Yoga kini semakin diminati (Sumber gambar: Elina Fairytale/Pexels)

Banyak Orang Minat Olahraga Yoga, Ternyata Ini Alasannya

06 February 2023   |   07:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sejak pandemi, sebagian besar masyarakat mulai menaruh perhatian besar terhadap kesehatan baik fisik maupun mental. Kondisi ini pun membuat banyak orang mulai rutin berolahraga, baik untuk menjaga kebugaran tubuh ataupun menurunkan berat badan.

Ada banyak jenis olahraga yang kian diminati oleh masyarakat, salah satunya adalah yoga. Yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik.

Baca juga: Peminat Yoga Terus Bertambah, Tarifnya Mulai dari Ratusan Ribu hingga Puluhan Juta Rupiah

Olahraga yang berasal dari India ini memang sudah dipraktikkan sejak lama dan telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi. Astrid Amalia selaku Guru Yoga mengatakan saat ini yoga semakin diminati banyak kalangan sebagai pilihan olahraga.

Hal ini terjadi lantaran kondisi pembatasan sosial saat pandemi membuat banyak orang mulai mencoba latihan yoga di rumah, untuk menjaga kesehatan tubuh.

Karena yoga merupakan olahraga yang melibatkan fisik sekaligus mental, katanya, banyak orang yang akhirnya melakukan olahraga satu ini untuk mencari kesehatan mental, terutama karena stres, depresi dan trauma.

"Menemukan bahwa yoga adalah salah satu terapi terpenting di dalam hidup mereka. Karena yoga itu mudah, jadi penggemarnya selalu bertambah," ujarnya saat dihubungi Hypeabis.id.

Astrid juga menuturkan bahwa saat ini kebanyakan peminat yoga berusia 30-50 tahun. Secara umum, alasan yang mendorong mereka untuk melakukan yoga adalah untuk kesehatan dengan menjaga tubuh selalu bergerak.

Selain itu, yoga juga bisa dipilih sebagai terapi khusus untuk menyembuhkan tubuh yang pernah sakit dan cedera, menyembuhkan mental yang sedang stres, depresi dan trauma, melangsingkan tubuh, melatih para perempuan yang sedang hamil, hingga melatih para perempuan yang ingin hamil.
 

Yoga merupakan olahraga untuk mengolah fisik sekaligus jiwa (Sumber gambar: Karolina Grabowska/Pexels)

Yoga merupakan olahraga untuk mengolah fisik sekaligus jiwa (Sumber gambar: Karolina Grabowska/Pexels)


Pentingnya Peran Guru

Kini, sudah banyak studio yoga yang menawarkan berbagai kelas menarik. Meski demikian, saat ini banyak orang juga mulai mempraktikkan yoga sendiri di rumah berbekal video tutorial yang tayang di platfom media sosial seperti YouTube.

Guru Yoga di Content Yoga, Hartati, menilai bahwa sebagian besar orang masih menganggap bahwa latihan fisik yoga semata membutuhkan tubuh yang fleksibel.

Padahal, menurutnya, yoga bukan hanya perihal memiliki tubuh yang fleksibel dan semata untuk mendorong tubuh melakukan pose atau gerakan yang akrobatik hingga mencapai titik lelah. Sebaliknya, dalam yoga, para praktisi justru harus mengetahui kapan mereka harus rileks dan beristirahat.

Baca juga: Personal Trainer Berperan Penting dalam Mencapai Tujuan Fitnes, Yuk Cek Berapa Tarifnya?

"Berlatih di rumah juga seringkali kita akan terganggu dengan adanya distraksi seperti teknologi dan lain-lain, sehingga sulit untuk fokus setidaknya satu jam untuk latihan," katanya.

Oleh karena itu, dalam hal ini, peran pengajar atau pelatih yoga cukup penting bagi praktisi yang ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari olahraga tersebut. Dengan latihan secara kolektif di studio, energi akan terbangun sehingga secara tidak langsung praktisi dituntut untuk fokus pada latihan.

Selain itu, dengan pengetahuan yang memadai serta gerakan yang tepat dan terstruktur dari pelatih, bisa meminimalisir cedera yang tidak diinginkan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Tip Belanja Online Biar Kantong Enggak Boncos

BERIKUTNYA

5 Kiat Perawatan Kulit Pria untuk Tampil Fresh dan Sehat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: