Ilustrasi tidur. (Dok. Gregory Pappas dari Unsplash)

Ikuti 12 Tips Mudah Ini Buat Kamu yang Sulit Tidur

02 July 2021   |   21:13 WIB

Kesulitan untuk tertidur pada malam hari merupakan kejadian yang menyebalkan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang membuat setiap orang, rentan untuk mengalami gangguan tidur hingga berdampak pada penurunan kualitas tidur.

Penyebab dari kesulitan tidur sebenarnya ada macam-macam, mulai dari penyakit yang berhubungan dengan pernapasan seperti mendengkur, penyakit mental seperti depresi atau skizofrenia, pengobatan tertentu, hingga faktor eksternal seperti jet lag dan paparan cahaya biru.

Untuk itu, yuk simak 12 cara mudah supaya bisa tertidur lelap.

1. Rileks
Relaksasi adalah hal pertama yang menjadi kunci untuk bisa kembali tidur. Hal ini bisa dilakukan buat Genhype yang punya banyak pikiran dan stres terhadap masalah kesulitan tidur. Relaksasi bisa dilakukan dalam beberapa cara, misalnya meditasi, yoga, dan berendam dengan air hangat sebelum tidur.

2. Konsultasi pengobatan ke dokter
Konsultasi dengan tenaga medis diperlukan terutama jika insomnia merupakan salah satu efek samping dari pengobatan yang sedang dijalankan. Dengan itu, mereka bisa menyarankan waktu minum obat atau mengganti obat lain yang tidak menganggu tidur.

3. Terapkan waktu tidur
Layaknya anak-anak balita yang akan tidur dengan waktu yang ketat, coba aplikasikan ini pada Genhype sehingga tubuh bisa terbiasa untuk tidur di jam tertentu.

4. Hindari konsumsi kafein
Kafein merupakan penghalang dari kemampuan untuk tidur sehingga upayakan untuk hindari beberapa minuman seperti kopi, teh hitam, minuman benergi, dan soda setelah pukul 2 siang.

5. Hindari konsumsi alkohol
Meski alkohol bisa membuat Genhype merasa lebih mudah mengantuk untuk bisa tidur, tapi ini tidak bisa membuat Genhype tetap tidur bahkan berisiko membuat siklus tidur terganggu.

6. Hindari merokok
Kegiatan merokok bisa berdampak pada kebiasaan tubuh untuk terbangun setiap malam sehingga ada baiknya untuk mengurangi godaan merokok.

7. Olahraga
Selain bisa meredakan kecemasan dan stres, olahraga bisa meningkatkan kualitas tidur. Tetapi, sangat disarankan untuk melakukannya beberapa jam sebelum tidur.

8. Jangan makan atau minum sebelum tidur 
Genhype disarankan untuk membatasi makan dan minum setidaknya 2-3 jam sebelum tidur karena kondisi perut yang kekenyangan akan mempersulit tidur serta menyebabkan mulas malam hari, refluks, serta seringnya bangun tidur di malam hari untuk ke kamar kecil.

9. Batasi paparan cahaya biru
Sama seperti batasan konsumsi makan dan minum, hindari paparan cahaya setidaknya 2-3 jam sebelum tidur serta ganti sumber cahaya dan gunakan aksesoris yang bisa menggelapkan ruangan.

10. Tingkatkan suasana tidur
Kenyamanan ruangan bisa dicapai dengan menggunakan suhu ruangan yang nyaman dan/atau gunakan aksesoris seperti pengganjal telinga, matras yang empuk, dan aksesoris lainnya yang menunjang kenyamana tidur.

11. Jangan tidur siang
Tidur siang bisa meningkatkan performa beberapa waktu setelahnya, tapi di saat yang sama juga bisa memicu kesulitan untuk tetap tidur. Jika ingin melakukannya, Genhype bisa melakukan tidur siang dengan durasi di bawah 20 menit.

12. Ganti sprei seminggu sekali
Sprei yang kotor bisa memicu memburuknya beberapa gejala alergi atau asma, sehingga penggantian ini bisa mengurangi tingginya risiko penyakit tersebut.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Positif Covid-19 tanpa Gejala? Isolasi Mandiri & Minum Obat-obat Ini

BERIKUTNYA

Ini Obat & Suplemen yang Disarankan untuk Covid-19 Gejala Ringan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: