Gorden dan sarung bantal Gokvalla (Sumber gambar: Ikea)

Percantik Rumah Jelang Ramadan, Ini Tips dari Desain Interior Ikea

10 March 2023   |   07:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Enggak terasa ya Genhype bulan Ramadan akan segera tiba. Biasanya bulan Ramadan di Indonesia identik dengan berbagai tradisi yang umumnya dilakukan seperti buka puasa bersama dengan keluarga, teman, maupun rekan kerja yang bisa dilakukan di mal, restoran, dan tentunya di rumah.

Saat akan mengundang keluarga atau teman untuk berbuka puasa di rumah, kalian tidak cuma harus menyiapkan menu makanan dan minuman saja, tetapi juga membuat rumah menjadi lebih bersih dan nyaman sehingga bisa menciptakan suasana yang berkesan bagi diri sendiri dan para tamu yang datang. 

Nah, supaya rumah menjadi lebih nyaman yuk kita simak tips dari Desainer IKEA Maria Vinka dalam padupadan warna-warna netral dan berbagai perabotan dengan sentuhan Skandinavia yang simpel nan elegan. 

Baca juga: Intip Ragam Desain Interior Modern Berkelas Tinggi dari Melandas
 

1. Gunakan set teatime cantik

Sebagian orang terbiasa untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang manis saat berbuka puasa dan banyak orang memilih segelas teh hangat untuk mendapatkan rasa rileks dan tenang setelah sehari penuh menahan haus dan lapar.

Pilih teko dan gelas yang cocok untuk menghidangkan minuman favoritmu dan keluarga saat berbuka puasa, tidak perlu terlihat mewah tapi memesona. “Table setting yang indah akan membuat kerabatmu semakin mengapresiasi makanan dan minuman yang dihidangkan,” kata Maria Vinka.
 

2. Mangkuk saji bermotif 

Selama Ramadan, makanan menjadi fokus utama setiap harinya. Baik opor, rendang, gulai, maupun hidangan nikmat lainnya, sajikan di dalam mangkuk saji dari koleksi Ikea. Dilengkapi dengan tutup untuk menjaga agar makananmu tetap hangat dan bisa disimpan untuk hari esok.

“Menyantap makanan dengan keluarga dan teman merupakan cara yang indah untuk merayakan bulan suci Ramadan, dan mangkuk saji yang cantik akan membuat momen ini semakin meriah. Produk ini pun mudah untuk dipadupadankan dengan peralatan makan lain yang sudah kamu miliki di rumah,” ujarnya.
 

3. Beri taplak dan vas bunga cantik

Tampilan meja makan akan terlihat lebih indah dengan menambahkan taplak meja dan serbet yang disulam dengan benang warna emas dan jumbai berwarna senada, sehingga cocok untuk dipasangkan dengan porselen dan tekstil lainnya. 

Meja makan yang rapi, bersih, dan indah akan meningkatkan gairah makan dan memberikan rasa menyenangkan sehingga obrolan di dalam keluarga terasa lebih hangat, harmonis, dan nyaman.

Selain itu, agar lebih segar, kalian bisa menambahkan vas bunga berbahan kaca dengan aksen emas dan mengisinya dengan bunga-bunga segar untuk memberikan aksen alam pada meja makanmu. Jika meja makanmu berukuran relatif besar, maka kamu bisa meletakkannya di tengah meja makan. 

Sebaliknya, jika mejanya kecil, tempatkan vas bunga di salah satu area di ruang makan untuk mencegah kesan sempit dan terlalu penuh. Vas bunga ini juga bisa kamu gunakan di ruang tamu dan ruangan lainnya sepanjang tahun selepas Ramadan dan Idul Fitri usai, lho.
 

4. Pilih gorden dan sarung bantal berdesain simpel 

Pemilihan gorden yang tepat dapat menghadirkan nuansa baru ke dalam ruangan. Ditambah dengan kombinasi sarung bantal kursi berwarna senada mampu menjadikan momen kumpul bersama keluarga lebih akrab dan menyenangkan.

Selain itu, salah satu langkah paling mudah untuk level up tampilan ruang keluargamu adalah dengan mengganti sarung bantal di sofa. Tidak hanya sebagai pelengkap, bantal-bantal ini juga berguna bila kamu kedatangan banyak tamu. Cukup sebar beberapa bantal tambahan di karpet agar tamu atau keluarga dapat duduk dengan nyaman.
 

5. Terangi rumah dengan lampu beraksen bulan 

Bulan puasa dan lebaran identik dengan hiasan bertema taburan bintang dan bulan. Oleh karena itu, lentera menjadi pilihan tepat untuk menciptakan suasana yang tenteram dan nyaman. Dioperasikan dengan baterai, lampu ini dapat kamu letakkan di coffee table atau pinggir jendela untuk menciptakan suasana yang nyaman.

Baca juga: Tren Desain Interior 2023 dari Modular Multifungsi hingga Gaya Berkelanjutan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Menginspirasi! Kisah Perempuan Hebat Bangkit Lewat Program Beauty for A Better Life L'Oréal Indonesia

BERIKUTNYA

Resmi, Toyota Perkenalkan All New RAV4 GR Sport PHEV

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: