Ilustrasi anak yang sedang latihan zumba. (Sumber gambar : Freepik)

Manfaat Zumba Kids, Bisa Cegah Diabetes Pada Anak

01 August 2023   |   11:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Diabetes tidak hanya menyerang orang dewasa tapi juga anak-anak. Prevalensi kasusnya pun terus meningkat. Menurut data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) diabetes pada anak meningkat 70 kali lipat pada Januari 2023. Semua ini tidak lepas dari konsumsi gula harian berlebih.

Tingginya konsumsi makanan dan minuman manis di Indonesia tergambar pada hasil Riset Kesehatan Dasar 2018. Sebanyak 47,8 persen responden mengonsumsi makanan manis satu sampai enam kali per pekan. Sementara itu, 59,6 persen anak usia tiga sampai empat tahun mengonsumsi makanan manis lebih dari satu kali sehari dan 68,5 persen mengonsumsi minuman manis lebih dari satu kali sehari.

Baca juga: Banyak Kasus di Kelompok Anak Muda, Simak Piramida Perjalanan Pasien Alami Diabetes

Dokter Spesialis Anak Leonirma Tengguna mengatakan selain konsumsi makanan dan minuman manis atau gula berlebih, anak-anak saat ini banyak yang kecanduan gadget sehingga kurang aktivitas fisik. Pola hidup mereka menjadi buruk dan meningkatkan terjadinya diabetes. Di usia yang harusnya produktif, aktivitas fisik menjadi penting bagi tumbuh kembang anak.

Salah satu olahraga yang bisa dilakukan yakni dengan zumba. Menurut penyanyi dan ambassador zumba, Denada Tambunan, ada olahraga zumba khusus untuk anak-anak agar aktif dengan gerakan aerobik, disebut zumba kids

Gerakan dan musik yang digunakan tentunya ramah anak. “Perbedaan zumba kids adalah penambahan permainan dan elemen eksplorasi budaya ke dalam struktur kelas,” ujar penyanyi yang aktif dalam olahraga zumba itu, dikutip Hypeabis.id, Selasa (1/8/2023).

 

Ilustrasi anak yang sedang zumba. (Sumber gambar : Freepik/Master130)

Ilustrasi anak yang sedang zumba. (Sumber gambar : Freepik/Master130)

Dia menerangkan anak-anak dapat mengikuti kelas zumba kids yang berdurasi 30-45 menit sebanyak dua hingga tiga kali per minggu. Dengan aktif mengikuti kelas zumba ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gerak badan anak sehingga tubuh tetap sehat.

“Dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin dan teratur dapat menjaga glukosa dalam darah tetap normal,” katanya.

Tidak hanya menyehatkan tubuh, zumba kids katanya juga memiliki beragam manfaat. Dengan olahraga tersebut, anak bisa membakar kalori dan lemak pada tubuh mereka, meningkatkan self-esteem atau rasa percaya diri anak. 

Selain itu, zumba kids dapat menghilangkan stres, meningkatkan koordinasi pada anggota tubuh, fleksibilitas, melatih ingatan dan keseimbangan dalam mengikuti gerakan, dan meningkatkan massa otot dan kepadatan tulang. 

Rata-rata, satu jam zumba membantu membakar 300-400 kalori pada anak, setara dengan 0 menit bersepeda atau 72 menit berjalan kaki. Penting juga untuk mengajarkan anak mengenai pola makan sehat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh mereka.

Untuk menjaga pola makan sehat, para orang tua harus membiasakan anak untuk mengonsumsi makanan-makanan yang sehat seperti buah dan sayur serta rutin minum air putih. “Memang tidak mudah mengajarkan anak untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis sama sekali, tetapi kuncinya tidak berlebihan,” ujarnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Spoiler One Piece Chapter 1089, Hilangnya Kerajaan Lulusia Hingga Sosok Ahli Pedang

BERIKUTNYA

Penderita Diabetes Bisa Makan Karbohidrat Enggak Ya? Ini Kata Dokter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: