Olahraga dansa atau dancesport adalah perpaduan antara gerakan tari dan gerakan tubuh (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Tim Gouw)

Cek Fakta Seputar Olahraga Dansa yang Viral

18 January 2023   |   12:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Olahraga dansa (dancesport) tengah ramai jadi perbincangan di jagat media sosial dalam beberapa waktu belakangan. Banyak pengguna internet yang berkomentar negatif terkait aktivitas tersebut, tetapi tidak sedikit pula yang memberikan dukungan positif. 

Fenomena viralnya olahraga dansa tak lepas dari SMPN 1 Ciawi Bogor, yang siswanya menjalani aktivitas tersebut. Hal itu bahkan membuat sekolah memberikan klarifikasi melalui akun Instagram. Dalam pernyataannya, sekolah menyebutkan bahwa para penari tersebut memang merupakan siswa dan siswi mereka. 

Disebutkan bahwa mereka merupakan atlet cabang olahraga DanceSport, dan merupakan peraih medali emas PORPROV Jabar 2022. Akan tetapi, siswa/i itu secara mandiri mengikuti lomba atas nama pribadi. Pihak sekolah menuliskan bahwa mereka turut bangga dan mengapresiasi prestasi yang dipersembahkan untuk Kabupaten Bogor.

“Mungkin masih sedikit orang yang mengenal cabang olahraga ini,” demikian pernyataan SMPN 1 Ciawi Bogor. 

Baca jugaSimak Penjelasan Sulit Berkeringat Saat Olahraga
 
<

Unggahan sekolah itu pun mendapatkan komentar dari sejumlah tokoh publik di dalam negeri. Salah satu di antaranya adalah Agnez Monica melalui akun @agnezmo. Sang bintang menuliskan bahwa memiliki prestasi bukan sesuatu yang perlu disesali. Menurutnya, sekolah yang memiliki siswa dan siswa berprestasi harus bangga agar mendorong kepercayaan diri mereka.

“… yang seperti ini harus dibanggakan oleh sekolahnya, biar bisa jadi contoh juga buat yang lain, bahwa berprestasi itu lebih penting dibandingkan hanya go viral saja. Go viral karena prestasi itu sesuatu yang harus dibanggakan,” tulisnya.

Dia pun meminta sekolah untuk selalu mendukung dan berada di sisi siswa dan siswi yang berprestasi ketika ada oknum tertentu yang ingin menjatuhkan mereka.

Dirangkum dari berbagai sumber oleh Hypeabis.id, berikut sejumlah fakta tentang dancesport yang sudah viral dan siswa – siswi yang viral tersebut:
 

Cabang Olahraga

Olahraga dansa atau dancesport adalah perpaduan antara gerakan tari dan gerakan tubuh, sehingga diperlukan kemampuan menguasai koreografi, stamina, dan kekuatan fisik selain menguasai langkah-langkah yang artistik dan keserasian dengan irama musik yang mengiringi. 

Tidak berbeda dengan cabang-cabang olahraga lain seperti senam artistik dan olahraga bela diri, olahraga dansa atau juga merupakan perpaduan antara seni, mental stamina, tehnik, dan fisik yang secara resmi dipertandingkan dalam perhelatan olahraga di berbagai tingkatan. 
 

Organisasi Indonesia dan Dunia

Olahraga dansa memiliki organisasi, baik di dalam maupun di luar negeri. Di Indonesia, olahraga ini berada di bawah naungan Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI) dengan beberapa cabang seperti IODI Yogyakarta, IODI Malang, IODI Blitar, dan sebagainya. Total, IODI telah tersebar di 21 provinsi di Indonesia pada saat ini.

Sementara di tingkat dunia, organisasi yang menaungi olahraga ini adalah World Dancesport Federation (WDSF). Pada saat ini, atlet yang menempati posisi pertama olahraga dansa berasal dari Jerman, yakni Marius-Andrei Balan dan Khrystyna Moshenska dengan poin 4.776.


Kejuaraan

Olahraga dansa juga merupakan olahraga yang dipertandingkan dalam sejumlah ajang kejuaraan di dalam negeri, seperti Kejuaraan Nasional, Pekan Olahraga Provinsi, dan sebagainya. Sementara di luar negeri, olahraga ini juga terdapat ajang World Championship, World Cup, Continental Championship, dan Continental Cups.

Pada tahun ini terdapat WDSF PD World Championship yang diadakan di Chisinau. Moldova. Ajang yang akan berlangsung pada 16 April 2023 itu ditujukan untuk dewasa dengan disiplin latin. Sementara pada 7 Mei 2023 juga akan ada ajang yang sama di Kaunas, Lithuania dengan kategori dewasa dan disiplin standar.

Ajang WDSF World Championship akan terselenggara di Bremen, Jerman, pada 2 – 4 Juni 2023. Ajang ini akan mempertandingkan grup Senior I, II, dan Junior II. Disiplin untuk grup senior I dan II adalah standar. Sementara Junior II adalah Ten Dance.

Baca jugaMenyiapkan Diri untuk Olahraga Ekstrem Wall Climbing

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Apple Umumkan Mac Mini dengan Chip M2 & M2 Pro, Cek Keunggulannya!

BERIKUTNYA

Asyik, Attack on Titan Final Season Part 3 Siap Tayang Maret 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: