ilustrasi (sumber gambar : whatsapp)

Lima Cara Tingkatkan Penjualan Selama Ramadhan Melalui Aplikasi WhatsApp

09 March 2023   |   15:51 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi para pebisnis, menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal penting agar usahanya dapat terus berjalan. Apalagi menjelang  Ramadan para pelaku usaha pasti telah menyiapkan berbagai produk terbaiknya untuk ditawarkan kepada konsumen.

Nah, salah satu sarana komunikasi yang paling sering digunakan agar tetap terhubung dengan pelanggan adalah melalui WhatsApp. Diperkirakan tujuh dari sepuluh orang Indonesia cenderung memilih menggunakan WhatsApp sebagai sarana berkirim pesan dibandingkankan dengan email.

Baca juga: Ramadan Segera Tiba, Ini Daftar Kategori yang Penjualannya Meningkat

Untuk dapat terus meningkatkan penjualan dan memastikan agar bisnisnya dapat berjalan dengan lancar selama bulan Ramadan, berikut lima tips yang dibagikan oleh WhatsApp bagi para pelaku usaha.


1. Update Informasi di WhatsApp

Bagi pelaku usaha mikro kecil di Indonesia, WhatsApp telah menjadi bagian penting dari aktivitas sehari-hari. Mereka dapat menggunakan WhatsApp tidak hanya sebagai sarana komunikasi tetapi juga sebagai situs web dan konter toko virtual untuk menampilkan produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan mendorong tingkat penjualan.

Untuk itu pelaku usaha harus siap ketika pelanggan datang. Misalnya dengan memperbarui informasi jam kerja di profil bisnis pada aplikasi WhatsApp Business untuk memberitahukan bahwa usahanya tetap buka selama  Ramadan, terutama jika jam operasional berbeda dari biasanya. Selain itu, bisa juga mengirim pesan untuk menyampaikan kepada pelanggan ketika sedang tidak bisa dihubungi atau sedang salat subuh atau magrib.


2. Kirim pesan yang dipersonalisasi

Mengirim pesan yang dipersonalisasi menciptakan keterikatan dan menciptakan pengalaman interaktif. Hal tersebut dapat meningkatkan relevansi pesan, mengarahkan pengguna menggunakan tombol (balasan cepat, list, call to action), serta menggunakan pesan produk dengan keranjang.

Jika Anda memiliki produk, penawaran, atau promosi khusus selama Ramadan, maka dapat menyorotnya di katalog agar pelanggan dapat dengan mudah menemukan apa yang ingin mereka beli.


3. Menarik pelanggan baru

Untuk usaha kecil, menemukan pelanggan baru adalah hal yang sangat penting. Setelah berhasil menawarkan pengalaman yang berharga kepada pelanggan, penting untuk mengarahkan lebih banyak orang untuk mengunjungi kanal WhatsApp Anda.

Tambahkan kode QR ke etalase, situs web, kemasan produk, dan materi pemasaran agar dapat dengan mudah dipindai dan ditautkan ke WhatsApp. Kode QR dapat ditemukan melalui pilihan Alat Bisnis → Pintasan.


4. Hubungan whatsapp dengan akun media sosial

Banyak pelaku bisnis kecil dan menengah yang kini hadir di Instagram dan Facebook. Maka bisa menggunakan  Alat Bantu Bisnis, dengan menambahkan tombol WhatsApp ke akun Facebook atau Instagram sehingga ketika pelanggan mengklik tombol tersebut, percakapan di aplikasi WhatsApp bisnis akan segera dimulai.

Hal ini memungkinkan pelanggan yang menjelajahi bisnis di platform tersebut untuk memulai percakapan di WhatsApp, mengajukan pertanyaan, atau melakukan pemesanan dengan mudah. Untuk menemukan pelanggan baru, pelaku usaha bisa membuat iklan Facebook dan Instagram yang ketika diklik akan membuka percakapan WhatsApp.

Iklan ini merupakan cara yang sangat efektif dan ampuh untuk menarik pelanggan baru dan memudahkan mereka untuk berkirim pesan dengan bisnis Anda.


5. Pastikan bisnis tetap terorganisir dengan baik

Bulan Ramadan adalah waktu yang sangat menyibukkan bagi berbagai bisnis, terutama karena sebagian besar aktivitas perdagangan terkonsentrasi hanya dalam beberapa jam dalam sehari. Mengingat potensi arus percakapan dari pelanggan baru, sangat penting untuk menjaga bisnis dan percakapan Anda agar tetap terorganisir.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Koleksi katalog untuk mengelompokkan dan mengatur produk Anda ke dalam kategori tertentu sehingga memudahkan pelanggan untuk menelusuri produk Anda.

Untuk melacak percakapan, tandai percakapan tertentu dengan deskripsi yang dapat disesuaikan untuk melacak hal-hal seperti pembayaran yang tertunda, pelanggan baru, dan lainnya. Seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan dan volume percakapan, Anda dapat beralih dari aplikasi WhatsApp Business ke WhatsApp Business Platform yang lebih efektif untuk membantu Anda berinteraksi dengan konsumen dalam skala yang lebih luas.


Editor: Indyah Sutriningrum


 

SEBELUMNYA

Hadir Dalam Senyap, Waspada Penyakit Ginjal Kronik

BERIKUTNYA

Waspada Modus Penipuan Online, Ini Cara Jaga Keamanan Digital

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: