Konsistensi menjadi salah satu faktor penting saat hendak menjadi podcaster (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ George Milton)

Catat Nih Rahasia Sukses Jadi Podcaster dari Ahlinya

15 March 2023   |   18:29 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Podcaster atau pembaca acara podcast menjadi salah satu profesi yang cukup diminati. Mereka dapat menghibur para pendengarnya dan juga memeroleh penghasilan. Untuk menjadi siniar, terdapat beberapa tip yang bisa dilakukan oleh seseorang.

Saat ini terdapat sejumlah podcaster ternama di dalam negeri, baik dalam bentuk perorangan maupun kelompok. Salah satunya adalah Podkesmas yang merupakan kependekan dari Podcast Kesehatan Masyarakat.

Baca juga: Intip Daftar Lagu & Podcast Favorit di Momen Valentine yang Paling Banyak Didengarkan di Indonesia

Terdiri atas empat orang, yakni Ananda Omesh, Imam Darto, Surya Insomnia, dan Angga Nggok, kelompok siniar ini menjadi salah satu yang terkenal di dalam negeri. Mereka berempat telah menghasilkan berbagai karya yang dapat didengar oleh para pendengar melalui platform digital audio.

Tidak hanya itu, mereka juga menjadi salah satu podcaster yang didengarkan oleh banyak orang di dalam negeri dengan tema yang beragam. Dalam prosesnya, Podkesmas memiliki konsep ngobrol atau nongkrong santai bersama kawan-kawan.

Saat hendak memulai ingin menjadi podcaster, berikut beberapa tip dari Ananda Omesh, Imam Darto, dan Angga Nggok.


Kelompok atau Perorangan

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh seseorang ketika ingin menjadi podcaster adalah menentukan menjadi siniar sendiri atau berkelompok. Ketika memilih kelompok seperti Podkesmas, langkah pertama adalah menemukan rekan yang memiliki chemistry. “Cari orang yang nyambung, mau konsepnya bercanda, serius, horor, cinta, kamu harus mencari teman yang memiliki chemistry,” kata Omesh.

Dengan memiliki perasaan yang saling terhubung di antara anggota, maka prosesnya akan mengalir dan lancar. Chemistry yang dimiliki antara satu anggota dengan yang lainnya dalam kelompok membuat grup ini kerap tidak menyiapkan tema tertentu sebelum melakukan produksi.


Bahasan

Langkah lain yang harus dilakukan oleh seseorang ketika ingin memulai sebagai siniar adalah memastikan bahan yang akan dibahas sesuai dengan minat. Jika memiliki ketertarikan dengan olahraga, orang tersebut bisa membahasnya.

Angga mengatakan, akan susah untuk membicarakan atau membahas sesuatu yang tidak diminati. Salah satu contohnya adalah ketika Podkesmas berbincang tentang gim. Pada saat itu, menggali secara mendalam tentangnya menjadi tantangan tersendiri.


Konsistensi

Tip lainnya dari Podkesmas bagi seseorang yang ingin memulai sebagai podcaster adalah konsistensi. Salah satu caranya adalah dengan tetap mengapresiasi individu-individu yang telah menjadi pendengar setia walaupun jumlahnya tidak banyak.

Omesh mengatakan, para pendengar setia yang memiliki niat untuk mendukung seseorang menjadi seorang siniar dari awal merupakan penjaga spirit untuk dapat tetap konsisten untuk menjalani profesi ini. 


Manfaatkan Apa Yang ada

Untuk memulai menjalani profesi sebagai seorang siniar, genhype bisa memanfaatkan peralatan sederhana yang ada di sekitar sebelum membeli peralatan sendiri. Darto mengatakan, salah satunya adalah memanfaatkan gawai pintar  untuk merekam suara.

Selain itu, seseorang juga bisa meminjam studio ke teman yang memilikinya untuk memroduksi konten podcast jika dibolehkan. Pada awal-awal, Podkesmas melakukan produksi di studio orang lain. 


Kualitas Audio Yang Baik

Podcast yang disajikan di Spotify berupa audio. Jadi, Omesh mengatakan, harus memiliki kualitas yang baik. Bukan tanpa sebab, suara yang tidak jernih dengan banyak derau akan membuat pendengar enggan untuk menyimak.

“Setidaknya berikan kualitas audio terbaik supaya orang enak mendegarkan. Kita pernah mendengarkan radoin [ada suara] zetzet pasti ganti frekuensi. Kalau kualitas tidak enak, pasti enggak akan didengarkan. Bagaimana mau sampai ke pendengar,” katanya.

Dia mengatakan, membuat suara dengan kualitas yang baik juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan alat sederhana yang berada di sekitar dan menggunakan gawai pintar. Salah satunya adalah seseorang masuk ke dalam selimut ketika merekam melalui gawai. Kemudian, membuka lemari yang ada baju di dalamnya karena dapat meredam suara gaung ketika proses pengambilan suara berlangsung.

Baca juga: Wakanda Forever: The Official Black Panther Podcast Meluncur 18 Januari

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Intip Menu Berbuka Puasa Bertema Indonesia hingga Timur Tengah di Berbagai Hotel di Solo

BERIKUTNYA

Cek Kelebihan GPT-4, Versi Baru ChatGPT dari OpenAI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: