Post Concert Depression (Sumber gambar : Unsplash/depression)

Post Concert Depression, Ketika Sedih Melanda setelah Nonton Konser

13 March 2023   |   21:30 WIB

Setelah pandemi yang cukup lama, akhirnya 2023 menjadi tahun kembalinya para penyanyi meramaikan kembali panggung konser untuk menyapa para penggemarnya. Dalam 3 bulan ini saja, banyak sekali acara musik di Indonesia, termasuk salah satunya konser yang baru saja dihelat oleh girlgroup terkenal asal Korea Selatan yakni BLACKPINK.

Dengan konser itu, diharapkan dapat mengobati rasa rindu para penggemar terhadap idolanya. Euforia yang menyenangkan, bertemu idola kesayangan dan merasakan kebahagiaan menjadi hal utama dari pagelaran konser tersebut.

Baca juga: Belajar Piano Bisa Atasi Sedih hingga Tingkatkan Kemampuan Otak, Dicoba Yuk!

Namun Genhype mungkin pernah mengalami, kalau ternyata ada pengalaman lain yang dirasakan setelah selesai menonton konser. Biasanya perasaan tersebut berupa sedih, galau dan hati terasa sepi. 

Perasaan ini karena adanya PCD. Apa sih itu? Berdasarkan Urban Dictionary, PCD atau Post Concert Depression adalah depresi yang dirasakan seseorang setelah menghadiri konser band atau penyanyi favorit. 

Biasanya mereka yang telah menonton konser akan merasa sangat merindukan idolanya karena menyadari bahwa mungkin tidak akan pernah melihat idolanya lagi. 

Terkadang, beberapa gejalanya sangat buruk sehingga penderita sering menangis secara tiba-tiba, tidak bisa makan apa pun, dan tidak berbicara dengan siapa pun. Bahkan sering kali penderita akan kembali melihat gambar atau video yang telah diambil saat konser. 

Bagaimana cara mengatasinya ? 
Dilansir dari Choose Therapy, terdapat beberapa cara untuk menghadapi Post Concert Depression


1. Tetap Berkomunikasi dengan Sesama Penggemar

Berkumpul atau tetap terhubung dengan sesama penggemar, merupakan salah satu cara yang tepat. Tidak semua individu bisa memahami perasaan yang sedang dialami, tetapi dengan memiliki suatu hal yang disukai secara bersamaan dapat saling membantu terutama bagi penderita PCD.
 

2. Membuat Daftar Kegiatan Untuk Bersenang-Senang

Merencanakan pergi ke suatu tempat, atau berencana kumpul bersama teman merupakan suatu hal kecil yang dapat membuat seseorang melupakan kesedihan yang sedang dirasakan.

3. Menjadikan Kolase Foto saat Konser Sebagai Kenang-kenangan
Saat konser berlangsung, sudah pasti Genhype akan mengabadikan momen tersebut entah itu berupa foto atau video. Mencetak foto yang berkaitan dengan konser bisa menjadi salah satu cara untuk mengabadikan kenangan tersebut.


4. Memukan Hal-hal Baru yang Menyenangkan

Menemukan sesuatu yang dinantikan bisa mengurangi stres loh, seperti mencoba hobi baru atau kembali kepada hobi yang lama. Hal ini berfungsi untuk membuat kalian lupa terhadap kesedihan yang sedang dirasakan.


5. Bersyukur

Mencoba untuk merasa bersyukur dengan apa yang telah terjadi menjadi kunci utama untuk mengurangi kesedihan. Ketika seseorang merasa bersyukur, mereka akan lebih menghargai momen yang sedang terjadi.

Selain itu, jika kalian banyak bersyukur pasti akan tumbuh kepercayaan untuk memungkinkan bertemu dengan idola kesayangan kalian. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Siap Menyayat Hati Penonton

Nah itulah lima cara simpel yang dapat dilakukan untuk mengusir rasa sedih setelah bertemu idola. Tentu saja gejala psikologi tersebut harus dapat dikendalikan agar Genhype dapat lebih move on dalam menjalani keseharian.

SEBELUMNYA

Cantiknya Jisoo Dalam Teaser Foto Terbaru ME

BERIKUTNYA

Potret dan Maliq & D'Essentials Bakal Menghibur Pengunjung Jakarta Auto Week

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: