Ilustrasi bersekolah daring. (Dok. Compare Fibre dari Unsplash)

7 Tips Bantu Tingkatkan Kemampuan Sosial pada Anak Selama PPKM

14 July 2021   |   15:00 WIB

Masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat kembali membuat sejumlah kegiatan beralih ke ranah daring, termasuk kegiatan sekolah. Enggak hanya itu, kegiatan pembelajaran secara daring juga bisa memengaruhi berkembangnya kemampuan komunikasi dan bersosialisasi pada anak.

Dengan keterbatasan tatap muka langsung, hal ini tentu menyulitkan anak untuk membangun sebuah hubungan antara dirinya dengan teman-teman sekolahnya, maupun dengan gurunya, terutama dalam menjaga hubungan yang mengharuskan mereka meninggalkan zona nyaman di rumah.

Sebagai orang tua, Genhype harus bisa juga mengajarkan kemampuan bersosialisasi kepada anak di tengah masa-masa pembatasan kegiatan seperti yang terjadi saat ini. Yuk cek tips- di bawah ini untuk bisa mengajarkan dan membantu anak agar mampu bersosialisasi dengan baik!

1. Picu ketertarikan atau minat mereka
Biasanya, anak-anak suka berbicara orang yang dia anggap punya ketertarikan atau minat yang sama. Dengan ini, coba Genhype ajak anak dalam sebuah percakapan ketika mereka melakukan sesuatu yang disenangi.

Inilah yang kemudian bisa membantu anak mengembangkan kemampuan mereka ketika berhadapan dengan orang lain yang punya minat atau ketertarikan yang sama.

2. Lakukan kontak mata
 

Ilustrasi kontak mata. (Dok. Moses Vega dari Unsplash)

Ilustrasi kontak mata. (Dok. Moses Vega dari Unsplash)

Dalam proses komunikasi, kontak mata adalah salah satu hal yang penting dalam menjaga percakapan antar individu. Ini bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri pada anak, sehingga nantinya mereka bisa terbiasa melakukan percakapan dengan memperhatikan lawan bicaranya.

 
1
2


SEBELUMNYA

Perilisan Gim Aksi Jepang ini Terpaksa Ditunda hingga 2022

BERIKUTNYA

Waspadai Phishing di Aplikasi Pesan Instan, Simak Tips Berikut Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: