Kampong Gelam (Sumber Foto: Gabrielle Kwan)

Meriahnya Festival Kampong Gelam Singapura di Bulan Ramadan, Ada Bazaar Makanan dan Buka Puasa Bersama

08 March 2023   |   21:32 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kampong Gelam yang selama ini menjadi kawasan bersejarah di Singapura akan kembali menghadirkan bazaar dan festival Ramadan bertajuk Raikan Cahaya Ramadan. Terdapat lebih dari 100 stan dan dimeriahkan oleh pertunjukan dan penggalangan dana amal yang akan dihelat pada 15 Maret -16 April 2023.

Bazaar Kampong Gelam sendiri pertama kali hadir pada 1960-an di mana para pengunjung berkumpul untuk sholat, buka puasa bersama dan belanja untuk keperluan Idul Fitri. Spot ikonik dari Kampong Gelam adalah Masjid Sultan yang telah dikukuhkan sebagai monumen nasional pada tahun 1975.

Baca juga: ARTBOX, Ajang Pameran Lifestyle dan Industri Kreatif Digelar di Singapura
 

Bazaar Kampong Gelam (Sumber Foto: Gabrielle Kwan)

Bazaar Kampong Gelam di Singapura (Sumber Foto: Gabrielle Kwan)


Dikenal sebagai kawasan Muslim-Melayu di Singapura, Kampong Gelam sudah berdiri sejak 1820-an ketika kawasan ini pertama kali dialokasikan untuk komunitas Melayu, Arab, dan Bugis di bawah pemerintahan para Sultan Melayu. Seiring berjalannya waktu, Kampong Gelam makin mempertahankan eksistensinya sebagai destinasi wisata yang kaya daya tarik budaya.

Mengutip dari rilisnya (7/3), bazaar dan festival Kampong Gelam akan dihelat selama 33 hari mulai 15 Maret hingga 16 April 2023. Ada banyak keseruan yang bisa dinikmati. Di antaranya mulai dari bazaar makanan, seni kerajinan, pertunjukan lampu, dan komunitas buka puasa.

Bazaar makanan tersedia di sepanjang jalan Baghdad Street, Kandahar Street, tepat di luar Gerbang Sultan. Pengunjung dapat mengunjungi 86 kios makanan lezat mulai dari kue khas lebaran, makanan laut dan beragam camilan goreng. Ada juga 23 stan ritel yang menjual seni kerajianan modern dan tradisional, serta pakaian.

Kemudian ada juga pertunjukan proyeksi lampu LED setiap Jumat sampai Minggu. Sorot lampu LED yang indah akan menerangi bagian depan Masjid Sultan. Ada juga pertunjukan cahaya di udara yang memanfaatkan LED kites yang dikendalikan drone dengan cahaya berwarna-warni cerah.

Para pengunjung juga akan disambut dengan gapura Raikan Cahaya Ramadan yang dihiasi dengan fairy lights di sepanjang jalan utama festival. Namun, bazaar Ramadan tidak akan lengkap tanpa panggung hiburan. Dari tempat parkir Bagdad Street, pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan musik live, tarian tradisional dan modern, serta live dialog langsung yang akan memperkaya khazanah budaya.

Kemudian One Kampong Gelam akan mengadakan Buka Puasa Massal pada 1 April 2023 di sepanjang Arab Street dalam rangka berbagi makanan. Peserta juga dapat melakukan kegiatan amal pada 7 - 16 April, pukul 16.00 – 20.00 (Waktu Singapura) Bertepatan dengan Qiyamullail (sholat malam) selama sepuluh hari terakhir Ramadan.

Tim One Kampong Gelam juga menyediakan stand donasi di 45 Sultan Gate di mana pengunjung dapat memberikan pakaian bekas pantas pakai, makanan dan kebutuhan rumah tangga. Semua barang akan didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan di akhir bulan Ramadan.

Baca juga: Pameran Sneakertopia Bakal Hadir di ArtScience Museum Singapura, Pesta Bagi Pencinta Sneakers

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Parfum Hipnoza Milik Hesti Purwadinta Laris Manis, Ini Alasannya

BERIKUTNYA

Konser Musik dengan Teknologi AI dan Metaverse Kian Marak, dari Ariana Grande hingga Glenn Fredly

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: