Preloved Fashion Kini Punya Aplikasi Mobile

BERIKUTNYA

Jadi Pembuka Album Kedua, Hindia Merilis Single Janji Palsu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: