Makoto Shinkai dalam acara diskusi film The Garden of Words di Moskow, Rusia. (sumber foto/wikipedia/Ilya Voyager)

Selain Suzume No Tojimari, Cek 5 Anime Terbaik Karya Makoto Shinkai Lainnya

12 March 2023   |   12:25 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

3. Weathering With You




Rilis pada 2019, Weathering With You mengisahkan tentang Hodaka, seorang anak muda yang meninggalkan rumah dan memutuskan untuk tinggal di Tokyo. Namun, pelarian tersebut tak berjalan lancar karena terbentur masalah ekonomi dan personal. Dia pun sempat menggelandang di distrik Kabukicho karena tidak ada tempat tinggal.

Keberuntungan ternyata berpihak pada Hodoka, pasalnya dia  mendapatkan tawaran bekerja sebagai penulis majalah lokal milik Keisuke yang membahas supernatural dan hal hal aneh. Namun, selama di Tokyo, Hodoka juga selalu diikuti cuaca aneh di mana hujan turun tiada henti dan mencari tahu penyebabnya.

Misi itulah yang kemudian membuatnya bertemu dengan Hina, seorang yatim piatu yang tinggal dengan adik laki-lakinya, Nagi. Hina merupakan sosok yang memiliki kekuatan super dan dapat mengembalikan cahaya matahari ketika cuaca mendung, bahkan saat hujan badai. Dari sinilah petualangan mereka bertiga dimulai saat kekuatan Hina ingin disalahgunakan kelompok tertentu.


4. The Place Promised in Our Early Days

 


The Place Promised in Our Early Days adalah animasi Karya Shinkai yang dirilis pada 2004. Film ini mengikuti karya sebelumnya yaitu Voices of a Distant Star yang dibuat pada 2002. Animasi berdurasi 1 jam 31 menit ini berkisah tentang Jepang yang dikuasai oleh dua kekuatan, yaitu Union dan Amerika Serikat.

Premis cerita bermula saat dua pemuda bernama Hiroki Fujisawa dan Takuya Shirakawa. Mereka tinggal di Selatan Pulau Hokkaido dan berada di bawah kekuasaan tentara Amerika, dan bersama-sama memiliki mimpi untuk menembus menara langit di Union bersama Sayuri Sawatari, seorang perempuan yang mereka sukai.

Namun, saat keduanya berhasil membuat pesawat bernama Velaciela, Sayuri tiba-tiba menghilang. Tanpa sepengetahuan Hiroki dan Takuya, dia ternyata mengalami gangguan tidur yang membuatnya koma selama tiga tahun. Tak hanya itu, kondisi tersebut ternyata berhubungan dengan impian mereka bertiga untuk menaklukan menara yang menembus langit di Union.


5. Someone's Gaze

 

Animasi film pendek yang dibuat Shinkai pada 2013 ini mengisahkan tentang Aya Okamura, seorang perempuan yang ingin hidup mandiri saat bekerja di Tokyo. Dari sinilah perlahan dia mulai kehilangan waktu bersama keluarganya, terutama sang ayah yang sangat menyayanginya.

Pasalnya, saat kanak-kanak, Aya sangat dekat dengan ayahnya. Hal ini karena pada saat itu sang ibu sibuk bekerja dan dia banyak menghabiskan waktu bersama ayah dan kucingnya. Namun, setelah bekerja dia mulai jarang mengunjungi ayahnya, bahkan ajakan untuk bertemu pun sering ditolak karena terlalu sibuk.

Hingga suatu hari, Aya menerima kabar bahwa kucingnya meninggal dunia. Peristiwa inilah yang lantas menyadarkannya pada sang ayah yang semakin tua dan kesepian. Dia pun mencoba menebus rasa bersalahnya dengan berbagai hal termasuk mengingat kenangan terbaik yang dilalui bersama sang ayah saat masih kecil.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Tak Sesuai Izin, Puluhan Resor di Kepulauan Anambas Disegel Pemerintah

BERIKUTNYA

Mau Punya Badan Ideal? Intip 3 Jenis Diet yang Sehat & Aman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: