Burner karya Mark Greaney (sumber foto: the thriller zone)

Grey Man Karya Mark Greaney Kembali Masuk Novel Terlaris Lewat Burner

02 March 2023   |   18:30 WIB

Kisah ke-12 dari novel thriller serial aksi mantan agen CIA Grey Man karya Mark Greaney berjudul Burner mampu menembus buku terlaris perdana di daftar best seller New York Times pada awal Maret ini dengan menempati peringkat kelima dari daftar buku fiksi cetak dan e-book.

Adapun The Grey Man merupakan novel debut oleh Mark Greaney, yang pertama kali diterbitkan pada 2009 oleh Jove Books. Karya ini juga merupakan novel pertama yang menampilkan tokoh dengan sebutan Grey Man, pembunuh lepas dan mantan agen CIA bernama Court Gentry.

Novel ini mengikuti kisah Gentry dalam misi melintasi Eropa untuk menyelamatkan mentornya, Sir Donald Fitzroy, dan keluarganya di Normandy, Prancis, dari Lloyd, anggota perusahaan Prancis raksasa dan mantan perwira CIA yang ingin Gentry dihentikan.

Baca juga: Serial Thriller Terbaru Nora Roberts Encore In Death Kembali jadi Novel Terlaris

Adapun Mark Greaney merupakan novelis Amerika kelahiran 1967 yang berfokus pada kisah thriller. Dia juga dikenal sebagai kolaborator penulis kisah aksi politik dan konspirasi global, Tom Clancy, saat menulis buku terakhirnya, dan untuk melanjutkan karakter Jack Ryan setelah kematian Clancy pada 2013.

Seperti diketahui kisah petualangan analis CIA Jack Ryan karya Clancy sudah banyak diadaptasi dan diangkat ke layar lebar serta sejumlah film serial dan mendapat sambutan cukup bagus.

Greaney juga dikenal dengan serial novel Grey Man, yang pernah diproduksi oleh Netflix menjadi film fitur. Greaney memiliki gelar dalam ilmu politik dan hubungan internasional, yang nantinya akan memainkan peran utama dalam karier menulisnya.

Greaney sempat membuat novel berjudul Goon Squad, yang terkait dengan kisah akibat dari perang saudara Bosnia. Namun buku itu ditolak agen penulis Scott Miller, karena dianggap sulit untuk dipasarkan. Miller meminta Greany untuk menulis kisah lain berdasarkan karakter di Goon Squad, bernama Court Gentry, yang nantinya akan menjadi The Grey Man.

Setelah menyelesaikan novel tersebut, Miller setuju untuk menjadi agennya, dan kemudian mendirikan penerbit, Jove Books.
 

Kesuksesan secara nasional The Grey Man membuat Greaney berhenti dari pekerjaannya di perusahaan perangkat medis dan beralih menjadi penulis penuh waktu. Dia kemudian diberi kontrak tiga buku oleh penerbitnya pada  2009.

Kesuksesan The Grey Man menelurkan seri yang sama suksesnya, dengan delapan sekuel lagi pada 2021: On Target (2010), Ballistic (2011), Dead Eye (2013), Back Blast (2016),[8] Gunmetal Grey (2017), Agent in Place (2018), Mission Critical (2019), One Minute Out (2020), Relentless (2021), dan Sierra Six (2022).

Grey Man juga sudah diadaptasi menjadi film The Grey Man disutradarai oleh Joe dan Anthony Russo untuk Netflix, dengan Ryan Gosling sebagai Gentry dan Chris Evans sebagai musuh bebuyutan Lloyd.

Adapun dalam novel terbaru, Burner, Court Gentry yang terjebak di antara mafia Rusia dan CIA. Dikisahkan, Alex Velesky mencuri catatan dari bank Swiss tempat dia bekerja, dan mengira dia akan mengungkap adanya konspirasi kriminal. Namun, dia akhirnya malah diburu oleh berbagai pihak, dari mafia Rusia hingga CIA.

Court Gentry dan mantan kekasihnya, Zoya Zakharova, menemukan diri mereka berada di kutub yang berlawanan ketika datang ke Velesky. Mereka berdua menginginkannya tetapi untuk alasan yang berbeda.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Tak Sempat Nonton Konser K-Pop! Yuk Lakukan Tiga Kegiatan Seru Ini

BERIKUTNYA

Parara Usung Konsep Ethical Store & Restaurant, Dukung Produk Lokal Berkelanjutan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: