Soulvibe (Sumber gambar: GV Records)

Soulvibe Sapa Penggemar Lewat Single Anyar Berjudul Sekali Lagi

05 March 2023   |   20:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Trio Bayu Adiputra Imran, Handyanto Jiwatama, dan Mohammad Caesar Rizal yang tergabung dalam grup Soulvibe kembali menyapa penggemarnya dengan merilis single anyar berjudul Sekali Lagi. Lagu ini menjadi karya pembuka grup musik beraliran jaz itu pada tahun 2023, setelah terakhir merilis single Bukan di Lagu yang Sama pada 2021 lalu.

Seperti judulnya, lagu ini berkisah tentang kisah dua sejoli yang memutuskan untuk bersama kembali setelah sempat terpisah. Cerita sepasang manusia yang mencoba memperbaiki kesalahan hubungan mereka pada masa lalu, dan memulai kisah cinta yang baru yang lebih baik.

"Lagu ini bercerita tentang kesempatan kedua untuk saling membuka hati kembali dengan orang yang sama. Pernah ada hubungan menuju kisah cinta di masa lalu tapi tidak tuntas karena miss komunikasi,” kata Bayu Adiputra Imran.

Bayu menjelaskan, berbeda dengan karya-karya sebelumnya, single Sekali Lagi disiapkan Soulvibe dengan mengusung konsep live recording. Proses workshop dilakukan oleh Soulvibe untuk membuat aransemen dari lagu, yang kemudian dilanjutkan pada proses rekaman drum, bass, gitar, kibor, dan perkusi secara langsung (live).

"Setelah semua proses tersebut selesai, barulah vokal dan trumpet direkam untuk melengkapi proses pembuatan dari lagu ini," tambah Bayu.

Baca juga: Terinpirasi dari Film Koboi, Reality Club Rilis Single Dancing In The Breeze Alone
 

Soulvibe (Sumber gambar: GV Records)

Soulvibe (Sumber gambar: GV Records)

Menurut Bayu, ini merupakan sebuah pengalaman baru bagi Soulvibe selama 18 tahun berkarier di belantika musik Tanah Air. Eksperimen terbaru ini justru membuahkan sebuah pengalaman yang tak terlupakan karena memang mereka bertiga sepakat apa yang mereka rekam secara live ini akan dirilis, sehingga mereka harus menyiapkannya sematang mungkin.

Adapun, Handyanto Jiwatama mengatakan bahwa secara garis besar, aransemen yang diusung dalam lagu Sekali Lagi merupakan karakter musik Soulvibe tapi dengan sentuhan eksplorasi yang berbeda. Jika di beberapa single sebelumnya banyak menggunakan drum machine, sampling, synthesizer dan sebagainya, dalam lagu ini mereka mencoba untuk mengambil sisi lain dari musik yang kental dengan era 1980-an.

Itulah mengapa dalam proyek musik kali ini, Soulvibe mencoba bereksperimen untuk melakukan proses rekaman instrumen secara real time, dengan posisi saling berhadapan satu sama lain dalam sebuah ruangan studio. "Sesuatu yang full organic atau istilahnya ‘ngeband banget’,” ungkap pria yang akrab disapa Handy itu.
 

Dengan dirilisnya single Sekali Lagi, Soulvibe berharap banyak orang di luar sana yang menjadikan lagu ini sebagai soundtrack kehidupan mereka. Sebab, personel percaya bahwa selalu ada kesempatan satu kali lagi untuk melakukan semua hal dan sebaiknya hal tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya, karena bisa jadi akan membawa kebaikan dan kebahagiaan.

"Selain itu, Soulvibe juga tetap berjalan dengan trademark kami yang enerjik, dinamis, namun tetap manis," ujar Handy.

Soulvibe merupakan grup musik beraliran jaz yang terbentuk pada 2003. Grup asal Jakarta ini awalnya digawangi oleh tujuh orang anggota yakni Bayu Adiputra Imran, Handyanto Jiwatama, Mohammad Caesar Rizal, Abenk Alter, Frans Martatko Filman, Adrianto Ario Seto, dan Iga Massardi.

Namun, setelah bongkar pasang personel, kini Soulvibe melanjutkan karier bermusik mereka dengan tiga personel yakni Bayu Adiputra Imran, Handyanto Jiwatama, dan Mohammad Caesar Rizal. Sepanjang kariernya selama kurang lebih 18 tahun, Soulvibe telah merilis empat album yakni Soulvibe (2008), Antartika (2010), Gravitasi (2012), dan Bersinar (2016). 

Baca juga: Agatha Pricilla Ajak Pendengar Berdamai dengan Masa Lalu lewat Single One Day

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Sinopsis Tokyo Revengers Season 2 Episode 9, Perjuangan Melawan Black Dragon

BERIKUTNYA

Mengenal Pound Fit, Olahraga dengan Dua Stik yang Asyik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: