Menggunakan skincare menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas kulit (Sumber Gambar: Artursafronovvvv)

Tips Memilih Skin Care yang Sesuai dengan Kebutuhan Kulit

01 March 2023   |   18:32 WIB

Menjaga kesehatan kulit merupakan hal yang penting dilakukan oleh setiap orang. Memiliki kulit sehat, cerah, dan  lembab menjadi impian banyak orang, terutama wanita. Untuk memperoleh kulit yang sedemikian rupa, tentunya perlu ada usaha, salah satunya dengan menggunakan skin care.

Skin care atau perawatan kulit merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan seseorang untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas pada kulit. Menurut Edwin Tanihaha, dokter spesialis kulit dari Iora Clinic, skin care merupakan investasi jangka panjang dibutuhkan oleh kulit.

Jika diibaratkan dengan orang Indonesia yang perlu makan nasi, skin care merupakan kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh kulit. Untuk memaksimalkan penggunaan skin care, tentunya seseorang perlu memperhatikan ketepatan produk dan cara penggunaanya.

“Bila kita pakai produk yang tepat dan berkualitas diimbangi cara yang benar, maka jangka panjang kualitas kulit kita akan makin bagus, serta dapat memperlambat penuaan dan minimal masalah kulit dibanding teman-teman sebaya yang tidak menggunakan skin care,” ujar Edwin kepada Hypeabis, Rabu (8/2/2023).

Baca juga: Cuma Pakai 4 Skincare, Begini Rangkaian Perawatan Kulit Berjerawat yang Simpel

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang merasa kebingungan dalam menentukan skin care yang sesuai dengan kebutuhan kulitnya.

Berikut, terdapat beberapa tips ala dokter Edwin yang dapat diterapkan dalam memilih skin care.


1. Mulai kenali jenis dan kondisi kulit kita. 

Mengenali jenis dan kondisi kulit sendiri itu penting. Jika kita saja tidak tahu apa jenis kulit kita, maka tidak menutup kemungkinan bagi kita malah membeli produk yang tidak tepat. 


2. Membeli produk yang memiliki kandungan dan manfaat sesuai dengan kondisi dan kulit.

Setelah mengenali jenis dan kondisi kulit. Penting bagi kita sebelum membeli produk untuk memeriksa terlebih dahulu mengenai kandungan dan manfaat dari produk yang akan dibeli. Jika Genhype memiliki jenis kulit berminyak, pilihlah produk yang dibuat dengan kandungan khusus seperti Hyaluronic Acid, Salicylic Acid, dan AHA/BHA . Sementara itu, jika Genhype memiliki jenis kulit kering, maka pilih produk perawatan yang dibuat dengan kandungan seperti Glycolic Acid, Glycerin, dan Ceramide.


3. Pilihlah produk yang sudah terdaftar di BPOM

Dalam menggunakan skin care bukan hanya keefektifan produk dalam merawat kulit yang perlu diperhatikan. Sebelum membeli produk, kamu perlu memeriksa terlebih dahulu apakah produk tersebut sudah terdaftar pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau belum. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menjamin keamanan produk yang akan digunakan.


4. Konsultasi dengan dokter

Apabila terdapat kesulitan dalam mengenali jenis kulit dan melihat kandungan pada produk, tidak perlu khawatir karena kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit terdekat mengenai kebutuhan kulitmu.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memilih produk skin care yang tepat. Namun, perlu diingat bahwa untuk memperoleh kulit yang sehat, kita juga perlu mengimbanginya dengan perawatan dari dalam melalui pola hidup sehat seperti, berolahraga serta makan makanan yang bervitamin dan berserat seperti sayuran dan buah-buahan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Lebih Dekat dengan Budaya Pacuan Kuda Bima 

BERIKUTNYA

Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi, Tanda Ban Sudah Enggak Beres

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: