Ilustrasi tidur. (Sumber gambar: Unsplash/Bruce Mars)

Hari Tidur Sedunia 17 Maret 2023: Sejarah, Tema & Cara Merayakannya

17 March 2023   |   13:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Hari Tidur Sedunia atau World Sleep Day diperingati pada 17 Maret 2023. Peringatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya tidur bagi kesehatan, serta kewaspadaan terhadap gangguan tidur yang dapat terjadi pada siapa saja.

Tidur merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Tidur merupakan momen istirahat yang dialami tubuh dan membantu pikiran untuk mengisi kembali energi sembari mengistirahatkan gerakan otot dan bagian tubuh lain.

Baca juga: 5 Fakta Junk Sleep, Pola Tidur yang Buruk & Cara Mencegahnya

Selain berpengaruh pada fisik, tidur juga memiliki keterkaitan dengan kondisi mental. Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kondisi psikologis. Tak ayal, kebutuhan untuk tidur pun telah menjadi fakta bahwa aktivitas ini memainkan peran penting pada kesehatan fisik dan mental seseorang.
 
 


Sejarah Hari Tidur Sedunia

Peringatan Hari Tidur Sedunia pertama kali dirayakan pada 14 Maret 2008. Peringatan ini awalnya dicetuskan oleh sekelompok penyedia layanan kesehatan dan anggota komunitas medis yang mempelajari masalah berkaitan dengan aktivitas tidur.

Para peneliti waktu itu tidak setuju dengan anggapan bahwa aktivitas tidur dianggap bukan hal penting dan harus diluruskan dari sudut pandang medis. Oleh karena itu, mereka mengkampanyekan bahwa tidur perlu diprioritaskan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan seseorang. 

Setiap tahunnya, Hari Tidur sedunia diselenggarakan oleh organisasi nirlaba asal Amerika serikat, World Sleep Society (WWS). Saat ini, WWS juga telah memiliki keanggotaan global yang mencakup lebih dari 80 negara di dunia. 

Kendati begitu, pelaksanaan Hari Tidur Sedunia tidak diperingati pada tanggal yang tetap. Perayaan ini biasanya dilakukan pada hari Jumat sebelum jatuhnya Spring Vernal Equinox setiap tahunnya yang terjadi akibat perputaran bumi mengelilingi matahari.

Adapun, Vernal equinox adalah momen saat matahari berada tepat di atas garis katulistiwa yang menjadikan siang dan malam memiliki lama waktu yang sama. Momen inilah yang juga menandai dimulainya musim semi di negara-negara dengan empat musim.


Tema Hari Tidur Sedunia 2023 & Cara Merayakannya

Tahun ini, Hari Tidur Sedunia mengambil tema Tidur Penting untuk Kesehatan (Sleep is Essential for Health). Tajuk tersebut diambil karena kualitas tidur yang baik merupakan pondasi tak hanya dari dari kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental serta batin. 

Berbagai cara dapat dilakukan untuk memperingati Hari Tidur Sedunia. Salah satunya dengan mengingat kembali ritme tidur kalian beberapa waktu ke belakang untuk mendapatkan gambaran tentang kebiasaan tidur. Selain itu, World Sleep Day dapat diperingati dengan cara-cara berikut.


1. Lakukan Pola Tidur yang Sehat

Laman Lumina menuliskan, pola tidur seseorang mungkin memerlukan sedikit lebih banyak perhatian dan perawatan dengan menjaga kebiasaan tidur yang sehat. Termasuk menjaga kebersihan tubuh dengan  membersihkan diri sebelum tidur atau menyikat gigi.

Pasalnya, dengan mempraktikkan sleep hygiene dan rutinitas yang sehat sebelum tidur, memungkinkan otak dan tubuh kalian dapat beristirahat lebih maksimal. Sehingga saat bangun, kalian dapat kembali beraktivitas dengan penuh energi.


2. Luangkan Waktu Sejenak untuk Tidur Siang

Kendati dilakukan hanya dalam hitungan menit, tidur siang  juga terbukti ampuh untuk memulihkan energi di sela-sela aktivitas kerja yang padat. Tidur siang selama 20 menit saat istirahat atau setelah makan siang juga dapat membuat tubuh lebih segar dan bugar. 


3. Menjadi Relawan di Hari Tidur Sedunia

Jika kamu tertarik untuk mendukung kegiatan tahunan ini, maka bisa menjadi relawan saat peringatan Hari Tidur Sedunia dilangsungkan. Salah satunya dengan memberikan berbagai informasi mengenai pentingnya tidur bagi kesehatan mental dan fisik seseorang.

Nah, itulah dia Genhype sejarah Hari Tidur Sedunia dan cara merayakannya. Apakah sudah cukup tidur kamu hari ini?

Baca juga: Tips Tertidur Pulas ala Militer, Tertarik Mencoba?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

WayZenNi Merapat, Cek Harga & Benefit Tiket WayV Fanmeeting Tour Phantom di Jakarta

BERIKUTNYA

Rendezvous, Game Cyberpunk Lokal Berlatar Neo-Surabaya Siap Rilis 11 April 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: