Ilustrasi rumah ramah hewan. (Sumber gambar : Freepik/Racool Studio)

7 Cara Menciptakan Rumah Ramah Anabul

04 March 2023   |   14:24 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Memelihara hewan terutama kucing atau anjing di rumah memang sangat menyenangkan. Selain tingkah lucu mereka yang menggemaskan dan menjadi teman di kala kesepian, anabul alias anak berbulu itu bisa membantu menjaga kesehatan mental kamu, loh

Kendati demikian, sebagai pemilik yang baik, kamu juga harus memperhatikan kenyamanan dan kesejahteraan mereka. Jika tidak, para anabul ini bisa stres dan berujung jatuh sakit. 

Baca juga: Kesadaran Kesehatan Pemilik Anabul Tinggi, Pasokan Obat Perlu Diperkuat

Jadikan rumah kamu ramah untuk hewan peliharaan. Hal ini juga penting untuk menjaga rumah tetap rapih dan Abaik untuk kamu tinggali. Mengutip dari beberapa sumber, berikut ini tips membuat rumah yang ramah untuk hewan peliharaan. 


1. Jangan Gunakan Karpet

Sebaiknya jangan menggunakan karpet di rumah. Pasalnya, karpet atau permadani cenderung menumpuk bulu hewan peliharaan dan bisa berubah menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Menurut Architectural Digest, sebaiknya pilih permukaan lantai yang mudah dibersihkan seperti ubin vitrifikasi, ubin porselen, marmer, dan lantai kayu laminasi. 


2. Pilih Pelapis Kulit yang Kuat

Kulit imitasi atau pelapis kulit tahan lama dapat dibersihkan dan tidak menyerap bau hewan peliharaan. Sebagian besar pelapis kulit hanya akan mengalami goresan dari cakar hewan peliharaan. Ultrasuede, Microfiber yang bisa dicuci denan mesin juga bisa menjadi opsi.

Pertimbangkan untuk menggunakan penutup selip dari kain sintetis yang mudah dilepas dan dapat dicuci. Hindari menggunakan bahan halus seperti sutra, korduroi, dan chenille yang dapat rusak oleh cakar, atau beludru yang bekerja seperti magnet untuk bulu hewan peliharaan.


3. Buat Zona Anabul

Penting untuk kamu menyediakan area khusus untuk anjing atau kucing. Area untuk mereka tidur atau bersantai dengan nyaman. Zona pribadi tersebut sebaiknya mencakup tempat dia makan dan buang air.  Kamu bahkan bisa membuat ruangan khusus bermain untuknya, terutama kucing. Disarankan untuk membuat area atraktif untuk dia memanjat atau melompat. Sebaiknya, pilih lokasi dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik demi kenyamanan mereka juga kamu.
1
2


SEBELUMNYA

Cek 5 Motor Harley Davidson Termahal, Harga Tertinggi Tembus Rp45 Miliar

BERIKUTNYA

Profil Henri Matisse, Maestro Lukis yang Menjadi Guru & Rival Pablo Picasso

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: